Search This Blog

Ciri ciri Template Yang Baik

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Ciri ciri Template Yang Baik ...

Oke... karena ini hanya post singkat sebelum panjat tower pemancar untuk perawatan antena, langsung aja ke pokok bahasan.

Template yang baik dan WellFormat akan membantu search engine lebih mengakrabi blog kita, Sehingga Blog kita bisa benar-benar Optimal di depan SE. Tidak hanya itu saja. Tetapi pemilihan template yang wellformat juga memudahkan pengunjung dalam (membaca) memahami apa maksud dari navigasi yang ada di blog kita. Banyak template gratisan yang ditawarkan para desainer template. Saya (ini tinjauan pribadi. Sekali lagi Pribadi) juga sering pake template gratisan dari para desainer kondang. Bahkan blog inipun masih pake template yang gratisan.

Yah.. logikanya: kalo hosting kita masih gratisan (di blogger.com) dan domain pun masih gratisan, masak iya mau pake template yang premium? Terlalu naif kali ya? Tapi bukan ini yang akan saya sharing disini. Tetapi saya akan share ciri ciri template yang Baik (minimal yang saya ketahui... ceile.. namanya juga share). Apa saja kira kira yang harus kita perhatikan?

1. Gunakan template yang loading awalnya di mulai dari header, kemudian diikuti mainpage (postingan kita) barulah side bar dan footer.
Header adalah bagian teratas dari blog kita. Mainpage adalah tempat postingan kita. Sidebar adalah sisi kiri atau sisi kanan mainpage. Footer adalah bagian bawah dari blog kita. Alasan kenapa pilih template yang beginian karena search engine akan mengcrawl (menelusuri dan meng-index) blog kita berawal dari h1 (bagian header blog) kemudian dilanjutkan dengan mengcrawl h2 (posting kita), h3 (sidebar), h4 (footer blog). Logikanya... yang pertama nampak di layar saat kita buka sebuah halaman, begitu pula yang nampak oleh search engine silahkan baca artikel tentang 7 Kesalahan optimasi blog. Bukankah kita pingin post kita yang dibaca pengunjung? Nah bagaimana dengan template anda?

2. Hindari penggunaan template yang penuh dengan error.
Template error bisa anda lihat pada browser anda. Caranya: (kusus pengguna firefox atau mozilla) tekan ctrl+shift+j secara bersamaan. Nah disitu akan muncul dialog box Error Consule yang menunjukkan kesalahan halaman yang sedang kita buka. Jika halaman yang kita buka banyak pesan error-nya berarti banyak kesalahan editing tempalte. Berdasarkan pengalaman: Semakin banyak pesan error pada Error Consule semakin lambat proses loading page, Semakin lambat loading page, (kemungkinan) halaman kita dibuka pengunjung secara utuh sangat kecil. Bisa jadi setelah pengunjung melihat header saja (karena loadpage lambat) pengunjung akan kabur.

3. Gunakan desain warna yang tidak menyakitkan pandangan mata.
Kita sering melihat pemilihan warna yang kadang nggak menyejukkan mata saat baca artikel, bisa jadi ini karena warna latar (backgruond colour) dengan warna font (huruf) tidak macting. Sebainya gunakan template yang mempunyai fitur penggantian warna backgruond dan font. Apa perlunya? Kalopun kita mau ganti casing blog kita (kusus bagi yang memahami HTML bagi newby seperti saya sebaiknya hindari edit template) kita bisa memodifikasinya, tanpa harus ganti template.

4. Gunakan template yang sedikit mengandung javascript.
Javascript adalah rangkaian kode HTMl yang dirangkum menjadi sebuah kode untuk mempersingkat pengkodean. Pemanfaatan javascripts yang berlebihan, akan menyebabkan time load main page menjadi lambat. Hal ini disebabkan potongan javascripts pada dasarnya berisi ratusan bahkan mungkin ribuan karakter. Sementara penghitungan size page (berat halaman) blog kita berdasarkan jumlah pixel yang ada pada mainpage kita. Silahkan test komponen blog anda di mengukur-size-situs-anda.

5. Jangan gunakan template beta.
Template beta adalah tempate uji coba. Biasanya template beta menawarkan fitur-fitur yang menggiurkan. Kenapa? Karena desainer sedang mencoba fitur baru, dengan harapan pengguna tempalte beta dapat memberikan masukan terhadap Bug/kesalahan dari template tersebut. Logikanya: Jika kita pergunakan tempalte Beta, kita termasuk menjadi "kelinci percobaan" desainer tadi. Ditambah lagi... bagi blog baru (yang baru saja dibuat) yang menggunakan template Beta, relatif lebih lambat di index search engine.

6. Usahakan menggunakan template yang size filenya kecil . Biasanya setelah kita mendownload sebuah file, kita akan melihat ukuran file tersebut. Nah dalam urusan template ini... usahakan size file template tersebut sekecil mungkin (perhitungkan juga dengan ketersediaan fitur 1 s/d 5 diatas). Logikanya... Template adalah wadah atau kantong yang akan menampung segala tulisan kita. Jika kantongnya aja udah berat, apakah tidak menjadi lebih berat setelah di beri muatan?

7. Popularitas desainer dan url sumber template juga mempengaruhi popularitas blog kita.
Ini pengalaman pribadi (mungkin salah) saya tentang popularitas desainer template. Logikanya; Karena penghitungan baclink oleh SE dihitung dari jumlah link dan kwalitas link (deeplink atau Oldlink) maka menggunakan template yang berasal dari url yang mempunyai traffict alexa yang udah tinggi akan mengatrol traffict kita juga. Hal ini tidak menutup kemungkinan traffict kita juga akan turun jika kita jarang update blog atau jarang mempromosikan blog. Jadi traffict yang didatangkan oleh template adalah traffict bonus.


Senang rasanya jika anda berkenan mempublikasikan ulang tulisan ini (untuk Tujuan Non Komersil), dengan mencantumkan Outority penulis: Sawasanganam.com

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

13 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Wahh..postingan-nya TOP mas,sekarang jadi tahu nih tentang 'ada apa dengan template'?

Anonymous said...

@ Nenad Mohamed : Wah rupanya usaha-nya wong cilik berhasil jadi dot com juga nich... mau dong gratisannya.

Subagya said...

nice post bro, saya sekarang mau mengganti template dengan sesimple mungkin agar tidak membebankan browser , tetapi masalahnya saya tidak bisa kalau tidak memakai jacvascript soalnya bagian dari keindahan blog saya, paling saya mengurangi gambar sebagai kompesansinya. sudah mampirkan ke blog saya bro?

Anonymous said...

wah.. bener bgt tuh... cri2 template itu perlu jadi bisa pilih2 nih,.... templat saya kurng baek deh kyknya... uuhhhh

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Subagya: Pilihan Template tergantung dari keperluan dan sasaran pembaca, jadi... yang ane tulis diatas.... cuman hasil trial error ane aja koq nggak mutlak benar. Tampilan Blognya bagus... jadi nampak blog tutorial. nggak nampak personal blog. Soal Traffic: jangan salah... traffict yang ada adalah milik domain dot co dot cc. Traffict asli sawasanganam.blogspot.com masih rendah coy...

@ Tips Blogspot: Template anda bagus juga kok. Tergantung pasar anda. Bukan begitu?

Xiao Mei said...

templateku loading awalnya di mulai dari footer kayaknya..wwkwkwkwkw...
eh nngommong2 marquee juga berat lho... kalo memang banyak yang harus ditampilkan mending seting overflow ke auto...

hehe cuma saran orang ngelantur

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: Benar juga tuh.. tapi gimana cara bikinnya seting overflow ke auto ya?

Anonymous said...

baca2 dulu :D

GONDES said...

Makasih banyak infonya sobat

Website Gratis said...

saya baru tahu kalau popularitas desainer mempengaruhi popularitas blog kita. Siapa desainer template blogspot yang paling terkenal?

berapa maksimum size file template yang baik?

"Zazha Say" said...

mantap pencerahannya

Mr.XXX said...

Wah,ada-ada saja.saya kira template ga pengaruh.Ga taunya punya peran besar juga.

Trik Reserved said...

Info yg sangat Bagus... Jadi tw nich.. Visit back ya...

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment