Search This Blog

Cara membuat Posting Pada Blogspot

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Cara membuat Posting Pada Blogspot ...

Cara membuat Posting atau mempublikasikan sebuah artikel, opini, ataupun gambar; adalah hal yang biasa bagi blogger (penulis Blog) Kemarin saya terkejut dengan sebuah email yang datang ke Inbox email saya. yang isinya kurang lebih permintaan pertolongan untuk melihat blog punya cak fuad. Dalam email beliu ini, ada sedikit yang membuat saya kaget, permintaan tolong untuk nunjukin cara posting dan cara melakukan Exchange Link atau menukar Link. Hal yang wajar bagi pemula (soale saya pun pertama kali juga begitu. Nggak tahu cara posting ataupun bikin link, apalagi SEO)


Oke.. kita langsung saja. Posting secara Online. Online adalah sebuah istilah terhubung langsung (dengan internet). Artinya kita akan melakukan posting (menulis artikel, dengan terhubung langsung ke Jaringan Internet). Untuk Cak Fuad... Anda bisa menggunakan panduan berikut ini. Untuk para master, mohon maaf jika tulisan saya kurang bermutu.


Langkah2 Membuat Posting Pada Blogspot.

1. Silahkan log in pada www.blogger.com, menggunakan username dan pasword anda, Atau anda dapat klik disini untuk log in ke account Blogger anda

2. Pada Panel Control blogger.com, silahkan klik Posting baru.
Lihat gambar ini.





Pada Tab Posting ini anda dihadapkan beberapa kolom yang bertuliskan:
Judul : "untuk menuliskan Judul artikel Anda"
Link : "Untuk menautkan (membuat Link ke Artikel anda" Secara default, Blogger akan membuat link ini. hanya saja akan lebih efektif jika anda memberikan tautan(link) terhadap judul Artikel anda. Contoh: Saya membuat judul "Mengukur Size Situs Anda" maka saya akan menuliskan Link: http://sawasanganam.com/2008/07/Mengukur-Size-Situs-Anda.html
Perhatikan: Yang berhuruf tebal, gantilah dengan nama Domain anda.
yang berhuruf miring, adalah tahun dan bulan anda melakukan posting.
Sedangkan yang terakir adalah penunjuk halaman artikel anda (harus diakiri dengan dot HTML)
gambar cara posting di blogspot

3. Pada Kolom yang agak besar inilah tempat anda meletakkan artikel anda. Saran saya; gunakan mode compose untuk mempermudah penulisan. Karena pada mode kompose ini, apa yang nampak itulah bentuk asli postingan anda nantinya. Tetapi bagi anda yang sudah mahir, lebih mudah menggunakan edit HTML.

4. Jika anda sudah selesai membuat artikel, anda bisa klik pratinjau untuk melihat bentuk postingan anda, dan sekaligus menge-cek penulisa huruf (spelling).

5. Pada pilihan Posting, isikan sesuai dengan keinginan anda. Jika pada form komentar pembaca anda set "ijinkan" maka secara default, tulisan anda dapat dikomentari (direspon / diberi tanggapan) oleh pembaca anda. Jika pada Form Link Balik anda Set "ijinkan" maka bagi komentator akan mendapatkan link balik dari tulisan anda ini. Pada Form tanggal dan waktu, biarkan saja, nggak usah dirubah. Karena biasanya tanggal dan waktu ini di-set realtime oleh blogger. Tetapi tidak menutup kemungkinan anda merubah tanggal dan waktu ini sesuai kehendak anda.

gambar posting pada blogspot

6. Pada Form labels, isikan label atau kriteria, atau kategori dari artikel anda. Misalnya anda menulis tentang "tata cara pemotretan pada acara pernikahan" maka anda dapat menuliskan labels untuk artikel ini, dengan label :"Teknik photo". Fungsi dari labels ini adalah; mgelompokkan artikel yang mempunyai tema / pokok bahasan serupa (misalnya tentang editing foto menggunakan adope photoshop)

7. Klik mempublikasikan posting jika anda yakin artikel anda sudah selesai diedit.

Jika Gambar dirasa Kurang jelas, mohon klik pada gambar tersebut untuk melihatnya dalam ukuran asli.

Bagi Anda yang bermaksud mempublikasikan Ulang Tulisan ini, mohon cantumkan Outority penulis Sawasanganam.com. Bagi anda yang ingin berbagi Pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

31 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Makasih pak dhe... baru sempat mampir.

Unknown said...

thank u bangat broo. perbanyak ya tulisannya tentang ngeblok.

sukses untuk anda

pojokonline said...

aku ingin jika posting yang terpampang di halaman muka hanya judul posting aja sehingga kalo diklik di judul itu masuk keartikelnya. selama ini aku belajar posting yang tampil judul ama isi artikelnya di halaman depan, jadi puanjang!! mungkin mas bisa bantu penjelasannya tolong dikirim ke symmetric_1@yahoo.co.id. ngomong2 kalo mas mau sharing aku juga teknisi HP.

Muslihun Al-lampani said...

Tukang Sapu Radio Memang Inspirasi Sejati........

Faisal said...

wah tengkiyu Info nya Bos,Salam Kenal Ya &Maen dunx di Blog saya http://medianet28.blogspot.com Thanx

Ayai said...

sebelumnya salam kenal......saya udah buat semua petunjuk bos tapi waktu di klik tab menunya ( misalnya tab foto ) kok halaman tidak ditemukan bos mohon pencerahan nya donk maklum newbie.....

Ayai said...

bos saya mau tanya ne maklum masih newbie di blogger...mengapa setiap saya buat posting baru selalu nampil dihalaman pertama blogger saya mau posting berada didalam tombol tab menu misalnya menu saya gini home, computer, handphone, about me,
trus saya buat artikel tentang computer saya mau posting tu berada ditombol menu computer tolong donk pencerahanya bos.......sebelumnya terima kasih.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ pojokonline: Anda bisa memotong artikel anda dengan fitur readmore. Silakan baca ulang di http://www.sawasanganam.com/2008/02/menerapkan-fitur-read-more-pada-blog.html@ Ayai_tornado: Maksudnya tab foto gimana ya? Kok malah ane yang binun nih......

@ Ayai: Saran saya; pake engine wordpress jika ingin membuat blog dengan banyak direktori. Blogspot nggak support bro.

blognya summers band said...

kok temen saya ga bisa komentar di blog saya ya pak???
mohon bantuannya ??

sawa (tukang sapu radio) said...

blognya summers band: Nih ane bisa coment. Biar kayak di blog2 lain... caranya:
1. Login ke http://blogger.com/home,
2. Masuk ke menu setting,
3. Klik tab comment
4. klik comment show
5. klik Embedded below post
Anda bisa membatasi siapa aja yang boleh berkomentar melalui item who can comment
6. Terakir klik save setting.

Oh ya... udah langganan artikel dari blog sawasanganam.com?

Anonymous said...

Tanya dong,
kalau mau tulis judul postingan dalam dua baris caranya bagaimana yah? Umumnya kan judul postingan cuma sebaris tuh. Butuh banget nih infonya. mohon infokan ke kishnot@yahoo.fr dong. Terima kasih sebelumnya.

Osi said...

Lagi cari cara buat posting nih...thanks infonya

Allaeas Online said...

Wah makasih bro... bermanfaat sekali.

mari.com said...

mau tanya nich.....saya pndtang baru di dunia bloging.........saya coba memulai poasting stelah slesai saya salah tidak mempublikasikan melainkan saya klik kolom simpan sekarang. apakah posting baru saya hilang ato bisa di buka gimana caranya...trims atas bantuannya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Mega Blog: Udah ane foward via surel pak.....

Aryes Novianto said...

trims ilmu caranya posting.semoga bisa saya aplikasikan n membantu rekan rekan yang lom bisa mosting artikel,salam kenal.

medecine journal said...

Usefully information for beginner like me. thank you..........

self improvement said...

nautisin lugemine see blog. Väga informatiivne. Kuigi mul on tõlkida uuesti

Jimmy jiwapraja said...

BOS.. tenks blog nya bermanpaat sekali sangat membantu saya yang masih tahap belajar.

Adams Kurosaki said...

Masih bingung nih gan posting saya acak2n?
dan apakah pada laman baru hanya bisa 10 posting?
coba di lihat blog saya adamskurosaki.blogspot.com Thank

Nanang said...

mohon maaf, saya mempublikasikan ulang tulisan anda tentang "Langkah2 Membuat Posting Pada Blogspot." ini adalah posting saya yang pertama. mohon di cek di http://wahanakula.blogspot.com, ditunggu kritikan, tanggapan & sarannya, thanks

suryadarmadi said...

MAKASIH INFONYA SNGAT BERMANFAAT.......^^
kapan kapan mampir disini yah,yang mau tau info tentang kesehatan..
www.healthonlinetips.info

mohamad imron said...

terimakasih atas bantuannya saya akan mencoba memperbaiki postingan saya agar lebih baik lagi

imanisa said...

terimakasih ka bagus info nya, sangat membantu :)

Andrey Kusanagi said...

thx sob atas infonya,,,,,,
mampir sob di AndreyKusanagi.Com

Photrot said...

Informasi yang sangat bermanfaat. izin copas bos
[url=http=//kalayan.wordpress.com]RPP Berkarakter |Silabus Berkarakter [/url]

badjingan copler said...

bingung.....o_O

Unknown said...

makasih gan infonya . tapi ane mau tanya ni kok di entri baru ane setiap ane tulis kok jadi dobel wah apanya ya gan .tlg kasih info

Unknown said...

terima kasih infonya sob, sangat membantu untuk bloger seperti saya

herly said...

wahhh,,,niche share gan...thanks

sikkahoder said...

THANK INFONYA

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment