Search This Blog

Page Rank Vs Dofollow Comment

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Page Rank Vs Dofollow Comment ...

Page Rank (PR) adalah sebuah prestisius condition (mungkin). Sedangkan Dofollow Comment adalah bukti memanusiakan manusia yang meninggalkan jejak dan bukti motivasi ngeblog kita tidak hanya bisnis Oriented belaka, tetapi ada motivasi social oriented. Sebuah analisa korelasi (hubungan) antara Page rank Vs Dofollow Comment saya coba ketengahkan, dengan berdasar pada study case pada blog ini.

Tulisan ini terinspirasi oleh sebuah komentar yang disampein aroon. Berikut kutipan koment-nya:
sebenernya bener gak seh dofollow itu ngaruh buar naekin pagerank, blog e-kehamilan punyaku gak naek2 bos page ranknya.

Blog ini waktu masih dipublikasikan pada sub domain sawasanganam.blogspot.com sempat merasakan PR 2 Versi Google. Coba simak Coretan saya di Tentang Blog ini. Padahal waktu Google melakukan Updated PR, sawasanganam.blogspot.com, baru memiliki tidak lebih dari 40 Post, dengan rata-rata pengunjung dibawah 10 pengunjung per hari. Dan traffic versi alexa pun masih diatas 3 jutaan.

Saya sendiri sangat terkejut dan nggak percaya kalo sawasanganam.blogspot.com yang semula ber PR 0 langsung dapat Page Rank 2. Sayapun akirnya menganalisa: Algoritma apa saja yang digunakan oleh google untuk meng-Updated PR?
>>>Apakah gara-gara saya menganut dofollow comment?
>>>Ataukah baclink yang saya dapatkan sudah sangat-sangat berkwalitas?
>>>Atau justru optimasi SE saya yang sukses?
>>>Atau gara-gara saya tetap menempatkan google adsense di sawasanganam.blogspot.com meskipun yang muncul hanya iklan layanan masyarakat?

Berbagai tool gratisan di internet akirnya saya coba untuk mencari tahu. Dan google analisys pun menjadi sarapan saya setiap hari untuk mempelajari kasus saya ini.

>>>Jika penyebab Naiknya PR sawasasanganam.blogspot.com adalah karena menganut faham Dofollow Comment adalah salah besar. Karena sawasanganam.blogspot.com belum mendapat backlink yang berkwalitas (baclink dari situs ber PR tinggi, mis; baclink dari blog ber PR 6 atau 7). Bahkan saya sendiri waktu itu sangat jarang melakukan blogwalking gara-gara koneksi internet saya yang hanya bermodal GPRS Pada HP Sonny W300i

>>>Jika penyebab Naiknya PR sawasasanganam.blogspot.com adalah karena optimasi SE yang sukses, jawabannya Mungkin saja. Karena waktu itu, praktis hampir semua judul post di sawasanganam.blogspot.com bila di search pake google (menggunakan kata kunci salah satu kata yang terkandung dalam judul post) bisa dipastikan ketemu minimal 30 besar, dari jutaan hasil pencarian.

Sayangnya... Kondisi diatas nggak bertahan lama, karena saya (pertengahan Juni 2008) merubah title blog saya. (bukan meta tag title yang dirubah, tetapi title blog. Jangan salah). Nah setelah saya merubah judul blog saya, lenyaplah SERP (Search Engine Result Page) blog saya. Bahkan saat saya search dengan kata kunci Site;http://sawasanganam.com pun nggak ketemu, Apalagi kalo pake site:http://sawasanganam.com hasilnya nihil. Justru ketemunya di blog kawan saya si yitnoku

>>>Jika penyebab Naiknya PR sawasasanganam.blogspot.com adalah karena menempatkan google adsense; saya sendiri nggak tahu persis.
Analisa sementara saya begini; karena kita menggunakan fasilitas gratisan milik google, apa yang didapat google selain traffic saja?

Logika saya mengatakan: Jika semakin banyak pengguna blogspot yang aktif ngeblog (rajin post apalagi yang originil content) peluang google untuk menawarkan blog tadi kepada advertiser semakin tinggi. Dengan semakin tinggi peluang advertiser melirik pengguna blogspot semakin mahal pula cost yang harus dibayarkan ke google.

Tunggu dulu. Lalu Bagaimana cara google menawarkan blog yang selalu up to date dengan fresh content kepada Calon Advertiser? Page Rank (mungkin) jawaban yang tepat. Dengan memberikan PR kepada Blog yang seo frienly google punya dalih kalo blog tersebut sangat berpotensi mendatangkan pengunjung.

Sekali lagi saya sampaikan... tulisan ini hanyalah study case dari seorang tukang sapu radio yang nggak punya basic IT. Just for share.
Saya berharap anda mempunyai pendapat dan pengalaman yang berbeda dengan saya. Untuk itu, saya sangat berharap sharing anda disini. Silahkan tinggalkan komentar anda disini.

Dan saya sangat senang sekali jika anda berkenan mempublikasikan ulang tulisan ini dengan mencantumkan outority penulis dengan anchor teks; sawasanganam.com dengan link
http://sawasanganam.com/2008/09/page-rank-vs-dofollow-comment.html
Post ini masuk dalam tag on technorati.com

12 Respon Pembaca:

GirLy said...

met pagi...
saya jg bingung dengan blog saya kok page rank nya malah menurun bukannya malah naik heehee

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Girly: kata pakar sih, PR emang sering naik turun. blog ini setelah 1 bulan pake dot co dot cc, dan balik lagi ke blogspot: blog ini PR-nya malah ilang.

Anonymous said...

PR ku sudah 4 bulan ga netas2.....huh,..sebel!
emang kalo PR tinggi knapa sech?

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Indung: Pagerangk (mungkin) perangkingan halaman oleh google terhadap web. Yang saya tahu; Semakin tinggi ( 0 s/d 10 ) semakin bagus rangkingnya. Pemahaman dasarnya; pemberian peringkat berdasarkan SEO-an bukan traffic. Rangking traffic dilakukan alexa.com

Tapi ndungg, traffic Alexa ente bagus tuh.. dibawah ijuta

Hakim said...

iya uy..gman ya cara yang simple biar blog gratisan kita bisa berjaya di jagat raya ini... he3..,Imposible x

Anonymous said...

bro sawa, laporan neh, blog e-kehamilanku page ranknya udah menetas jadi PR 01. tapi ini dah jalan 06 bulan

Anonymous said...

bro sawa, laporan neh, blog e-kehamilanku page ranknya udah menetas jadi PR 01. tapi ini dah jalan 06 bulan

Muslihun Al-lampani said...

Jadi Page Rank Bisa Ambruk Ya mas....

Equal Life said...

Saya senang dengan analisa mas tentang hubungan Google, Adsense, Blogspot dan Advertiser mangsanya Google. He..he.. Kaya-nya emang bener deh mas. Belakangan saya baru tahu kalo Google memang sedang berusaha menumbuhkan kembali kepercayaan Blogger yang menggunakan platform Blogspot. Hal ini terjadi karena mulai muncul competitor baru bagi Google, Adsense dan Blogspot-nya yang bisa mengancam kelanggengan ngebulnya dapur Google.

rumahuang.com said...

biar punya page rank gimana mas ? kasih saran donk tentang blog aku http://www.rumahuang.com maklum masih pemula mas..

digital megapixel said...

google page rank emang selalu jadi misterius...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ rumahuang.com: Coba search di blog ini.
Perbanyak back link, bikin post originil content, perbanyak blogwalking.

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment