Search This Blog

Exchange Link

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Exchange Link ...

Exchange Link; Anda pasti sudah faham betul dengan istilah tersebut. Bertukar Link: yah itulah pemahanan sederhana tentang exchange link seperti halaman My Friends List pada blog ini. Lalu apa manfaatnya bagi kita? Salah satu alasan adalah untuk mendapatkan Backlink. Apapula backlink itu? Backlink; seperti namanya adalah link balik atu tautan balik yang kita dapatkan, setelah kita melakukan link (menautkan blog kita ke blog / situs orang lain) disamping sarana komunikasi webmaster dengan pembacanya. Apa perlunya ini?

Pembahasan seputar ini sudah sering kali dibahas oleh pakar - pakar IT, maupun Blogger Senior Lokal Indonesia. Coba simak penjelasan bang Cosa iniText vs Banner

Satu lagi yang perlu diperhatikan, yang dihitung sebagai backlink oleh mesin pencari adalah link yang berupa teks (atau text link), bukan link yang ada dalam bentuk banner (banner link). Silahkan baca artikel saya yang terdahulu untuk lebih jelasnya.

Sekarang saya hanya akan berbagi, bukannya mengajari. Pada awal saya ndaftarin blog di blogger awal tahun 2007, saya nggak tahu apa blog itu. Pokoknya asal klik klik klik.... terciptalah blog ini. satu bulan saya main internet, Rumah kontrakan saya sudah habis masa tenggangnya. Akirnya pindah rumah, tanpa akses telekomonikasi, akirnya mandeglah aktifitas selancar internet saya. Mati total. Setelah jaringan HP (mobile phone) udah ngedukung GPRS masuk dan aktif di desaku, akirnya belilah HP yang sekarang aku pakek menjadi modem seperti sekarang. Mulailah aktif ngeblog pada awal april 2008.

Dari bulan april berkutat untuk menaikkan page rank. bayangin.... versi alexa bulan april 2008, page rank saya 22juta sekian - sekian. Ketemulah kawan yang menyarankan untuk membuat backlink. Mulailah saya ngunjungin situs atau blog yang page rank nya udah tinggi. saya tinggalkan komentar disana. setelah berkomentar (tentunya yang membangun, tidak hanya sekedar salam atau numpang ngetrend) ternyata, membawa hasil juga. Begitu saya seacrh pake google, dengan kata kunci sawasanganam (karena nama itu yang paling unik menurut saya yang saya tinggalkan di situs orang), akirnya ketemu juga nama sawasanganam itu. Mestinya tetap disitus yang udah friedly search engine.

Nah dari sanalah akirnya Link ke blog saya mulai terbentuk. Banyak memang yang nawarin untuk exchange Link. Dalam bentuk benner link berupa gambar atau animasi yang di-Link ke suatu situs atau blog. Saya pun tertarik... Cari lagi refferensi. Trial error lagi.

Setelah ngabisin pulsa yang cukup untuk kredit motor, akirnya ketemu juga kesimpulan; bahwa search enggine hanya mendeteksi teks. Tidak lebih dari itu. Bukan -kah gugel punya fasilitas search image? Benar! Logika saya pun akirnya bilang; toh kalo saya search artikel atau berita yang saya tulis adalah rentetan huruf yang membentuk sebuah kata atau kalimat? Dan bukankah dari sana nanti pengunjung akan dibawa kesitus kita. Banner Link lebih bersifat search image (itupun kalo anda ngaktifin search image pada webmaster/tools-nya om gugel)

Jadi; logikanya, link kita (banner Link - maksudnya) akan ketemu sama mesin pencarinya pak-dhe gugel, ya... kalo kita search pake search image / gambar.Nah, Apakah Banner Link tidak bermanfaat? Jika saya jawab ya, saya salah 100%. Banner link bermanfaat untuk memudahkan kita mengakses link tujuan yang ditautkan kepadanya. Misalnya anda mengklik gambar ini,
Maka anda akan langsung diantar ke alamat tujuan link tersebut. Tetapi pada pencarian standart google, yahoo!, MSN, Livesearch dll, gambar tadi nggak bakal ketemu. yang artinya link ke alamat tujuan juga nggak ketemu. Kecuali anda mencari pada pencarian gambar itupun kata kunci yang digunakan adalah nama file gambar tersebut.Dari perjalanan singkat yang ngabisin dana nggak dikit (menurut saya) akirnya saya berfikir dua kali lipat untuk bertukar bannerLink. Kecuali mungkin berupa teks atau kalimat yang merujuk ke sebuah tema atau fokus sebuah artikel (twitter misalnya).

Ditambah lagi gambar (jpg, JPEG, GIF) logikanya lebih berat size-nya (dalam KB) dibanding dengan Teks. Beberapa blog yang dipenuhi animasi atau gambar, ternyata relatif lebih berat dibanding situs yang hanya menampilkan teks (gambar di-Link-kan ditempat lain).Bagi anda pengguna modem ADSL (Speedy misalnya) pasti nggak bakal merasakan kalo situs anda berat.

Tapi bagi pengguna Dial Up Conection (seperti saya) akan sangat terasa. Nah untuk memastikan berapa berat situs anda.... didunia maya ini ada seabreg tools yang dapat anda gunakan patokan pengukuran berat blog anda. Coba buktikan di halaman Mengukur Size situs anda, atau untuk lebih spesisifik gunakan tool pada halaman Seberapa Berat Element Situs Anda? Atau datangi langsung alamatnya disini.

Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat dan anda berniat mempublikasikan ulang (Untuk tujuan Non Komersi) Silahkan Cantumkan outority penulisAutor:Sawasanganam.blogspot.com dengan menyertakan link ke halaman : http://sawasanganam.com/2008/06/Exchange-Link.html

Dengan berbagai kesimpang siuran pemahaman kita terhadap dunia blogging dan tetek bengeknya, akirnya kita harus meyakinkan diri kita masing-masing, belum tentu langkah optimasi yang dipake si -A- akan optimal juga untuk kita. Logikanya: jadikan opini dan pengalaman si -A- sebagai refferensi. Apa salahnya di coba. Lihat hasilnya. Baru tentukan langkah.

Bagaimana menurut anda? Silahklan berkomentar disini untuk berbagi pengalaman, sambil bertukar Link. Saya tunggu komentar Anda.

17 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Jadi kalo kita bertukar link sebaiknya dalam bentuk gimana? tutorialnya plisss......

Imnoval said...

haaa ide yang bagus untuk bertukar link karena itu sudah pernah saya rasakan dan sekalain nih mau tukaran link dan masalah review masih nunggu urutan santai aja...heee...tapi reviewnya jelek lo mas...sori OOT

sawa (tukang sapu radio) said...

Jotakok, Salah satunya seperti yang anda lakukan sekarang, termasuk natural link. Mohon di catat blog anda termasuk unfollow comment apa dofollow?



Bang Noval, Waduh... kok langsung ketahuan saya ya.... maksih deh kalo ada peluangnya direviw. Oh ya.... Silahkan kalo bang Noval ninggalin link di sini. Toh saya juga sudah

Anonymous said...

Boleh donk tukeran link...

sawa (tukang sapu radio) said...

Silahkan, Copas Saja kode html pada right sidebar.

Anonymous said...

OK deh.. tukeran link y...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Mahespati Adhidaya : Silahkan saja anda dapat baca di http://www.sawasanganam.co.cc/2007/07/my-friends-list.html dan link anda sudah ada disana.

Gaban said...

hihhihi
tuker link yuk

Anonymous said...

nice tutorial on alexa rank and link exchange

Iklan Kuningan said...

Jadi gitu toh..ah.. makasih ya atas infonya..

affa said...

seandainya pun kita pake banner seharusnya nama link dan nama bannernya harus seperti keyword yang dimaksud
dan sebisa mungkin ngambilnya d hosting dari web yang dimaksud

dNoxs said...

ternyata aku baru tahu kalau banner itu kurang memberikan andil bagi blog saya..

ternyata aku masih dodol.. tp kalau dar segi tampilan sih sangat menjanjikan.

self improvement said...

Isa blŏga kō paṛhanē kā ānanda liyā. Bahuta jānakārīpūrṇa. Hālāṅki maiṁ anuvāda karanē kē li'ē hai punaḥ

Srayon said...

mantlaap

Anonymous said...

Nice site, nice and easy on the eyes and great content too.

Online gadgets and technology reviews said...

nice blog...

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Artikel yg menarik gan ,,,

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment