Search This Blog

Custom domain; berarti blog baru; perjuangan baru

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Custom domain; berarti blog baru; perjuangan baru ...

Custom domain sering kali menjadi sesuatu yang sangat spesial. apalagi kalo mau meng-custom dari subdomain gratisan ke top level domain (dot com, dot net, dot web dot id de el el). Tetapi bagi sebagian orang ada yang lebih berpihak tetap menggunakan subdomain. Apalagi gratis. Toh pada kenyataannya, subdomain gratis tetap bisa exist dan merebut PR / traffic yang spektakuler.

Sebagian ada yang berfikir lebih keren dan lebih terkesan "wah" jika kita pake domain kita sendiri. Tapi jangan salah! Apa-pun sebuah benefit atau keuntungan, pasti akan seimbang dengan "harga" (baca harga dalam tanda kutip) yang harus di beli. Yang saya maksudkan bukan harga sewa sebuah domain.

Saya beranjak dari pengalaman blog ini. Yang pada awalnya saya publish pada subdomain blogspot, pertengahan april 2008 (sawasanganam.blogspot.com).

Karena saya outodidak ber-blogging, akirnya ada niatan untuk custom domain. Akirnya saya mencoba sebuah domain top level gratisan (maaf) dot co dot cc, pada pertengahan agustus 2008. Dengan merujuk artikel om syahuri dalam artikelnya Custom Domain | URL Forwarding dari Co.Cc .

Sayangnya domain dot co dot cc saya ini hanya bertahan 1 bulan. Pasalnya; dengan domain gratisan ini, saya merasa banyak kekurangannya (sebenarnya udah pernah saya bahas di Resiko domain dot co dot cc). Diantaranya:

1. Trafic versi alexa yang dimiliki blog ini, ternyata adalah traffic (maaf) dot co dot cc, bukan traffic asli blog ini.

2. Domain dot co dot cc dianggap domain spam oleh salah satu program pay per clik lokal indon (Kliksaya.com). Yang artinya selama pake domain tersebut, URL blog ini nggak bisa jadi member Kliksaya.

3. harus me redirect dari www.namadomain.co.cc ke namadomain.co.cc atau sebaliknya, agar jika kita lupa menuliskan www pada addres bar browser, agar yang terbuka oleh browser bukan alamat web orang lain.

Mungkin anda mempunyai pengalaman berbeda dengan saya.

Tetapi bukan itu fokus saya sekarang. Yang akan saya sampaikan justru Apa yang akan terjadi setelah me-Custom domain kita, meskipun kita menggunakan top level domain dot com sekalipun.

Hal ini udah dibahas habis oleh kang agus dalam artikelnya Keuntungan dan Kerugian Custom Domain di Blogger (Blogspot). Tapi ada sedikit perbedaan dengan yang saya alami. Hal ini dikarenakan saya yang terlalu katroks kali ya?

Setelah saya meng-orbitkan www.sawasanganam.com, jadilah blog ini menjadi blog "bayi" di depan Search Engine. Artinya:

1. saya kehilangan traffic versi alexa.

2. Kehilangan peringkat Pagerank versi google.

3. Kehilangan list di sekian banyak situs directory.

4. Kehilangan statistik traffic dari situs sosial community Dan masih banyak yang lain.

Intinya.. setelah saya custom domain, saya kehilangan semua jerih payah promosi blog saya. Hanya traffic yang saya bangun dari manual komunity-lah yang masih bertahan. Jadi... pesan apa yang dapat di ambil dari pengalaman saya ini?

Jika kebetulan anda juga berniat meng-custom domain anda... ada baiknya:

1. Pertimbangkan ulang jika anda udah punya traffic tinggi.

2. Sebaiknya lakukan seminggu setelah google meng-update Pagerank, agar peluang untuk mengembalikan PR kita terbuka lebar. Bayangin kalo kita meng-costom domain menjelang google Update PR. Berapa lama lagi blog kita dianggap blog "bayi"?

3. Bersiaplah bertarung untuk kembali berjuang mempromosikan domain baru ke sekian banyak web direktori dan search engine.

Saya yakin anda pasti punya pengalaman berbeda dengan saya dalam suka duka ber-custom domain. Silahkan berbagi koment untuk saling mengisi kekurangan kita.

Artikel ini bebas untuk di Republish (untuk keperluan Non Komersil). Dan saya sangat menghargai jika anda berkenan menautkan link "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor text "www.sawasanganam.com" .

Artikel ini dapat anda temui di technorati.com dalam tag

13 Respon Pembaca:

Cebong Ipiet said...

memang pak, kalo menurut sayah *notabene nyubi se nyubi2nya* kan kalo yg SEO gitu bisa diakali y dg apalah namanya keyword ato apa yg nggak bgtu ngerti...dan itu cpt naekin traffic, tp pada akhirnya...seleksi alam membuktikan..justru yg manual...yg dr blogwalking...asli perjuangan..itu yg lbh bertahan. meskipun mungkin address bisa saja di redirect , entah itu berakibat ke traffic ato nggak, tp setidaknya pembaca setia kita ttp ada, dan akan lbh mudah mengembalikan traffic.
kalok saya siiii...masi setia dg blogspot saja..blon ada rencana nyang naekin level ke dot com

Subagya said...

saya pernah om mendirect ke co.cc memang awalnya keren tapi kok ga enak juga seperti om bilang, ya jadilah ke blogspot lagi... niatan sih mau ke dot com hanya nama subagyadotcom sudah ada dan harus beli sama yang sudah buat hix hix hix. ya sudah sementara ini masih di blogspot aja.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Cebong Ipiet: Sepedapat jadilah diri kita sendiri. Lebih baik mencari sesuatu yang paling cocok untuk kita meski bukan yang terbaik untuk orang lain. Tapi tetap paling cocok dengan kita.
@ subagya: Itu pula yang jadi pertimbangan saya.. selagi domain dot com untuk sawasanganam masih kosong ya saya "embat" duluan.

Anonymous said...

iya neh om, masih setia make .blogspot.com, masih seneng ma bogspot, nyambung g yahh ??? soalnya belom punya duit beli domain heheheh

sawa (tukang sapu radio) said...

@ andi sukri: jadilah diri anda sendiri. krn anda bukan saya. dan saya pun gak bisa jadi anda. entah domain gratis/berbayar yg penting ngeblog.

Anonymous said...

Klo pengalaman saya, untuk postingan yg lama lgsung didirect lgsung ke custom domain, punyaQ 1bulan pke subdomain, 1bulan custom domain blogger, 1bulan pakek WP, jd klo bsa lgsung impor ke WP,

Anonymous said...

"2. Domain dot co dot cc dianggap domain spam oleh salah satu program pay per clik lokal indon"

bro, kata2 "indon" ga bisa diganti pake indo atau indonesia sekalian aja?

btw, ini domainnya baru ya? selamet ya...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Badoer: Thank sharing-nya. Bisa nambahin trik blogging nih.
@ Bayu Aditya: Makasih Koreksinya. Iya nich.

Anonymous said...

Iya saya juga gitu. benar-benar ga dikenal lagi kayaknya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: he.. he.. he.. tunggu beberapa minggu. Jika sampe minggu ke 4 belum ada juga perubahan, (ini kata para master lho) baru boleh pusing. Dan protes ama mbah gugel.

Anonymous said...

Wah, artikelnya mantabs! Penggabungan opini dan tips! ;)

btw, sdikit k0mentar tentang kelemahan co.cc di n0mer 3:
yang tanpa www itu bermasalah cuma pada blogspot aja kok, kalo di wordpress aman2 aja tuh :)

oh ya, tentang bayi itu bro, saya pribadi ndak tega menimpa bukan bayi demi si bayi, so, bener2 bikin bayi baru deh :D

oh ya hampir lupa, selamet ya atas domain barunya! Semoga makin sukses!

sawa (tukang sapu radio) said...

@ syahuri: Makasih atas koreksi dan share-nya. Keep blogging, benefit? it's just a bonus.

Anonymous said...

mas, seneg rasanya bisa terdampar disini, banyak ilmu yang dibagikan sih... salam kenal ya mas.
saya anwar, mapirlah kali2 ke blog saya

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment