Search This Blog

Membuat Custom Search Engine Google

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Membuat Custom Search Engine Google ...

Dulu, waktu saya browsing dan melihat mesin pencari saya merasa aneh, kok bisa ya??????? komputer saling berjauhan, isi yang satu dan yang lain nggak sama, tapi begitu kita tulis beberapa huruf di kotak dialog, kok lantas bisa ketemu dengan yang kita cari ya? Gimana cara bikinnya ya?? bisa nggak Search Engine seperti ini diintegrasikan ke dalam blog kita????? adakah aplikasi search enggine yang gratis???? sehebat apa pengaruh penggunaan searh enggine dalam blog kita??

Itu yang sekarang bakal ane tulis disini, itung-itung sebagai
catatan ane. Biar besok ane nggak lupa jalur dan tahapan yang harus dilewati.
Kan gitu............ Next, let's start

Cara kerja mesin pencari kurang lebihnya sama dengan kita
bikin index sebuah buku. Artinya pada halaman index tersebut harus berisi
database dari buku yang akan di Index. Dan dalam hal ini Google punya sarana dan prasarana untuk mengindex blog kita. Contohnya fasilitas webmaster

Yang perlu dilakukan agar blog kita mudah dikenal orang salah satunya adalah dengan mengintegrasikan Custum Google searc Enggine .

  • Masuklah ke alamat tersebut (http://www.google.com/coop) dan pilihlah salah satu pengintegrasian search enggine yang anda inginkan.
    disini saya hanya akan mencontohkan membuat mesin pencari saya
  • Klik mesin pencari saya
  • Anda akan dibawa pada form Log in dengan menggunakan username dan pasword anda di google.
  • Masukkan Username dan pasword anda
  • Anda akan dibawa ke halaman http://www.google.com/coop/manage/cse/
  • KlikBuat mesin pencari baru
  • Anda dibawa masuk dalam halaman http://www.google.com/coop/manage/cse/create/1
  • Isikan keterangan yang diminta.
  • Pada nama mesin pencari masukkan nama yang anda kehendaki. Misalnya mesin pencari nama anda
  • Pada keterangan mesin pencari, masukkan keterangan singkat padat tentang mesin pencari anda. Misalnya Aturan main ngeblog di situs anda
  • li>Pada Form mencari kata kunci mesin, masukkan prasa atau kata yang menyangkut dengan tema mesin pencari anda. Usahakan menggunakan kata yang umum dipakai orang, tetapi yang paling spesifik pada situs anda.
  • Pada form bahasa, masukkan bahasa yang anda gunakan.
  • Pilih pencarian hanya pada situs yang saya pilih jika anda ingin mempersempit pencarian atau pilih pencarian pada seluruh web, namun tekankan pada situs yang saya pilih apabila anda ingin memperluas hasil pencarian kata dengan fokus pada alamat situs anda.
  • Pada Form Pilih situs, masukkan situs anda. Saran saya: masukkan kategori seluruh domain. Dengan cara mengetikkan situsanda.com
  • Masukan beberapa situs yang akan anda integrasikan ke dalam mesin pencari anda
  • Pada Form pilih edisi pilih edisi standar untuk gratisan, dan pilih edisi bisnis untuk premium dengan full Servis google
  • Centang persetujuan layanan.
  • Klik Next atau berikut
  • Centang kolom Kirim email konfirmasi
  • Klik selesai
  • Sekarang masuk ke Inbox Email anda.
  • Klik link yang diberikan untuk aktifasi
  • Proses pembuatan mesin pencari sudah kelar. Tinggal mengintegrasikan ke situs anda

Selamat dan sukses. Ane harap anda bisa mengintegrasikan mesin
pencari bikinan anda sendiri ini ke situs anda. Jika ada kesulitan dapat anda klik disini.

2 Respon Pembaca:

Muslihun Al-lampani said...

Anda Bukan Tukang Sapu Radio Biasa...

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Mantap postingannya,.

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment