Search This Blog

Lebih Bagus traffic dari search Engine ataukah Refferal Site

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Lebih Bagus traffic dari search Engine ataukah Refferal Site ...

Mana yang lebih bagus; Traffic yang berasal dari mesin pencari (Search engine) ataukah traffic yang berasal dari rujukan (refferal) situs atau blog lain? Sebuah pertanyaan retorika mungkin. Tetapi jika saya mendapat pertanyaan seperti ini, maka saya akan menjawab lebih memilih traffic yang berasal dari Search Engine (yang selanjutnya saya sebut SE) meskipun membutuhkan Optimasi Search Engine.

Diantara anda mungkin ada yang yang bertanya tanya (bagi newby: Seperti saya) apakah traffic itu? Traffic seperti penjelasan Kamus Komputer dan Teknologi Informasi dalam situsnya www.total.or.id yang menyebutkan:

Traffic adalah: Teknik dan proses yang menyebabkan aliran data yang telah dialihkan menempuh perjalanan melalui jaringan pada suatu jalur selain jalur yang akan dipilih jika digunakan metoda routing standar.



Artinya; Traffic adalah jumlah link yang menuju ke blog/situs kita ataupun yang keluar dari blog/situs kita. Pemahaman dasar dari traffic ini sama halnya dengan lalulintas. Saya ibaratkan blog/situs kita adalah sebuah terminal bus, Maka Traffic adalah jumlah keluar masuknya bis / mobil ke terminal tersebut. Semakin ramai keluar masuknya mobil ke terminal anda, meng-indikasikan semakin dibutuhkan-nya terminal anda sebagai transit penumpang.


Sebuah pemahaman yang sederhana bukan? Benarkah sesederhana itu pemahaman Traffic di dunia maya ini? ternyata kesederhanaan pemahaman trffic ini hanya sebatas pengertian dasarnya saja. Jika kita pelajari lebih lanjut, traffic web/situs/blog ternyata lebih rumit dari penjelasan saya yang sangat sederhana ini. Ya... namanya juga dunia maya... nggak ada sebuah contoh konkrit yang dapat mewakili istilah dunia maya. Minimal ada contoh yang mewakili untuh memudahkan pemahaman kita.


Saat ini saya tidak akan membahas pengertian traffic ini. Karena sudah banyak para master yang membahasnya. Saya akan mencoba kembali pada Judul tulisan diatas Lebih Bagus traffic dari search Engine ataukah Refferal Site. Yuk kita kupas bareng - bareng.


*** Traffic yang berasal dari SE:
Adalah traffic yang datangnya dari hasil pencarian Search Engine. Misalnya; ada seseorang yang mencari sebuah artikel tentang cara membuat Blog. Maka orang tersebut akan memanfaatkan SE (entah google, Yahoo, MSN, atau yang lain) untuk memandunya menemukan artikel yang dikehendaki, maka di tuliskannya kata kunci Cara+membuat+blog pada form pencarian SE.

Nah jika kebetulan kata kunci Cara+membuat+blog terdapat di Blog anda, dan oleh SE blog anda terpampang pada urutan 3 besar dalam SERP (SERP apa pula ini? saya akan bahas ini kemudian hari) maka peluang blog anda untuk dikunjungi orang tadi(yang sedang melakukan pencarian artikel tadi) pasti diatas 50 % tertuju pada Blog anda.

Apa Artinya ini? Blog atau situs anda harus benar-benar dikenal baik oleh mesin pencari (SE) agar blog anda selalu terpampang minimal 10 besar dalam setiap pencarian dengan berbagai kata kunci. Nah.. pertanyaan selanjutnya: Gimana caranya untuk mendapatkan traffic dari SE? Jawaban yang pasti adalah: anda harus melakukan Optimasi Serch Engine. Anda dapat mencari artikel ini dengan mengetikkan kata kunci Optimasi+Search+engine pada form pencarian SE.


*** Traffic yang berasal dari refferal (rujukan) dari situs/blog lain:
Adalah sebuah traffic yang berasal dari sebuah link yang anda (atau oleh orang lain) tinggalkan pada situs orang lain, yang mengarah ke-Blog anda. Traffic yang seperti ini menurut saya lebih paten. Karena disamping refferal link yang memandu pembaca menuju ke Blog anda, Link semacam ini juga akan selalu dilihat oleh GoogleBoot (crawler SE) sebagai backlink atau sumber traffic yang akurat. Bagaimana cara mendapatkan traffic dari refferal site? Jawaban yang pasti dan harus anda lakukan adalah Rajin-Rajinlah berkomentar pada Blog atau Situs orang lain.

Ada hal lain yang perlu di mengerti; Bahwa tidak semua refferal Link mendatangkan pengunjung. Jika anda berkomentar atau meninggalkan jejak/Link di Blog orang lain, yang harus anda perhatikan adalah; Apa yang akan difikirkan pembaca lain saat melihat tulisan anda? Tertarik-kah anda (jika jadi orang lain yang membaca tulisan anda) dengan gaya tulisan anda tadi? mampukah gaya tulisan anda menarik rasa penasaran pengunjung untuk meng-Klik link yang anda Tinggalkan?

Artinya dalam meninggalkan link di-Blog orang lain, anda harus mempertimbangkan etika, estetika, dan materi yang berbobot dengan sedikit gaya tulisan yang menggelitik.

Anda merasa kecewa karena tidak setiap link yang anda tinggalkan akan mendatangkan pengunjung? Jangan kecewa dulu. Karena entah mendatangkan pengunjung atau tidak, yang jelas: Dengan meninggalkan Link pada blog orang lain berarti anda sudah membuat backlink yang natural. Bukan Paid Link yang dibenci Google.

Nah dari penjelasan yang singkat ini, harapan saya.... Kita dapat memutuskan jalan mana yang akan kita Optimasi. Search enggine Optimation, ataukah backlink optimation. Toh masing masing membawa pengaruh yang bagus pada blog kita, tetapi juga pasti seimbang dengan harga yang harus kita beli (maksudya itu tingkat kesulitannya seimbang dengan hasil yang kita dapatkan gitu lho.... bukannya harus beli pake dollar)


Bagi yang ingin mempublikasikan ulang tulisan ini (untuk Tujuan Non Komersil), mohon Cantumkan Outority penulis: Sawasanganam.com


Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

1 Respon Pembaca:

tips belajar seo blog tutorial said...

minta izin belajar seo di blog anda ini ya :)

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment