Search This Blog

Seberapa Berat Element Situs Anda?

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Seberapa Berat Element Situs Anda? ...

Anda pernah menggunakan tools tentang seberapa berat situs atau blog anda? Jika belum anda bisa mencobanya di Mengukur Size situs anda. Nah dari hasil pendeteksiannya, saya pun bertanya-tanya. Kok blog aku yang postingannya cuma 2 post (aku-dikianati.blogspot.com), beratnya lebih 50 KB. Sementara blog ku yang ini (sawasanganam.blogspot.com) dengan postingan lebih dari 13 post hanya 70 sekian KB. Dan pernah pula terjadi blog-ku ini mencapai 108 koma sekian KB.Akirnya pertanyaan saya apa sih yang di ukur?

Nah berikut ini adalah sedikit pengalaman yang pernah aku lewati dalam ber - blog - suntuk (maaf mestinya blog-ria: tapi karena otodidak jadilah suntuk mikirin performa blog-ku)Penjelasan singkat tentang berat blog sedikit saya singgung disini. Dan yang sekarang adalah tentang elemen apa saja yang membuat size blog kita membengkak? Bagi beginner (seperti saya) tulisan ini mungkin bisa anda gunakan sebagai acuan, dan bagi para senior mohon koreksi dan petunjuknya demi penyempurnaan tulisan ini.

Saran saya: Cobalah dulu tools dibawah ini. Tools ini bersifat free. Lalu analisalah hasil pengujiannya. Kurang lebih dari hasil pengujian ini terdapat element dasar sbb:
  1. Widgets javascript template blog anda anda. Lihat! Berapa byte-kah template anda.
  2. Wigets pihak ketiga (third parthy). Lihat Berapa Byte. Jika anda ingin mengurangi berat blog anda, anda dapat membuang salah satu widget yang menurut anda kurang produktif. Saran saya.... buanglah widget (yang kurang diperlukan) yang menggunakan fitur javascripts yang ditandai dengan extensi Js
  3. Element syndicate seperti rss, advertise, dll. Jika menurut anda size nya terlalu besar, anda dapat memilih element yang size nya relatif ringan. Saya contohkan disini element "http://feeds.feedburner.com/sawasanganam.1.gif" yang size nya 15727 Byte. Saya pernah pasang element serupa yang size nya diatas 300000 Byte. Kemudian saya trial error dengan element sejenis yang mempunyai fungsi sama, penyelia sama, tapi size nya agak ringan menurut saya.
  4. Element postingan anda. Biasanya, element ini nggak terlalu besar size nya. Tapi ingat, semakin banyak post anda pada main page, akan tetap terbaca size blog anda lebih berat dibanding post yang sedikit di main page. Saran saya...... jika blog anda adalah blog yang mapan dalam arti sudah punya pembaca setia, apalagi yang udah berlangganan artikel anda, hal ini nggak jadi masalah. Tapi jika blog anda masih (maaf) miskin pengunjung (seperti saya) ada baiknya di main page anda cantumkan maksimal 3 post. Baca ulasanya disini.
Harapan saya, semoga tulisan ini bermanfaat. Untuk senior sekali lagi mohon koreksinya. Bagaimana menurut anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging,ataupun optimasi blog . Saya tunggu komentar Anda.

Silahkan anda masukkan URL yang akan anda cek.
Load Test - Submit PlusLoad Test - Enter URL (60 sec):

15 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Wah.. Perlu juga nih aku ngukur punya-ku (ssttt.....) Jangan ngeres!! blog maksudnya bro.

sawa (tukang sapu radio) said...

Sekar, Silahkan.... semoga bermanfaat. Blog nya cantik juga. Udah langganan rss dari sawasanganam?

Subagya said...

thanks boz dah ane coba and hasilnya paraaaaaah banget!!!! hahahahahahaha terlalu banyak iklan kali yak hihihihihihi.

sawa (tukang sapu radio) said...

Subagya, Sama kok. Blog ini juga menyentuh limit 80Kb. Terasa berat sih bagi pengguna Dial-Up Conection macam saya

w said...

iya neh kayaknya blog ane banyak gambarnya...!
maklum promosi wajah...!he.he.he.

sawa (tukang sapu radio) said...

@arafa: Sama mas, sekarang ini saja blog saya sudah over weight, Perlu optimasi. Untuk feedburner coba baca http://sawasanganam.blogspot.com/2008/05/memperkenalkan-blog-ke-seluruh-dunia.html
Atau masuk saja ke www.cosaaranda.com

Anonymous said...

hoho,,, bagus neh artikelnya hehe,,, memang sich javascrip itu bila kebanyakan akan membuat blog berat,, hehe,, punya ku termasuk hehe,, (blog maksudnya yah,,) hoho,, tar di minimalisisr ah klo dah waktunay hehe,,

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Shedtya: thank atas sharing dan kunjungannya.

Anonymous said...

ayups bener kebanyakan jsscript jadi berat

sawa (tukang sapu radio) said...

@ chodirin: he.. he.. he.. udah naik pangkat rupanya, udah jadi juragan sapu. nggak nyapu jalanan lg mas? btw thank sharing nya.

Iklan Gratis dan Bisnis internet said...

Kebetulan mau tes berat blog ku ah

Saung Web said...

Tips yang sangat bagus.. nih akhirnya ku ganti aja templatenya sekalian.. dan turun dari dari size hampir 200 sekarang hanya 133. di kunjung yah.. n kasih masukannya ya...

Saung Web said...

Hai sob.. kunjung lagi ya.. n tolong sekarang blog ku gimana di load disana .. masih berat gak ??

Saung said...

Wah thanks berat sob.. berarti masih perlu diet lagi nih ya dok ??

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Izin sedooot gan sampe penuh hehe

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment