Search This Blog

Membangun RSS Feeds di situs kita

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Membangun RSS Feeds di situs kita ...

Anda pemilik situs atau Blog? tentunya sudah tidak asing dengan istilah RSS.
Anda pembaca berita online? RSS adalah sarana anda mendapatkan berita terbaru dan terakurat. Anda berbisnit lewat internet? RSS adalah salah satu alternatif promo anda. Anda pengelola webhosting, Rss adalah salah satu cara untuk melirik calon pelanggan Anda. Lalu apa sebenarnya RSS itu?

Pada dasarnya saya sendiri nggak terlalu faham dengan RSS. Tapi kurang lebihnya dalah sbb: RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication , atau juga Rich Site Summary , atau juga berarti RDF Site Summary . Maksudnya kurang lebih rangkuman sebuah tulisan dari berbagai sumber. yang dikumpulkan oleh sebuah "pengumpul" kebmudian didistribusikan kembali. Untuk lebih lengkapnya. anda bisa klik disini atau disini. Lalu bagaimana cara kerja RSS ini? Lalu apa keuntungan bagi kita yang suka ngeblog? Ulasan tentang RSS Feed dapat anda lihat disini. Saya hanya akaan mengulas cara mengaplikasikannya ke Situs kita. Bagi senior mohon koreksinya, bagi newbie (seperti saya) semoga tulisan ini bermanfaat.

RSS biasanya dikelola oleh sebuah RSS Feeds seperti Feedburner, Disini saya akan mengulas tentang cara mengaplikasikan feedburner ke situs kita. Silahkan masuk ke www.feedburner.com . Jika anda belum memiliki account Feedburner, silahkan membuat account feedburner disini. Isikan form pendaftaran yang diminta. setelah itu, klik sign in. Nah anda sudah mempunyai account. Biasanya, anda akan mendapat email notifikasi account anda pada inbox email anda. Bukalah email tersebut, ikuti link yang diberikan. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Setelah anda mengikuti link yang diberikan, anda tinggal memasukkan alamat situs anda pada form
    Burn feeds
    .
  • lalu klik next. Selajutnya anda akan diminta untuk megisi form identitas situs anda yang sering disebut dengan Identity feed Source.
  • Pada pilihan Identity feed Source, saya sarankan anda pilih Atom.
    (karena bagi pengguna blogspot, atom inilah yang akan berfungsi sebagai
    Sitemap) Lalu klik next
  • Pada form burn a feed for you, isikan data situs anda yaitu
    Judul feed
    , dan alamat feeds anda (iingat! alamat feed ini harus anda masukkan ke situs atau blog anda agar layanan
    feeds ini berfungsi
    ). Lalu klik activate feed
  • Activasi selesai, tinggal memanage feed kita.

Pada Dashboard feed kita, ada sub menu Analize (analisa feeds anda),
Optimize (optimasi feed anda), publicize (mempublikasikan feeds
anda), moneties (seluk beluk keuangan anda - ini hanya berlaku bagi blog
atau situs profesional yang sudah menjalin kerjasama dengan feedburner dalam
mempublikasikan adsense ataupun refferral), troubleshootize.

  1. Mari kita awali dari sub menu Optimize, Yaitu menu optimasi feeds kita.
    Secara default, feedburner akan mensetting
    BrowserFriendly
    dan SmartFeed sebagai layanan yang activ. Karena kedua fitur ini sangat mempengaruhi kooperatif dan enggaknya feed kita. Pada fitur Event Feed Jangan anda centang dua kotak disebelah kanannya.
  2. Sub menu Publicize Actifkan fitur FeedCount Untuk menghitung jumlah klik yang dilakukan pengunjung anda.
  3. Actifkan fitur PingShot Untuk menyebar luaskan postingan anda pada jaringan sindikasi feedburner
  4. Aktifkan fitur Email Subscriptions untuk memberikan kemudahan bagi pembaca situs anda yang akan berlangganan artikel atau berita, atau postingan anda pada masa
    mendatang. Cara kerjanya; setiap anda membuat post baru, secara otomatis
    feedburner akan melayangkan isi postingan anda melalui email kepada
    pelanggan anda tadi, tanpa mengganggu post asli anda.
  5. Aktifkan fitur BuzzBoost untuk menampakkan headline dari setiap postingan anda. Anda bisa menset BuzzBoost ini dengan berbagai pilihan. Silahkan pilih sesuai dengan keinginan anda.
  6. Pada item FeedCount , Email Subscriptions , BuzzBoost , anda dapat menempatkan ikon atau gambar javascripts pada blog anda dengan meng copy kode HTML yang diberikan. Kemudian paste pada blog anda. Saya akan membahas hal ini pada bagian lain.

Nah selesai sudah membangun feeds pada situs kita. Nah sekarang tinggal meng-aplikasikan feeds ini ke situs kita. Anda dapat melihatnya cara
meng-aplikasikan feeds ini disini pada form Posting URL Pengubahan Arah Feed. isikan alamat feeds anda ingat! isikan alamat Feeds anda. Bukan alamat feeds default Nah selesai sudah Rancang bangun RSS feeds pada blog kita.

Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat dan anda berniat mempublikasikan ulang (Untuk tujuan Non Komersi) Silahkan Cantumkan Outority penulis Sawasanganam.com

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun RSS feed. Saya tunggu komentar Anda. Semoga bermanfaat.

4 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Jadi.... kalo blog yang nggak pake RSS nggak bisa cari pake search enggine ya (malu aku). Lebih baik bertanya kan? dari pada kesasar?

sawa (tukang sapu radio) said...

Sekar, Blog yang nggak Pake RSS tetap dapat di cari dengan search enggine, asalkan pada tab pengaturan blog anda, disetting Tambahkan blog saya dalam daftar blogger. yang diperlukan adalah langkah - langkah optimasi agar blog kita lebih search enggine friendly. RSS hanya bersifat menampilkan headline post kita saja

nuansa pena said...

Terima kasih infonya... semakin jelas pengertian saya tentang rss feeds!

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Nice post gan ,, mantap

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment