Search This Blog

Optimasi Blogs

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Optimasi Blogs ...

Seperti Tulisan saya kemarin tentang Saatnya Optimasi Blog, Akirnya mau nggak mau ada beberapa widged dan servis di Blog ini yang harus saya delete. Mungkin ada diantara anda yang terkejut melihat fitur Tampilkan daftar isi, Sudah nggak ada lagi. Fitur Read more / Expans berubah. Jika kemarin (sebelum tanggal 7 Juli 2008) blog ini menerapkan fitur readmore dengan fasilitas Javascript (yang jika anda klik Expans atau readmore) maka nggak perlu nunggu loading page, maka mulai hari ini; blog ini menggunakan fitur readmore versi classic. Yang artinya, anda harus menunggu beberapa saat untuk Reload page.

Hal ini saya lakukan setelah melukukan trial error, ternyata asumsi saya (bahwa fasilitas readmore javascript, hanya menyembunyikan karakter yang berada diantara kode <span id='fullpost'> dan </span>) adalah benar adanya. Soale, setelah saya matikan fitur tersebut, berat blog saya turun dari 100,8Kb menjadi 78,8Kb. (20Kb lebih cing).

Saya juga menghapus Fitur penampilan daftar isi blog ini. Fitur daftar isi blog ini terintegrasi dengan template minima yang saya pake. Hal ini saya lakukan untuk memperkecil Size blog ini. Atau ada yang tahu solusinya menggunakan fitur menampilkan daftar isi blog tetapi tidak menambah berat blog? Jika hanya bertambah +/- 5Kb, nggak masalah.

Saya juga menghapus beberapa widget yang saya rasa memberatkan blog ini. Yah... Namanya juga optimasi on page, ya perlu memilih mana yang perlu dan yang nggak. Akirnya..... jadilah tampilan blog ini seperti ini. (kasian kan bagi pengguna dial-Up Connection)

Saya mencoba menerapkan yang disampein oleh bang medhy di www.blogguebo.com yang mengatakan:

Dalam kacamata search engine optimization (selanjutnya ditulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.

Terakir, dengan berat hati... Entrecard juga harus dicabut juga dari blog ini. Hal ini dikarenakan entrecard udah ngeluarin maklumat, bahwa entecard hanya melayani member dengan blog yang berbasis bahasa inggris. jadi ya... dari pada dianggap "mbandel" dengan tetep maksain diri, mending saya mundur teratur.

Finally, setelah beberapa "pemberat" Blog ini saya "erased" semoga makin lancar aja load page blog ini.

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda.

7 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Aku juga meti ngecek neh, apa ada yang perlu tak erase di blog saya, kali aja ikannya eh iklannya kebanyakan yah, hmmm.... makasih ommm pencerahannya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ andi sukri: sama2 om, saat sy publish artikel ini, daftar isi yg sy pakek gunain javascripts dg tampilan yg 'wah'. sayangnya berat blog sy jadi over weight.

Anonymous said...

Wah sayang boz... kita pake wordpress dot com. Ada panduannya nggak? Bisa mohon pencerahan untuk WP?

tips belajar seo blog tutorial said...

otimasi itu penting banget untuk meningkatkan kwalitas.. blog anda informatif manget

wptemplate said...

Tutorial optimasi blog dari anda ini untuk platform blogger aja ya ndan? Kalaudi WP pengaruh juga pa g?

passnet said...

tutorial yang sip BGT. denagn semakin cepat louding blog, embuat pengunjung semakin di manja.

komputer bekas said...

thx pencerahannya. salam kenal

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment