Search This Blog

Belajar SEO untuk pemula (bag 2)

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Belajar SEO untuk pemula (bag 2) ...

Updates tanggal 16 Juli 2009: Dengan berat hati saya sampaikan, posting ini (bahkan blog ini) saya tulis bukan untuk mengikuti kontes SEO manapun, melainkan sebagai catatan dan pengingat saya. Jika ternyata bermanfat untuk anda.... itu hanya kebetulan. Dan karena seringnya post ini di spam, maka komentar saya tutup. Silahkan gunakan form email me untuk komunikasi dengan saya tentang post ini

Belajar SEO untuk pemula bagian 1 sudah saya bahas kemarin di postingan saya Belajar SEO untuk pemula bag 1. Pada artikel kemarin, saya hanya membahas cara2 memaksa search engine untuk lebih meng-akrabi blog kita, dari intern blog kita. Nah jika anda sudah mensubmit blog anda ke google silahkan anda lanjutkan belajar seo untuk pemula-nya dilanjutkan dengan mensubmit sitemaps blog anda ke google.

Sitemaps? Apa pula itu? Sitemaps adalah peta situs, yang akan memandu serach engine untuk menelusuri semua postingan dan tautan atau link di blog kita. Nah lewat sitemaps inilah seorang pemula (seperti saya) akan lebih mudah sedang belajar SEO.

Untuk mensubmit sitemaps blog anda ke google, kita dapat memanfaatkan fasilitas webmastertools milik google dengan mengikuti link ini. Panduan selengkapnya dapat anda baca di artikel
error pada webmaster; bagimana perbaikannya?

Namanya juga belajar seo apalagi untuk pemula, maka adalah hal yang wajar jika sering terjadi kesalahan dan error yang muncul. Nah jika anda mengalaminya, anda dapat menggunakan artikel web crawl error; gimana perbaikannya? sebagai panduan memperbaikinya.

Hal kecil yang sering terlupakan oleh kita (yang sedang belajar seo apalagi pemula), padahal fatal akibatnya adalah membuat permalink sendiri pada setiap postingan kita. Maksudnya, pada saat kita memposting sebuah artikel, kita membuat permalink yang akan menautkan judul tersebut agar dapat dilihat dan di klik pengunjung. Sebenernya ini kurang akurat. Karena kesalahan dalam membuat permalink, akan membuat error pada mesin crawl. Jadi manfaatkan lah keunggulan blogspot; auto arranger

Sebenernya masih banyak lagi cara2 belajar seo yang saya tujukan untuk pemula. Dan saya akan mencoba menuliskannya pada post mendatang.

Tulisan ini bersifat bebas untuk di republish untuk tujuan Non komersil. Dan saya sangat menghargai jika anda berkenan menyebutkan sumber tulisan dengan memberikan link ke "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor texts "sawasanganam.com"

13 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Wah kyakny kudu belajar Seo nie, coz blog saya belum diseokan scra optimal, asal posting aja

Anonymous said...

artikel yang keren bagi pemula seperti saya..
oh ya mas tu adsense pake plugin apaan ya ?
koq bisa tampil di blog berbahsa indo ??

Anonymous said...

lg rame nih yg bljar SEO.. smngt!!

ipam nugroho said...

perlu banyak waktu belajar nih..

Anonymous said...

Search Ebong Oye

kyaaaaaaa...mumet Kang
Saya tak posting saja wes

Anonymous said...

makin rame nih yang belajar dan ngajarin SEO

Anonymous said...

Kalo boleh minta themesnya donk, bagus banget bloger bisa dibuat kayak gini

Anonymous said...

ngomongin masalah seo ga ada habisnya mas, bikin kepala saya pusing :(

Anang said...

belajar bareng2 yok

Anonymous said...

iye apa ada hubungannya dengan kontes seo yach..

Anonymous said...

Akan ramai jagoan SEO bermunculan :)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ badoer: Badoer dot com lum di optimasi? He... he... he...
@ galihrock: Entahlah Boz, saya hanya niru2 senior kok. Panduannya ada di http://www.sawasanganam.com/2008/08/peruntungan-dot-blogspot-dot-com.html
@ Ardy Pratama: Kasihan kawan yang butuh informasi kalo keyword mya cuman di tembaki doang.
@ papapam traffic Bukankah belajar itu wajib mulai turun dari ayunan nyampe liang lahat?
@ Cebong Ipiet: Mumet ngopo to bong?
@ suamimalas: He... he.. he.. Lagi musim boz...
@ kipram: He.. he.. he.. Ini hasil modif kawan dari bali kok Boz, Saya mah gak ngerti css.
@ harianku; He.. he. he.. Belum lagi kalo udah dioptimasi malah di tendang ama search engine. Tambah lemes. Mending nggak SEO2 an.
@ Anang: Ayoook..... Boz anang jadi instrukturnya Yo?
@ jalooe: Kontes apaan?
@ Rajawali: Cuman sharing pengalaman pribadi ndan.

Anonymous said...

informasi lagi nih, mantab bos

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post