Search This Blog

10 Langkah Panduan Ngeblog untuk pemula

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan 10 Langkah Panduan Ngeblog untuk pemula ...

Ngeblog atau ber-aktifitas melalui blog memang sangat menyenangkan. Apalagi bagi yang udah punya komunitas blogging. Meski hanya duduk didepan komputer, rasanya kita bisa nyampe di belahan dunia lain. Hal ini juga yang saya rasakan. Tetapi benarkah aktifitas blogging benar2 menyenangkan?

Tulisan ini saya kususkan bagi mereka yang belum pernah masuk di dunia blog. Sedangkan bagi para senior, lebih baik anda tutup saja halaman ini. Karena yang saya tulis disini hanya untuk mereka yang belum pernah mengenal blog alias pemula.

Yang wajib dipersiapkan bagi blogger (orang yang mengelola blog) adalah:
    1. Pilihlah koneksi internet yang stabil. Yang kita perlukan adalah koneksi jaringan yang stabil. Karena dengan stabilitas koneksi jaringan, aktifitas ngeblog anda akan lancar. Jadi carilah refferensi jaringan internet yang stabil.
    Catatan: Jaringan yang stabil di kota saya, belum tentu stabil di kota anda.

    2. Mencoba cari tahu (bertanya) kepada blogger di kota anda tentang aktifitas ngeblog mereka (secara Offline). Hal ini untuk meminimalkan terperosoknya anda oleh iming2 iklan di internet.

    3. Pilihlah sebuah host gratisan yang terpercaya. Nah anda hanya akan mendapatkan informasi akurat jika anda berkonsultasi pada blogger setempat (dikota anda) secara Offline. Karena pada dasarnya semua fasilatas gratisan di dunia maya ini selalu penuh dengan Plus Minusnya. Demikian halnya dengan Host untuk blog anda.

    4. Gunakan url sub domain gratisan untuk belajar bikin blog. Lagi2 dibutuhkan panduan dari mereka yang udah pernah bikin blog secara Offline.

    5. Jika sudah berhasil membuat 1 blog, jangan fikirkan untuk membuat blog lain dulu. Fokuskan perhatian dan tulisan kita pada blog baru kita tadi. Kesalahan yang sering terjadi adalah pemula selalu bikin blog lebih dari 2 blog pada host gratisan (termasuk saya, meski akirnya saya serahkan pada kawan yang lain) dan akirnya blog2 tadi malah terbengkalai gara2 kehabisan bahan untuk nulis.

    6. Dalam menulis artikel di blog baru, kita nggak usah terlalu fokus pada sebuah tema pembicaraan. Tulislah apa yang ingin anda tulis. Istilah kasarnya Pokoknya asal nulis dulu. Itung2 latihan nulis.

    7. Mintalah bantuan kepada kawan senior anda untuk mengoptimasi tampilan dan pengaturan pada blog baru kita ini agar tidak berujung dengan kesalahan fatal. Outodidak lebih banyak berakir dengan kata2 "Wah ternyata salah, coba kalo kemarin dibikin begini... begini.." (kecuali kalo kita faham betul dengan bahasa komputer, kode2 css, dan HTML).

    8. Carilah refferensi tentang istilah2 internet dan istilah2 blogging. Kita dapat memanfaatkan search engine seperti google atau yahoo untuk kepentingan ini.

    9. Jangan langsung anda terapkan sebuah tutorial yang anda dapatkan dari sebuah artikel tanpa petunjuk yang jelas dari kawan senior anda. Ini bukan berarti artikel yang anda baca tadi menyesatkan. Tapi keterbatasan pengetahuan kita (sebagai pemula) sering berakibat kesalahan penerapan tutorial tadi.

    10. Jangan abaikan tingkat security computer anda. Pasanglah Firewall dan antivirus yang selalu ter-updates. Karena salah satu pendukung aktifitas ngeblog kita adalah komputer yang sehat dari segi sofware dan hardware. Jadi jangan abaikan artikel2 tentang komputer dan cara2 pengamanan datanya.
Saya berharap untuk masih diberi kemampuan agar dapat melanjutkan tulisan ini pada post mendatang.

Tulisan ini bersifat bebas di republish untuk keperluan "Non Komersil". Dan saya sangat menghargai jika anda sudi memberikan tautan ke "http://www.sawasanganam.com" dengan anchor texts "sawasanganam.com".
Dan jika menurut anda artikel di sawasanganam.com; bermanfaat untuk anda, tidak ada salahnya dapatkan Update artikel terbaru dari blog ini dengan meng-klik link ini.


8 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Wah.. sayang. Lagi2 blogspot. Apa emang blog ini pro blogspot ya? Btw, manis juga tips2 nya. Sebagian ada yang bisa di masukin di WP tuh.

Anonymous said...

saya stuju dengan no.10, tp bagi sy system keamanan tuch nomor satu.

Anonymous said...

untuk point no 7, menurut saya malah lebih baik dengan caranya sendiri agar dirinya juga tahu mana yg benar dan mana yg salah, sebuah kesalahan bukan sebuah akhir kan?dan belajar dari kesalahan akan memberi kita ilmu yg lebih besar lagi, lagipula klo menurut saya blogger2 senior sangat jarang ada yg berkenan dengan ikhlas memberi ilmu kepada yg newbie apalagi harus membimbing satu persatu,yg pada akhirnya nantinya disuruh belajar sendiri juga...just my opinion bos :D

sawa (tukang sapu radio) said...

@ hrxone: Betul om.. sebagian besar emang begitu. Saya lebih menyarankan permohonan bantuan via Offline. Jadi, artinya bisa belajar bersama. Bukannya konsul via YM.

Anonymous said...

Ok nih infonya!

Unknown said...

mantabs....kantongin ah ilmunya....

Anonymous said...

bukan hanya untuk super newbie saja. untuk yang umurnya setahun ngeblognya. tapi tetep gak bisa mahir sejenis saya ini, tipsnya sangat berguna Kang.....

Anonymous said...

salam kenal mas
saya setuju sekali sama point ke9 krn kadang2 kita harus membandingkan / mempertimbangkan dulu tips yg didapat sebelum menerapkannya :D

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment