Search This Blog

membuat server dengan komputer sendiri

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan membuat server dengan komputer sendiri ...

Dalam aktifitas blogging, kita gak terlepas dengan edit script, modul, theme dan lain sebagainya. Biasanya kita menggunakan jasa hosting space baik gratisan (kayak sawasanganam.com ini: yang di host di blogger.com) maupun hosting berbayar untuk melakukan editing dan trial error atau uji coba. Kendala semakin tinggi dengan tingkat resiko kehilangan hasil kerja jika pada saat editing, server down atau malah koneksi internet yang sedang down.

Ada sebuah sofware yang dapat kita install ke komputer kita, dan kita gunakan sebagai media pengeditan script, theme atau engine blog maupun CMS persis seperti di remote hosting (hosting di komputer jauh) atau kurang lebihnya virtual host space. Software ini bernama XAMPP yang berisi modul Apache, MySQL, PhpMyAdmin, dan Pearl.

XAMPP bekerja seakan - akan komputer kita adalah server sekaligus host space yang bisa kita install wordpress, Phpnuke, jomla, mambo atau script cms yang lain. Sayangnya.... blogspot bukanlah script open source seperti script2 yang saya sebutkan tadi. Jadi kesimpulannya, jika kita mau edit template blogspot.... ya harus konek langsung ke blogger.com.

Jika anda tertarik untuk menguji kehebatan XAMPP yang mendukung sistem operasi windows, linux, solaris maupun mac, anda dapat mendownloadnya di situs resminya http://www.apachefriends.org sedangkan untuk tutorial instalasi dan penggunaanya, dapat anda ikuti di install wordpress pake xampp di komputer pribadi

XAMPP juga mempunyai versi portable yang bisa di install ke flasdisk. Jadi... akan sangat membantu sekali jika mobilitas kita tinggi, kita masih tetap bisa melanjutkan web - web project kita.

8 Respon Pembaca:

andisukry said...

waah makin mantabhh aja si Om ini

blogger newby said...

Wah tutorialnya kok malah di lempar ke tempat lain bosssssss. Padahal lebih menarik kalo om sawa yang bikin tutornya lho.

ali kiprit said...

Wahhhh.... Om sawa ini cuman mingin-mingini aja. Lha aku lum punya pc ndiri kok. btw info menarik juga.

webby said...

Tingkat resiko terhadap kompi kita gimana bos, kompi kita bisa diakses dari luar kagak? kalo iya cara menanggulanginya gimana??

kere kenal internet said...

he.. he.. he... kalo pake WAMPP ama XAMPP bagusan mana nich?

Warung Bebas said...

Langsung ke TKP gan!

sanganam.com said...

Tutorialnya dong pak... biar lebih jelas..........

online etalase said...

Really i was confused.

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment