Search This Blog

Apakah blog itu

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Apakah blog itu ...

Anda pasti sering dengar istilah - istilah Blog, situs, webpage dll. Fahamkah anda dengan istilah tersebut? Apa yang dimaksud blog? Samakah dengan situs? apa pula itu web page? Apa pula dengan home page? Bagi anda yang udah lama berkutat dengan dunia WWW yang sering disebut dunia maya ini, saya yakin anda akan tersenyum sinis membaca tulisan saya ini.

Tetapi bagi anda yang baru memasuki dunia maya (seperti saya) mungkin tulisan ini dapat menjadi salah satu bahan refferensi dalam mengenal dunia tanpa batas. Bagi senior, mohon koreksi dan bimbingannya demi penyempurnaan tulisan ini. Blog, sebagaimana arti dari wikipedia bahwa:

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Masih bingung maksud tulisan wikipedia diatas? saya akan berusaha memperjelas untuk anda.Situs sebagaimana dijelaskan pada wikipedia

bahwa situs adalah: Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Makin mumet memahaminya?

oke..... Saya pandu anda memahami kedua istilah tersebut.

Blog atau situs, pada dasarnya adalah sebuah catatan yang ditampung sebuah komputer utama (server: seperti blogger, yahoo, amazon dll) yang terhubung dengan komputer lain (client : seperti komputer atau HP anda).Server selalu online (selalu hidup) dengan tujuan agar isi komputer server tadi dapat diakses (dibaca) oleh client (seperti kita).
Saya ibaratkan server menyediakan hardisk yang disewakan (ada juga yang digratiskan dalam pemakainnya) kepada kita untuk kita tulisi dengan tulisan (huruf) atau gambar (vidio).Nah sekarang apa bedanya? Tidak ada bedanya. Perbedaan hanya terdapat dalam performance (tampilan).

Perbedaan blog dan situs.

Saya ibaratkan: situs atau blog adalah rumah tanah yang siap dihuni. Situs, lebih cenderung rumah yang sudah jadi, Sudah ada ruang tamunya (home page / halaman utama) ada kamar tidurnya (halaman yang pribadi yang hanya dapat diakses oleh orang - orang tertentu) ada kamar mandinya (halaman forum tanya jawab / komentar) ada gudangnya (tempat penyimpanan file atau gambar secara terpisah) dll.Sedangkan Blog, (apalagi blog yang gratis); saya ibaratkan sebidang tanah yang siap untuk dibangun menjadi rumah. Kita lah yang memilih type rumahnya (dengan memilih template) kitalah yang merencanakan dimana letak ruang tamunya, dapur, gudang dll.

Nah.... Udah mulai bisa dipahami kan?Apakah benar bahwa blog lebih representatif dibanding situs? Jawabannya tentu TIDAK! Pada dasarnya sama. Tools (perangkat untuk membangun rumah tadi) yang diberikan sama saja, ya.. itu - itulah. Tetapi jika anda orang yang lihai dalah meramu HTML, CSS, dan seabreg istilah internet yang lain, blog akan menjadi sangat hebat. Tapi bukan berarti situs kalah hebat.

Keuntungan situs adalah: Pada tahap awal pembuatan situs anda tidak terlalu susah payah menggunakan jasa pihak ketiga (penyedia layanan biasanya dalam bentuk kode - kode HTML yang harus kita letakkan pada situs kita) untuk mempromosikan situs anda, karena sudah diperkenalkan oleh hostest (pemilik komputer utama) keseluruh dunia. Sementara kelemahan Blog adalah anda yang harus membangunnya sendiri, mengecatnya sendiri, mengisi dan mempercantik tampilan blog anda sendiri, dan memperkenalkan blog anda sendiri. Server / hostest (seperti blogger, world press dll) hanya menyediakan tools nya saja. Anda yang bekerja Sendiri.

Nah sudah semakin jelas? Coba baca disini untuk panduan membuat blog di blogger (blogspot), dan untuk mempromosikan blog anda, bacalah disini, atau disini .Jika anda ingin mencari penghasilan di blog anda, anda dapat membaca panduannya yang diberikan mas Cosa atau anda cukup klik disini, atau baca panduan mas Medhy atau cukup klik disini.

Jika menurut anda tulisan ini bermanfaat dan anda berniat mempublikasikan ulang (Untuk tujuan Non Komersi) Silahkan Cantumkan outoriry penulis Sawasanganam.blogspot.comHarapan saya, tulisan ini bermanfaat.Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

5 Respon Pembaca:

Subagya said...

saya salut dengan mas, mau untuk belajar. saya juga baru belajar buat blog mas, jd maaf kalo berkunjung blog saya berantakan.. hehehehe salam kenal dan sukses selalu.

sawa (tukang sapu radio) said...

Om Subagya, belajar adalah tugas dan kewajiban kita. Iya khan? Terima kasih atas link free template yang diberikan. Optimislah pasti anda akan lebih maju

Faisal said...

wah,cukup membantu juga nieh BOZ &maen dunx ke blog saya&kasih komentarnya,Thanx

Cars said...

terimakasih atas ilmunya..

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Makasih gan ,, aku jadi tau disini!

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment