Search This Blog

ayo ngeblog

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan ayo ngeblog ...

Blog adalah situs Web pribadi yang lebih ekspresif. Seperti yang ditulis oleh Enda Nasution, seorang blogger yang aktif dalam enda.goblogmedia.com, Jorn Bagner, adalah orang pertama yang menggunakan istilah blog untuk menyingkat Weblog.

Istilah Weblog sendiri ditujukan bagi kelompok situs Web pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu, dan berisi link-link ke alamat situs Web lainnya yang dianggap menarik oleh si pemilik Blog. Umumnya, sebuah Blog dilengkapi dengan komentar-komentar para pengunjung blogger.

Daripada harus membeli nama domain dan bayar sewa hosting-an, lebih baik kita ngeblog. Blog memang dianggap sebagai alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan sebuah situs Web. Alasannya, dilihat dari segi harga, Blog jelas lebih murah karena gratis.

Selain itu, Blog memberikan kebebasan berekspresi bagi para penggunannya. Blog pun bersifat accessible, semua yang tertulis di dalamnya bisa dishare dengan orang lain. Memang ada beberapa penyedia jasa hosting Web yang memberikan layanan hosting situs gratis, namun umumnya kapasitas yang diberikan bagi para penggunanya adalah terbatas. Selain itu, Web gratisan umumnya tidak dilengkapi dengan alat bantu pengelolaan Web.

Nge-Blog Semakin Mudah Dengan adanya segala kemudahan yang disuguhkan teknologi, tak heran jika makin banyak orang tertarik dengan Internet. Blog pun menjadi salah satu fenomena menarik yang banyak diminati.

Blog bukan hanya bisa diakses lewat PC yang terhubung ke Internet. Sekarang, ponsel pun bisa menjadi alternatif lain untuk mengakses Blog.

Blogger bisa memanfaatkan teknologi WAP dan GPRS pada ponselnya untuk meng-update atau mengedit Blog kesayangannya. Memang ada keterbatasan dibandingkan dengan akses melalui PC, biaya yang harus dikeluarkan jelas lebih mahal, dan jumlah pesan yang bisa dikirim ke dalam Blog juga lebih singkat. Mengakses Blog lewat WAP cukup mudah untuk dilakukan.

Namun saat ini, WAP kurang dilirik oleh para blogger. Jumlah pesan yang bisa dikirim ke Blog melalui WAP hanyalah pesan-pesan singkat saja. Hal tersebut disampaikan oleh Mohammad Syafiuddin alias Udhien, seorang Web Programmer & System Administrator di PT.Dyviacom Intrabumi Tbk. yang juga aktif sebagai blogger. Menurut Udhien, umumnya WAP hanya digunakan untuk mengirim woro-woro atau pengumuman.

Contohnya, “Wah, gue lagi di jogging di Senayan, nih! Banyak banget orang keren!” Yang sekarang sedang menjadi tren adalah mobile blog (Moblog). Bahkan ada juga artis yang memanfaatkan teknologi GPRS untuk meng-update Blognya. Blog bagi mereka bisa jadi sebuah sarana promosi. Misalnya saja grup musik beken asal Kota Gudeg, Jogja, Sheila on 7.

Coba kita intip isi Blog SO7 di www.sheilasonic.com. Menurut Udhien, grup musik ini memanfaatkan teknologi blog untuk situsnya. Sang artis mengirimkan cerita tentang kegiatannya melalui ponsel, tujuannya agar para penggemarnya tahu aktivitas apa yang sedang dilakukan oleh sang idola.


Moblog lebih dinamis bila dibandingkan dengan WAP blogging. Dengan Moblog, blogger bisa mengirimkan pesan multimedia berupa foto atau gambar ke dalam Blog-nya. Hal tersebut belum bisa dilakukan melalui WAP.

Para pengguna layanan www.blogger.com bisa mencoba mengirim pesan ke dalam Blognya melalui WAP dengan mengakses http://ubique.ch/wapblogger/ melalui ponselnya. Salah satu penyedia layanan Moblog adalah www.textamerica.com. Setelah mendaftar sebagai member, pengguna bisa mencoba mengirim pesan teks atau multimedia melalui ponsel.

sumber: www.pustaka78.com

4 Respon Pembaca:

IHSAN said...

wah selama ini saya ngeBlog tapi ga' tahu banyak tentang WeBlog

he he he

thanks ya
info yang sangat bermanfaat

Catatan Rudy said...

Waduh mas sawa, aku gag setuju nih kalo ngeblog pake hape lebih mahal daripada pake PC karena selama ini aku ngeblog pake hape dan pulsa 5000 aja tahan sampai 3 hari. itupun aku ngeblog dari pagi sampai malam.

trus yg katanya ngeblog pake hape cuma bisa ngepost pesan singkat aku jg gag setuju. kan skarang ada opera mini mod. Liat aja semua postinganku. gag ada yg pendek kan. itu smua ku post pake hape.. he..he..he..he..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Cool Kid: He.. he.. he.. ini yang saya suka dari blogging. Komunikasi 2 arah antar blogger dan reader. Btw, sobat.... di bagian bawah tulisan ini saya sebutkan, sumber: www.pustaka78.com, artinya....... he.. he.. he..

albri said...

wah saya tidak tahu bos kalo anda aktif lagi, tahu tadi dari ngecek komentar...


selamat ngeblog lagi ya

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment