Search This Blog

7 Kesalahan optimasi blog

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan 7 Kesalahan optimasi blog ...

7 Kesalahan optimasi blog atau situs yang pernah saya lakukan,
menyebabkan blog ini lambat dalam meraih traffic yg tinggi. Hal ini kadang
nggak kita ambil pusing. Entah traffic tinggi entah tidak, yang penting PR Tinggi titik. jangan salah ber-asumsi bahwa yang terpenting adalah PR blog. ini salah besar. coba baca falsafah pagerank versi bung cosa dalam artikelnya Falsafah Pagerank dan Adsense.

Yang jelas, kalau anda tertarik untuk mencari uang di internet, maka anda harus tahu bahwa kunci utama dalam mencari uang di internet itu adalah trafik.
Kunci utama mencari uang di internet adalah trafik! (note: bukan pagerank).
Situs itu bisa diibaratkan seperti mall atau pasar. Semakin tinggi jumlah pengunjung mall/pasar tersebut, maka akan semakin mudah bagi pedagang untuk memasarkan dagangannya.

Nah terlepas mana yg lebih penting antara pagerank dan traffic, yg saya tahu: Traffic adalah kunci utama popularitas blog anda. Artinya, kita harus mengoptimalkan blog kita (lebih sering disebut optimasi blog).
tapi ada juga optimasi blog yg justru menyebabkan traffic blog kita
terpuruk. Contohnya ya blog ini, meski udah berusia lebih dari 4
bulan, traffic versi alexa.com masih aja pada titik 3 jutaan.

Padahal kalo dibandingkan dg blog saya yg lain (malah nggak keurus) di
rasah-takok.blogspot.com, justru trafficnya lebih signifikan di
http://rasah-takok.blogspot.com, lha wong nggak ke urus aja udah nyampe 8 jutaan.

Apa penyebabnya?

berikut adalah kesalahan optimasi blog yg pernah saya lakukan:


1. Seringnya ganti title blog.
ini sering dialami oleh pendatang baru (seperti saya). Biasanya para newby tanpa sengaja membuat blog. Klik sana klik sini, isi formulir sana isi formulir sini, akirnya di inbox email kita ada notifikasi bahwa kita sudah membuat blog gratis dan siap dipublikasikan. Sementara, kita belum tahu materi apa yang akan kita tulis di blog kita (yang baru ini) ...

Nah pada gilirannya nanti karena membaca artikel mengenai optimasi blog atau Desain Web yang cantik atau artikel Search Engine Optimation yang menggiurkan.... akirnya gantilah title blog kita (maksudnya biar sesuai title blog dengan conten blog kali ya...). Ya... Search engine nggak kenal lagi dech dengan blog kita. Baca artikel tentang optimalkah-kinerja-blog-anda.


2. Pemilihan template yang salah.
Template salah? Ah masak iya ada template yang salah. Terlalu ekstrim memang kalo kita bilang template si A salah dan template si B yang benar. Pada dasarnya hampir semua template yang didesain para desainer sudah benar. Tetapi tidak semua template yang memenuhi standar W3C (World Wide Web Consortium) dikarenakan pengeditan XML yang salah. Lalu yang benar harus Gimana?

Pada dasarnya... hampir semua template di blogspot adalah template - template yang WellFormat. Cuma kita saja yang nggak pernah puas dengan yang gratisan. Lalu Gimana Tips pilih template? He.. He.. He.. baca aja artikelnya disini.


3. gonta ganti template.
karena pendatang baru dan nggak ngerti tentang dasar dasar html, jadilah tergiur dengan template gratis yg ditawarkan beberapa blogger senior. Seingat saya Blog ini sudah ganti template sebanyak 4 kali. dan setelah melakukan trial error, akirnya saya berpendapat setiap kali selesai tukar template; SERP (Search Engine Result Page) turun. Tapi Anehnya ranking alexa.com (lebih sering meningkat)

5. berat blog yang over wight.
karena lebih mengutankan desain (Karena newby yang notabene belum punya pengetahuan html dan css) maka penambahan pernak pernik blog membuat size blog bengkak dan timeloading main page jadi sangat lambat.
Hal ini pernah terjadi pada blog ini. Setelah diadakan pengecekan di sini barulah ketahuan kalo size/berat blog ini diatas 118Kb, dan time loading nya diatas 2 menit (bagi pengguna Dial Up Conection)

Terbayang nggak kalo pengguna Dial-Up (yang browsing lewat HP misalnya) terus loading time mainpage kita diatas rata-rata kesabaran manusia normal. (mungkin blog kita nggak jadi dikunjungi kali ya....)

6. pemilihan meta tag kata kunci (keyword) yang nggak nyambung dengan isi tulisan (content artikel)
Ya.. Karena saat bikin blog kita belum punya rencana mau nulis apa di blog kita ini, akirnya meta tag keyword kita jadi nggak nyambung dech dengan content blog. Ditambah lagi... sebagai pendatang baru... kita pasti belum terlalu paham dengan istilah istilah di dunia maya ini. Banyak kok tulisan tentang istilah internet yang bisa anda baca. Contohnya istilah blogging versi bung Kendhin di artikelnya: kamus istilah istilah dalam blog

Meta tag keyword inilah yang akan memandu search engine (SE) seperti yahoo, google ataupun SE yang lain mengenal blog kita. Tapi saratnya, blog kita harus kita submit ke seacrh enggine terlebih dahulu (sekilas tentang submit blog ke SE ada di sini: memperkenalkan-blog-ke-seluruh-dunia). Untuk lebih detail dan spesific Saya akan bahas materi ini pada bab lain


7. terlalu banyak mengikuti tutorial para (pakar) blogger.
dengan semakin banyak anda mpraktek-in teori orang lain (apalagi untuk
hal hal yg sejenis) anda akan semakin bingung dengan tindakan kita.

Saya Contohkan begini: Kita baru saja membaca tutorial tentang optimasi search engine di blog A yang menyatakan untuk cepat didetect oleh SE anda masukkan potongan script (kode-kode tertentu misalnya) ke dalam template blog anda, Dan anda pun melakukanya. Nah pada kesempatan lain; anda juga membaca tutorial tentang optimasi search engine di blog XX yang menyatakan untuk cepat terdetect SE dan menempati posisi top ten dalam pencarian SE, anda harus melakukan begini-begini terhadap blog anda. Dan anda-pun melakukannya.

Jika yang saya contohkan diatas terjadi juga pada anda dan blog anda...(karena saya juga sering mengalaminya) percayalah optimasi yang anda lakukan justru akan membuahkan error pada blog anda. Kalaupun anda akan melakukan hal tersebut, setidaknya tunggulah 3 s/d 4 bulan setelah langkah optimasi pertama, tunggulah hasilnya. Jika ternyata optimasi pertama nggak berhasil (setidaknya menurut anda) barulah mencoba trik atau hack dari pakar yang lain.


Bagi yang ingin mempublikasikan ulang tulisan ini (untuk Tujuan Non Komersil), mohon Cantumkan Outority penulis: Sawasanganam.com

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

12 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Ketua... Apa saya juga salah ngelola blog aku ya? Tolong kunjungi blog aku dan mohon sarannya sekalian, biar blogku juga dapet PR kayak punya ketua ini

Anonymous said...

kok punya saya termasuk kategori 7 kesalahan tanpa ada satupun yang terlewat ya.waduh.untung mampir kesini...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Gus: he.. he.. he... Akirnya dikunjungi mbahe blogger teko Semarang. Yang saya tulis diatas tigak mutlak benar. Hanya pengalaman trial error saja kok Om. Btw, Lha wong bloge sampean malaha lebih nfetop ngono lho Om

Anonymous said...

Makasih banyak informasiinya, aku baru juga melakukan hal yang sama hmmm, pantas blogku masih sepi sepi aja. Makasih banyak yah mas

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Om Sukri: Sama sama Om Sukri... kita saling berbagi, untuk saling mengisi.

Anonymous said...

wah...klo gonta-ganti template terus pengaruh jga toh......

Anonymous said...

thanks ya om

Dapat Duit Tanpa Modal said...

untuk point nomer tujuh solusinya gimana yahhh?
boleh juga tuhh yang nomer tujuh,membingungkan kadang2 kalau sering mbaca2 punya blog master
Percaya diri dengan kemampuan pribadi kali yahhh?

Absolute Health said...

Wah thks berat nih mas untuk info-nya yang sangat bermanfaat.
Belakangan saya memang lagi belajar mengoptimasi blog saya. Tujuan utamanya sih buat menaikkan traffic, bukan hanya lewat blogwalking, tapi klo bisa yang organic dari SERP baik Google, Yahoo, MSN etc.
Sekarang ni lumayan mas, untuk kata kunci H1N1 Symptoms blog saya yang baru berusia dua minggu dah muncul di halaman pertama Bing.Com Result Page, mesin pencarinya Microsoft yang baru. Ya... paling ga sehari bisa mendatangkan 20 visitor untuk keyword itu. lumayan lah mas.

Ronaldo Rozalino said...

Tips yang menggoda bung!!!

Blogger Indramayu said...

Thanks info nya ya Om... salam kenal, moga sukses

Kerja Keras Adalah Energi Kita said...

Saya juga punya masalah di template nih mas. Kira2 punya rekomendasi template yg bagus ga ( bagus di search engine)

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment