Search This Blog

kehabisan bahan untuk Nulis; Kok bisa?

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan kehabisan bahan untuk Nulis; Kok bisa? ...

Menulis dan menulis itulah aktifitas saya saat blogging. karena hanya itulah cara saya berkomunikasi dengan pengunjung blog saya ini. Eit....itu salah besar coy, nggak semua isi otak dan hati harus disampaikan dengan kata-kata dan di tuliskan dalam bentuk huruf. Ungkapan perasaan sih cocoknya diungkapin pake gambar bergerak (video) sedangkan penjelasan atawa deskripsi cocoknya di ungkapin pake tulisan.

Lho kok nglantur... Balik ke tema; "kehabisan bahan untuk Nulis; Kok bisa?"

apakah anda pernah merasakan seperti tema saya hari ini? Jika jawaban anda iya.. sama dengan saya sekarang. Tahukah anda penyebab kenapa kita bisa (merasa) kehabisan bahan untuk dituangkan ke Blog? Saya berharap anda menjawabnya "Tahu". Soalnya saya nggak tahu pasti kenapa kok tiba-tiba saya kehabisan bahan untuk nulis. (kalo situ anda tahu kan ane bisa nanya gitu...)

Penyebab paling utama: (ini menurut perasaan saya lho...)

1. terlalu banyak ide yang tidak segera realisasikan. Biasanya saat saya blogwalking dan membaca artikel kawan2 dan mungkin juga artikel anda yang huesbat-huesbat ini, saya merasa mendapat inspirasi baru dan terfikir "ah ntar nulis yang ini lah.." Tapi yang diotak saya hanya "ntar... ntar.." karena saya terlalu asik ngebacain artikel anda tadi.

Solusi... Segera tuliskan ide anda, meskipun tengah membaca artikel yang kita cari. Tulis garis besar dari tema-nya saja untuk menghemat waktu.

2. Koneksi Internet yang lelet. Maaf yang kedua ini bukannya nyari kambing hitam untuk ke-malas-an saya dalam menulis. Tapi apa yang akan kita lakukan, saat ide muncul? mencari refferensi tulisan kita. Benar artinya kita perlu buka blog sana, buka situs sini untuk melengkapi ide kita. Nah kalo pas nyari-nyari refferensi tiba2 koneksi kita mak-cet, yang muncul justru dongkol. Lupa deh nglanjutin tulisan.

Solusi... bikin draft tulisan terlebih dahulu. Artinya semua tautan yang diperlukan udah kita save terlebih dahulu. Saya justru sering mengawali nulis awal pekan... tapi publishnya justru akir pekan. Ya itu... gara-garanya.

3. Menulis tema yang nggak kita sukai. aneh ya? Kok bisa sih nulis tema yang nggak kita sukai (uninterested). Karena menjaga imej (jaim) blog kita yang udah identik dengan tutorial (misalnya) maka kita paksain nulis tutorial terus.. tutorial terus.. Akirnya ada kejenuhan. Pingin nulis yang lain, tapi takut nggak nyambung dengan niche blog kita.

Solusi.. bikin blog lagi (selain blog utama kita). Lebih efektif nggak satu domain dengan blog utama kita. Itung-itung bisa dijadiin Dummy blog untuk mem-backling blog utama kita.

4. Merasa materi yang akan kita tulis sudah pernah dibahas blogger lain. Jujur dech.. yang saya tulis inipun udah dibahas blogger - blogger yang lain. Puluhan blog, atau mungkin ratusan blog yang ngebahas tentang: "kehabisan bahan untuk Nulis" dan solusinya.

Solusi.. Tulislah dengan gaya bahasa kita sendiri. Gunakan tulisan sejenis sebagai refferensi kalo perlu kasih link ke artikel sejenis. Sebagian blogger ada yang menganggap sikap seperti ini (tetap) disebut Plagiator (ide; kali ya?).

5. Kehilangan semangat ngeblog. Jenuh... hari - hari (bagi blogger full time) atau tiap lihat blog kita belum ter-Update merasa punya beban. Akirnya semangat bloggingnya menurun.

Solusi.. Lakukan Blogwalking (kunjungi blog tetangga) untuk merespon tulisan kawan yang lain. Bagaimanapun juga; Support blogger yang lain akan membangkitkan semangat Blogging kita. Di sinilah fungsi sebuah komunitas.

6. Patah semangat gara-gara PR anjlog atau alexarank turun. Wajar kan... kalo kita udah semaksimal mungkin genjot traffic, men-SEO kan blog, e... nggak tahunya malah Pagerank anjlog. Alexarank nggak ningkat-ningkat.

Solusi.. Santai aja... lagi! Back to our motivation on blog. Kembali ke awal motiv ngeblog kita.

Saya yakin masih banyak lagi cara untuk meminimalisir perasaan kehabisan bahan untuk nulis, Yang lebih paten dari yang saya tulis disni. Jadi ngak ada salahnya anda share di-sini.

O.. iya.. artikel ini bebas di re-publish kok, dan saya sangat menghargai dengan men-cantumkan tautan ke; "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor text sawasanganam.com

18 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Betul yakin, saya sendiri 1. terlalu banyak ide yang tidak segera realisasikan. untuk posting terjadwal aja udah ada sekitar 10 artikel. Udah gitu masih gilaaaa aja nglakuin riset-riset nggak bermutu Solusinya bisa dicoba tuh

Subagya said...

hmmm... mungkin buat personal blog enak kali yak soalnya idenya bisa dari keseharian tapi kalau dah menyakut tutorial blog weeeks susahnya minta ampun cari inspirasi wekekekekeke.. 1 minggu dah posting rasanya senang banget...

Anonymous said...

Siip. prinsipnya saya sepakat, tapi ya itu masih kebentur sama point ke-2, sungguh bikin kuesel. tapi mantabs mas tipsnya :D salam kenal ;)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Paank Fachrezi: Yup.. artinya kita senasib. Mungkin aja nggak sepenanggunangan (kali ya?)

@ Subagya: he.. he.. rajin-rajinlah blogwalking cari inspirasi atawa nerjemahin tutorial berbahasa asing. Sependapat?

@ Sigit: ya kalo gitu, Nasib nggak jauh beda. Sayangnya nasib udah ikutr mertuanya... wk.. wk..wk...

Anonymous said...

Apalagi aku baru kmaren sore blajar ngeblog,...
Huh,...rasanya sudah mulai bosan,....
Apalagi u/ 1 buah postingan....

Anonymous said...

Itulah sebabnya saya menghindari bikin blog yg temanya spesifik kayak blog tutorial itu misalnya. Sebab mau nutoriali apa? Wong bukan pakar. Lebih enak personal blog yang topiknya gado2. Segala macam rasa ada disitu.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Indungg: Sama, asaya juga baru beberapa bulan ini kok ndungg.
@ Johan: Ada benarnya Bung Johan, yang gado2 pun banyak juga yang suka. Intinya bikin tulisan yang bermanfaat.

Anonymous said...

waaaah ada yang senasib dengan saya nih pda point ke 2 heu heu heu, koneksi leleter, tapi semangat mas, berkreasi harus tetep jalan walaupun terseok seok heu heu heu

Anonymous said...

sebelom PR turun makanya bikin Inbnd link yang permalnk om... biar kalo anjlok bisa UP lagi... he..he... kalo abis bahan... ya beli bahan pakaian ajah? he..he.. gak nyambung ya...wekekek

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Andi Sukri: Bikin survei aja ndi... Nama iSP + average speed koneksi masing2 blogger (kondisi real user). Dial Up via GPRS ane max 5,6kb. rata-rata; 1,7 kb. Bayangin berapa lama ane load page yang sizenya sampe 150kb. lebih 2 menit coy...

Vimus said...

klo menurutku, makin sering orang itu ngeblog harusnya malah makin rajin nulis..CMIIW

Cebong Ipiet said...

modal GPRS, lelet njaya.inc pokoke, tpi tetep nge blog jln terus, ketik di draft bgtu lancar tinggal publish
yg plagiat itu, semisal lgi musim ramadhan pada post ttg ramadhan smw, tentunya g bs di sebut plagiat, namanya jg theme, nyang penting gaya bahasa orisinil. thx

Anonymous said...

solusinya berarti tetap semangat selalu mau hujan mau panas mau dingin g ada istri cuma sendiri tetap ada blog yang menemani
byme salam kenal yao

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Masenchipz: Thank share-nya mas.. Nah tuh di kasih solusi ama om enchipz. Eh inbound link yang permalink yang gimana ya?
@hrx: harusnya memeng begitu om.. Soale kehabisan bahan nulia aja jadi bahan tulisan kok ya? Siip.
@ Cebong Ipiet: he.. he.. senasib kita yah.. keep blogging man... Sependapat om... Soale kan itu juga orisinil tulisan kita. Meski idenya sama-sama.
byme: Kenal balik... next maybe i'll see you. Koneksi lagi ngedrop brur.

Anonymous said...

AGREEEEEEEEEEEEEEE

aku koneksi inet lemot jg masuk kok kak.Soalnya gimana ga kesel kalau buka blog sendiri aja lemooooooooooots

mau blogwalking susah.Ini aja mumpunmg di kantor murid2 lg pada ujian,aku bs blogwalking. kalau kaga sih susah mau kunjungin 1 blog ajaT_T

ahahaha yg patah semangat nice solution. 1 blogku saatini lg kena gampar Googlesearch,.Di buang dg sukses dr page 1.Ahaha gatau knapa. Hilang sudah trafficnya.huhuh back to basic lg

Anonymous said...

Bahan sbnrnya banyak, browsing kesana kemari, asal jgn COPAS aja, dimodif dikit kek, tar klo COPAS di bleklis ma mas gugel kapok .
Koneksi internet skrg emang sering lemot, pa krn bnyk blogger2 pada lembur kalee ya..

tips belajar seo blog tutorial said...

toko sebelah banyak yang jualan bahan kok om :)

Dapat Duit Tanpa Modal said...

sempat berpikir seperti inijuga saya,hehehe
jadi lama gak posting dahh
makasih banyak tipsnya

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment