Search This Blog

Belajar SEO Untuk Pemula

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Belajar SEO Untuk Pemula ...

Updates tanggal 16 Juli 2009: Dengan berat hati saya sampaikan, posting ini (bahkan blog ini) saya tulis bukan untuk mengikuti kontes SEO manapun, melainkan sebagai catatan dan pengingat saya. Jika ternyata bermanfat untuk anda.... itu hanya kebetulan. Dan karena seringnya post ini di spam, maka komentar saya tutup. Silahkan gunakan form email me untuk komunikasi dengan saya tentang post ini

SEO Atau search engine optimization, seakan menjadi hal wajib yang harus di kerjakan oleh setiap blogger yang ingin cepat populer. Benarkah opini ini? Lalu bagaimana seorang pemula yang baru saja memulai ngeblog di blog gratisan harus meng-optimization search engine bagi blognya?

SEO adalah sebuah ilmu yang nggak di ajarkan dibangku sekolah menengah atas. Bahkan SEO lebih terkesan sebagai ilmu berdasar experiment. Tidak ada panduan resminya. Jadi, meskipun seorang pemula sekalipun dapat belajar SEO dari trial dan error pada blognya sendiri atau membaca refferensi pada blog2 yang membahas cara2 Belajar SEO untuk pemula.

Anda dapat menggunakan rujukan berbagai blog dengan bantuan search engine seperti google maupun yahoo, untuk mendapatkan informasi blog mana saja yang memberikan panduan cara belajar SEO untuk pemula. Nah... jika tanpa sengaja anda membuka halaman ini, saya hanya bisa menyampaikan bahwa cara belajar SEO untuk pemula, tidak lebih dari membuat sebuah blog agar lebih diakrabi oleh serch engine. Caranya?

1. Bikinlah judul blog anda sesuai dengan tema blog anda. Jadi jika anda akan membuat sebuah blog dengan materi Search engine optimization, Nggak ada salahn ya blog anda di beri title "Belajar SEO untuk Pemula".

2. Cara belajar seo untuk pemula yang paling mudah adalah men-Submit URL blog anda pada berbagai search engine. Seperti google atau yahoo. Untuk mensubmit url blog anda ke google, anda bisa gunakan link ini. Dan untuk mensubmit url blog anda ke yahoo silahkan ikuti link ini

3. Cara belajar seo lebih lanjut adalah membuat meta tag title dan diskripsi. Panduannya dapat anda lihat pada meta tag title blog dan pengaruhnya.

4. Jangan lupa, bahwa proses belajar seo bagi seorang pemula adalah perlunya membuat judul post yang mudah terbaca oleh serch engine. Panduannya dapat anda baca pada artikel cara membuat judul post yang seo friendly

5. Cara belajar seo untuk pemula yang akan membuat blog kita makin akrab dengan search engine, adalah menentukan dan membuat judul postingan dengan kata kunci yang kita kejar. Anda bisa membaca panduannya pada artikel membuat kata kuci dalam permalink

Sedikit tulisan ini semoga dapat membantu kawan2 pemula yang sedang belajar SEO untuk blognya. Harapan saya.... saya masih diberi kesempatan dan kemampuan untuk menuliskan cara belajar SEO untuk pemula bag 2 pada post mendatang.

Tulisan ini bersifat bebas untuk di republish untuk tujuan Non komersil. Dan saya sangat menghargai jika anda berkenan menyebutkan sumber tulisan dengan memberikan link ke "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor texts "sawasanganam.com"

32 Respon Pembaca:

Cebong Ipiet said...

weeee sudah sembuh kotak komennya
iya pak dhe sedang belajar ni
hehehe tau sendiri tho blog ku SEO nya nol puthul
*bahkan meta aja aku ndak ngerti*
suwun itu link nya soalnya hehehe males ngubrak ngabrik arsip xixixiix
aaah sudah pagi bobo dulu

Anonymous said...

Mau Pertamax..eh,ternyata keduluan sama si Cebong,hehehehe...
Sekarang baru mulai tertarik nih Om belajar soal SEO....Dipikir-pikir mungkin asik juga nih ngotak-ngaatik SEO.Soal SEO,salah satu rujukannya ya blog si Om ini..Makasih Om! :D

Anonymous said...

hihihi om, saya juga mulai tertarik dengan seo setelah membaca di blog ini mantabb om dan share ilmunya terus yah ommm :)

Imnoval said...

bang yang tipsnya nomor satu itu mantap dan selama ini saya gunakan itu :D

Anonymous said...

Boleh ikut nimbrung yah om? Tambahan khusus untuk blogspot, harus lebih jeli di area permalink, dikarenakan permalink yang di set blogger sangat terbatas, sehingga tidak semua kata yang tertera di dalam judul masuk ke permalink, jadi sebaiknya saat membuat judul pastikan keyword yang ingin di optimalkan berada pada barisan depan agar muncul juga di permalink. Dan makasih tuk tipsnya.

Anonymous said...

wah saya harus banyak belajar sama mas :)

Anonymous said...

Postingan bergizi tinggi yang juga sambil ikutan kontes ya mas :)

SEO itu emang bikin penasaran.. makanya eksperimen terus sampe puas n bisa istirahat sejenak. Kalo kelamaan nanti disalip halaman/blog lain soalnya :)

OrangNdut said...

Kalau saya sudah membuktikan keampuhan tips no.2 dan BW alias Blog Walking. Jujur saja Pak, saya masih rada-rada bingung soal SEO. Ikutan Busby SEO Test itu aja modalnya nekat doank...hehehe.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Cebong Ipiet: Iya mbak... Syukurlah. Soal SEO, nggak usah terlalu di pikirin, Malah bikin ancur blog mbak. Mending kayak gitu aja. Wong traffic udah tinggi gitu lho.
@ Nenad Mohamed: SEO itu melelahkan dan menjengkelkan lho om.
@ andi sukri: Jangan salah pilih guide boz... saya bukan orang yang tepat. Saya hanyalah seorang tukang sapu radio yang nggak tahu tentang dunia maya. Soal tulisan ini, hanya pengalaman saya aa kok.
@ pencuri kode™: Yes... semga bisa konsis.
@ Abi Bakar: Kates dimakan tokek, yes is correct.
@ harianku: Yuk sama2 belajar.
@ ipung: Nggak tega cuman dor dor keyword boz, ya... sharing lah yang di utama-in. Soal kontes, no sekian2 lah.
@ OrangNdut: He.. he.. he... Sama kok. Saya malah hanya (sedikit) tahu blogspot aja kok. Itupun dari baca2 refferensi para senior.

Anonymous said...

wah...ternyata blog ku banyak yang menyimpang,:( judul blog aja gak sesuai ama isinya.. :D

tengkyu mas sawa tips nya... :)

Anonymous said...

widget search engine buat Blogger

Google search engine:

<form action="http://www.google.com/search" method="get">
<input name="q" size="17" type="text">
<input value="Cari" type="submit">
</form>

Yahoo search engine:

<form action="http://search.yahoo.com/search" method="get">
<input name="q" size="17" type="text">
<input value="Cari" type="submit">
</form>

Blogger search engine:

<form id="searchthis" action="/search" style="display:inline;" method="get">
<input id="search-box" name="q" size="25" type="text">
<input id="search-btn" value="Search" type="submit">
</form>

Anang said...

aku perlu belajar banyak ni kalo seo seo an

Anonymous said...

wah kayaknya lagi ramai - ramainya nih bahas seo he..he..he

Anonymous said...

Wah ini bermanfaat bagi aku yang sedang latihan meski gagal, siapa tahu nanti bisa sehat lagi, Thanks bos

sawa (tukang sapu radio) said...

@ ugiQ: Bisa di akalin pake meta tag title kok om, Coba dech.
@ 88th: Wah apaan nich? Thang share nya boz.
@ Arikaka.com: Maaf comment anda saya hapus. Url profil anda tanpa http://
@ Anang: Sama2 belajar om. btw, rasanya blog biru udah ngetop abis tuh.
@ reza: Ngikutin arus dan perkembangan kok mas.
@ albri: Jangan cari kemenangan bung, kemenangan itu muncul setelah kita menemukan yang kita cari. Tul pak?

Anonymous said...

senengnya, bisa nambah wawasan tentang SEO disini

Anonymous said...

makasih sharingnya mas :D . mantep bener belajar seo untuk pemula nya

Anonymous said...

SEO? ribet ga sih mas? saya malah ga pernah bisa ngebahas seo, yang penting bagi saya adlah original kontent, hasilnya ya cukup lumayan, tapi saya juga make kek yang disebutin di atas maslah title :D

Anonymous said...

tipsnya jitu abis bang, ditunggu neh tips selanjutnya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ adinata: Sama2 bro, saya malah yang harus banyak belajar. Masih sangat nyubie bro.
@ bocah: He.. he.. he... lum apa2 dibanding jurus saktinya si bocah.
@ therunk: SEO tidaklah ribet. Yang ada SEO itu melelahkan dan menjengkelkan. Artinya, jika anda sudah yakin dengan kondisi blog anda, saran saya... jangan menyentuh SEO, karena hanya akan membuat capek saja.
@ Paman Gober: He... he... he... Gimana kabar VCC nya lancar bro?

Anonymous said...

tipsnya mantep2, harus dicoba neh.
aku baru belajar SEO

Anonymous said...

intricate lace our brotherhood

Anonymous said...

Wow tambah keren blog sampean kang, saya senang gairah sampean dalam menulis. Salut semoga SEO sampean tambah mantep.com salam sukses dan Merdeka.

sumintar.com

ireng_ajah said...

ireng_ajah numpang baca ilmunya ajah..

IHSAN said...

MANTAP Bos

dapat posisi 1

azarre said...

wahhh...saya malah blum berani nihh mau ikutan... gak pe-de...hehhee.... bwt yang ikut kontest saya ucapin met berjuang secara fair aja dechh...

Belly said...

Artikel yang sangat membangun pak. Kayaknya aku harus lebih banyak lagi membaca artikel mengenai SEO nich. Dari dulu nggak ngerti - ngerti. Hik..hik..

new bie oon said...

saya ikut mendukung boss, walopun saya ikut kontes ini, tapi sepetinya jauh dari harapan.. hehehe.. ( jangan bilang saya pesimis ya).. hikz..

catur ariadie said...

wah semoga sukses dengan lombanya yah mas...

salam kenal

akupasrah.com said...

ikutan juga
mampir yach di akupasrah.com/belajar-seo-para-pemula/

Belajar Seo Para Pemula said...

wah mantap masuk lima besar.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Belajar Seo Para Pemula and All commentator: Mohon maaf... maksudnya apaan ya? Kontes Belajar SEO para Pemula? Saya bukan peserta kontes seo manapaun. Coba cek tanggal posting saya, atau minimal komentar pertama pada post ini..... dan tanggal pembukaan kontes belajar seo para pemula. Maaf jika jawaban saya mengecewakan

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post