Search This Blog

Plus Minus Blog Dofollow

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Plus Minus Blog Dofollow ...

Trafic Blog (apalagi yang udah Dofollow) anda masih rendah (seperti saya)? Bingung cari cara untuk menaikkan Traffic? sama (saya juga). Sudah berapa lama blog anda terindeks oleh Mesin pencari? Jika Blog atau situs anda terindek oleh mesin pencari tidak lebih dari 2 x 90 hari, nggak usah bingung. Tapi kalo blog atau situs anda sudah terindeks oleh mesin pencari lebih dari 6 bulan, tetapi trafic masih tetap rendah....... baru boleh mikir What Happen on my site's.

Coba baca Tutorial mbahnya Blog-tutorial dalam artikelnya berjudultips seo search engine iptimation. Btw banyak cara yang disampein pakar SEO untuk menaikkan traffic blog kita. Kadang kita yang bingung mengikutinya. Yang mana yang benar. Rasanya semua pendapat para pakar adalah benar (minimal menurut mereka).

Mau bukti? Coba baca Artikel tentang Optimasi Blog dan Seo versi Pakar monetize Blog asal Surabaya dalam kunci seo 2008 content. Tetapi pada dasarnya teori menaikkan traffic udah dibahas habis di Blogger Help Center. Hanya Kita saja yang agak males ngebacanya. Gimana mau baca? "Lha wong bahasanya saja kita nggak mudeng?" jawaban itu yang sering saya dapati (termasuk saya juga kok).

Ya maklum mas.... Namanya Juga Belajar blogging, kan perlu tambahan tips blog.

Seperti Postingan saya kemarin tentang Exchange Link, salah satu cara untuk menaikkan traffic adalah membuat baclink. Dan salah satu cara membuat baclink adalah exchange Link (saling bertukar Link) dan salah satu cara membuat Exchange link adalah memberikan komentar pada Blog atau situs lain (tentunya blog yang satu niche / mempunyai pokok bahasan yang sama dengan blog kita).

Nah pertanyaannya sekarang, seberapa hebat pengaruh berkomentar di blog lain? Benarkah akan menaikkan traffic kita. Sejujurnya saya sendiri nggak tahu pasti Jawaban dari pertanyaan ini. Yang saya tahu.... Jika saya habis berkomentar di blog Orang lain (yang udah Dofollow Comment), kemudian saya Search di google dengan kata kunci nama saya (nama yang saya pake untuk berkomentar) maka hasil pencariannya ada nama saya disitu. Artinya; saya mempunyai peluang untuk mendapatkan pengunjung dari jejak yang saya tinggalkan pada Blog (Ingat; yang DoFollow) yang saya komentari.

Jika anda pingin bukti... silahkan tinggalkan komentar anda di blog ini, kemudian lakukan pencarian dengan kata kunci nama anda (usahakan nama yang Unik), dan hasil nya...... Nama anda ada di hasil pencarian , kan? Nah menurut sejumlah pakar SEO, keuntungan yang didapatkan dari berkomentar di Blog lain adalah kita mendapat Backlink secara otomatis dari blog yang kita komentari (ingat; blog yang Do Follow Comment).

lalu gimana cara mengetahui blog yang akan kita komentari tersebut Dofollow atau Nofollow? Caranya sangat mudah. Cobalah anda masuk ke-salah satu blog yang udah banyak komentarnya. Klik kanan pada salah satu komentator. Lalu Klik properti. Na.....h ketahuan kan? Kalo pemilik blog tadi memberikan Link Love (baca Backlink) ke kita? Jika pada tab Properti Link tadi ada kata-kata Nofollow, artinya pemilik blog nggak bakalan ngasih link Love ke kita selaku komentator ke blog dia.

Pertanyaan selanjutnya.. Apa sih Plus minus bagi pemilik blog yang dikomentari? Apakah tidak mengancam pagerank-nya (bagi blog yang udah ber PR tinggi)? kalo kita buka Do Follow, bukankah itu akan membuka jalan spam ke komentar blog kita?

Jawaban pertanyaan pertama; Plus minus dofollow Comment; Keuntungan bagi pemilik blog yang dikomentari, secara crusial nggak ada. Hanya akan mendapat simpati dari pengunjung blog. Artinya komentator merasa dimanusiakan oleh manusia. Paham maksud saya? Pada akirnya pengunjung akan kembali ke Blog anda untuk sekedar melihat komentarnya anda balas. kelemahanya, Pemilik Blog hanya akan mendapat kenalan baru. Eh tapi perlu diingat lho...... siapa tahu salah satu teman dari komentator diblog kita setelah ngliat temannya comment disitu, akan ikutan juga berkomentar. kan Nambah lagi pengunjung.... Kan?

Jawaban pertanyaan kedua; tentang ancaman Pagerank, pada dasarnya nggak ada ultimatum apapun tentang Pagerank (ini berlaku bagi anda yang rajin Update Blog anda dengan Content/Postingan yang Orisinil hasil pemikiran sendiri). Toh pagerank dilakukan oleh mesin. Tetapi bagi anda yang jarang Update sementara PR anda sudah tinggi, saya yakin anda lebih tahu bagaimana solusinya. Ya... Benar. Comment Nofollow adalah jawabannya. Karena dengan Men-Dofollow Comment, anda hanya akan memberikan jalan komentator blog anda untuk menanjak Traffic-nya. Nah... Kan? Mendofollow Comment bisa mengancam kredibilitas blog kita? Penilaian terserah kepada anda.

Jawaban dari pertanyaan ketiga; tentang comment spam. Spam atau sampah, sering menjengkelkan. Karena pada dasarnya comment spam hanya bermaksud memanfaatkan Link Love dari blog anda. Saya yakin, anda pasti udah memahami comment yang bagaimana yang tergolong spam (sampah). Ya..... Comment yang hanya say hello, nice blog, dll. Jika ini yang menjadi kekawatiran kita, Aktifkan saja fitur Moderasi Komentar di blog Anda. Artinya, hanya komentar - komentar yang mendapat "Restu" anda saja yang akan muncul di kolom komentar blog anda. Tetapi jika anda berfikir "ah. nambahin kerjaan saja" saran saya matikan saja fitur komentar diblog anda. Yang terakir, Seberapa kuat pengaruh dofollow comment dimata mesin pencari? Wah....... ini perlu penelaahan lebih jauh om, perlu kursus dulu untuk ngejawab pertanyaan ini.

Sebenarnya Apapun bentuk Link (inLink/internLink atau OutLink/enternLink) akan membari manfaat kepada pemilik blog. Tetapi yang paling bermanfaat adalah Link di Header Blog, Kemudian pada main bar (halaman Posting), disusul Footer Posting, disusul Sidebar dan paling buncit link pada Footer bar. Kenapa begitu? karena peng-Index-an oleh mesin pencari dilakukan dengan mendeteksi karakter pada Header, baru disusul main bar (halaman Postingan) dan selanjutnya - dan selanjutnya.

Nah mau dapet Refferensi lebih jauh? Baca keterangan panjang lebar dari Pendekar Tutorial tips seo search engine optimization.Nah.... Udah bisa diambil kesimpulan? Bagi anda yang motivasi ngeblognya untuk sharing, saya yakin anda akan meng-aktifkan fitur do follow ini. Tetapi Bagi anda yang mempunyai motivasi lain, saya nggak berani berkomentar apa-apa. Toh itu adalah hak anda, dalam mengelola rumah tangga anda.

Oh iya pada Default sistem blog (blogspot ataupun wordpress) semua adalah Nofollow. Anda tertarik untuk merubah status NoFollow menjadi Do follow? Baca Ulasan Pak Hakim yang suka nge-teh (Hakimtea) dalam artikelnya u comment i follow backlink dan pagerank.

Senang rasanya jika anda berkenan mempublikasikan ulang tulisan ini (untuk Tujuan Non Komersil), dengan mencantumkan Outority penulis: Sawasanganam.blogspot.com

Bagaimana menurut Anda? Silahkan berbagi komentar jika Anda memiliki pengalaman, sesederhana apapun, di seputar blogging, optimasi blog ataupun tentang pemancar fm. Saya tunggu komentar Anda. Optimasi Blog

40 Respon Pembaca:

Anonymous said...

hehehehehe aku aja ga tau mas namanya dofollow maap masih baru niih.

sawa (tukang sapu radio) said...

Mochal,Baru yah, baru ngeblognya apa baru didunia maya? perasaan banyak tuh yang baru-baru (saya juga KOk)

Anonymous said...

wah info bagus...nih...sy malah baru tau dari sini istilah dofollow...thanks

sawa (tukang sapu radio) said...

@Om-Boim Lebom: Sama-sama, pembahasan seperti tentang dofollow banyak anda temui, mungkin gaya penyampaian saja yang beda. Udah langganan artikel dari sawasanganam.blogspot.com belum?

Anonymous said...

Makasih infonya Mas...
jadi makin paham tp kayaknya blog sy masih status "nofollow".
Salam kenal

by Oentoe_09

sawa (tukang sapu radio) said...

@ oentoe_09 : Wah... akirnya dikunjungi juga sama mbahnya blogger dari kendari. Makasih aja dech atas kunjungannya.

Anonymous said...

hoho, bagus artikelnya. Saya dulu juga ragu apakah mau bikin blog saya dofollow ato gak, tp akhirnya mantep aja. hehe..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Enggar: memberikan link love kan nggak ada ruginya. toh kalo blog peninggal jejak (baca blog milik komentator) di-index SE; gara2 baclink, blog kita keindex juga deh.

Anonymous said...

Aku baru tau manfaat dari follow dan no follow jujur aku g terlalu memperhatikan tentang hal itu, dengan membaca artikel di atas baru tau, aku baru mau bagaimana membuat blog saya do follow. makasih mas

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Andy Sukry: Terima kasih, saya juga baru tahu kok. Happy blogging aja dech

Anonymous said...

gak apa2 lah, itung2 reward buat yang udah kasih komentar

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Tejo: Saya Sependapat dengan bung Tejo, untuk memberikan reward kepada anda yang udah bersusah payah menulis dan meninggalkan komen di blog ini

Anonymous said...

sebenernya bener gak seh dofollow itu ngaruh buar naekin pagerank, blog e-kehamilan punyaku gak naek2 bos page ranknya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Aroon: Dofollow comment nggak terlalu ngaruh sama PR, krn Dofollow hanya memberikan Backlink ke pemberi komment. Jadi dofollow berpengaruh terhadap traffic

Anonymous said...

Hmm..jadi mikir dua kali mo ikutan kampanye Blog Do follow :)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Qisthon: pilihan terserah kita sebagai admin blog. o ya bung? ragu: mengkampanyekan blog dofollow atau mendofollow blog untuk kampanye (baca: promosi)?

Anonymous said...

baru 1 bulan yang lalu komen di blog saya rubah jd nofollow, setelah sebelumnya digebu googlw mas PRnya jadi tinggal 1

Anonymous said...

No or Do,..bagi saya masih bingung

Rozzy said...

Wah... musti nyari blog dengan dofollow dong, biar pagerank kita cepet terisis.

Rozzy said...

Hmm... Kayaknya gua mo pindah juga ah ke dofollow.

Anonymous said...

ok deh blog pemiluku juga dijadiin dofollow aja mendingan buat naekin commentnya user

Anonymous said...

thanks ya mas atas artikelnya...saya mampir kesini dari googling lho :)

Anonymous said...

Cool tutorial mas... bravo blogger indonesia

Anonymous said...

Do follow blog is very hard to find , and do follow blog commenting gives u a backlink

Anonymous said...

hemm..jadi tahu nih apa itu dofollow N nofollow..
maksih om infonya...:)

Anonymous said...

Hmm...membahas dofollow dan nofollow comment pada blog ya...btw agar lebih gampang cek rel nya nofollow atau dofollow bisa pake nodofollow plugin si rubah, sekalian numpang cari backlink ya,,disini do follow kan hehe...

Anonymous said...

Do Follow (you comment i follow atau enaknya diganti aja i suppor do follow?)

iis said...

habis ini blogku tak dofollowin.biar banyak yang berkunjung. thanks mas infona

rendah kalori said...

trimakasih ya buat artikelnya.. saya juga pendukung dofollow

buJaNG said...

Makasih ilmunya... Saya jadi sedikit lebih paham tentang blog dofollow...

furniture indonesia said...

thanks ya infonya

Mbah Ngepot said...

trimakasih uraiannya.. saya jadi makin mantab ber-dofollow-ria

iman hartani said...

wah tapi saya ttp bingung, lbh enak do follow atau no follow ya??

IHSAN said...

punya saya dofollow nih

jadi berhati2 dong Om

punya Om juga dofollow kan?

japraxxx said...

oke bang artikelnya.....laksanakan.. :D

Pandu said...

hmm... memang benar pernyataan tersbut ada negatif dan postifnya, kalo saya sendiri memakai do follow karena blog saya masih baru dan membutuhkan banyak komentar untuk menaikan page rank... tapi tentu saya pun menaikan kualitas tulisan saya...thx

http://carbuss.blogspot.com/ said...

Huaaaaah.....terlalu cepet ilmunya, ataukah aku yang terlalu lambat

Agen Xamthone Plus Jakarta said...

Permisi,, izin nimak ya di postingannya..

pembesar penis said...

memberi adalah hal utama dari kepuasan

jangan lupa kunjungi juga ya........?

Awei Juw said...

Kalau begitu sepertinya blog saya harus dirubah nih jadi dofollow. Terima kasih infonya

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment