Search This Blog

membaca RSS: via email VS via rss reader

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan membaca RSS: via email VS via rss reader ...

Membaca artikel via rss, adalah hal yang sangat umum bagi blogger pemburu baclink dari blog dofollow. Ada juga yang memanfaatkan rss feed sebagai wahana untuk menambah pengetahuan dalam meningkatkan kinerja diri dan web-nya melalui subcribe via email. Keuntungan subcribe artikel via email ada di kuntungan berlangganan artikel via email.

Terlepas dari motivasi membaca rss feeds, yuk kita bandingkan seberapa efektifnya berlangganan rss feed via emai Vs via Rss reader.

1. Pada Rss Reader; Pengiriman artikel sangat cepat. Bahkan saat posting dilakukan dalam ukuran detik (tepatnya beberapa menit) udah dapat kita baca melalui rss reader. Sedang artikel via email harus menunggu beberapa waktu (bisa jadi 3x24 jam / hingga link post tersebut punya permalink)

2. Pada Rss Raeder; Dapat membaca puluhan bahkan ratusan blog / web sumber cukup dalam satu browser, karena sistem-nya yang online. Berbeda dengan Subcribe via Email yang harus melihat satu persatu dari header post-nya.

3. Pada rss Reader; proses subcribe atau unsubcribe sangat cepat tidak perlu verifikasi. Berbeda dengan subcribe via email yang perlu verifikasi untuk subcribe maupun unsubcribe.

4. Pada Subcribe via email; dapat membaca artikel ofline jika menggunakan fitur POP. Sedangkan pada Rss reader wajib dibaca online.

5. Pada Subcribe via email; Proses download ke komputer kita sangat mudah, karena sebagian besar hosting email memfasilatasi fitur POP yang file / artikel tsb langsung bisa kita simpan ke hardisk. Berbeda pada Rss Reader, proses penyimpanan artikel (yang sangat bermutu tentunya) membutuhkan proses save as.

6. Pada Subcribe via email, kemungkinan untuk dapat berkomentar dan menuliskan Pertamax pada blog favorit kita sangat kecil, karena artikel tersebut lambat kita terima. Berbeda dengan Rss reader; yang proses pengiriman artikel ke rss reader hanya dalam hitungan menit.

7. Pada subcribe via email, jelas memakan space pada email kita. Berbeda dengan rss reader (artikel yang ditandai sudah dibaca) conten artikel dianggap terhapus. yang tertinggal hanyalah link ke Post artikel tersebut.

Dengan gambaran kecil ini, tentunya kita dapat menentukan akan membaca Rss lewat email, ataukah rss reader terserah dengan kebutuhan dan selera kita.

O iya, anda sudah membaca rss reader menggunakan reader apa? saran saya... gunakan aja google reader (kalo pengguna blogspot kan nggak perlu login-login lagi)

Saya yakin anda mempunyai pengalaman berbeda dengan saya. Untuk itu, senang rasanya jika anda berkenan untuk berbagi disini. Dan saya sangat menghargai bagi yang akan merepublish artikel ini dengan mencantumkan link ke "http://sawasanganam.blogspot.com/" dengan anchor texs Sawasanganam.blogspot.com

Artikel ini dapat anda ikuti di technorati dengan tag

7 Respon Pembaca:

Anonymous said...

thank broo infonya..
btw, navigasi top menunya keren..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ benny: navigasinya masih di trial error om, jadì malu nih dipuji ama yg ngajari.

Anonymous said...

aku baru tau neh yang beginian bro, kirain rss via email udah bagus, makasih bro infonya, blognya makin mantab aja neh, jadi ngiri deh lain kali ajarin saya yah ;)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Andi sukri: makasih, moga bermanfaat. soal blog ini, saya bukan desainer dan ahli css. (wong html aja aku gak ngerti....)

Anonymous said...

sedikit pembenaran ya mas..

poin pertama: kalo lewat email, itu kita sendiri yang tentuin kok mau dikirimkan ke pelanggan pada pukul berapa aja, ada pilihannya kalo menggunakan feedburner.

poin ke-empat: via rss reader juga bisa dibaca secara offline melalui feeddemon yang disediakan oleh newsgator.

semoga berkesan

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Bayu Aditya: Naa..h Tuh udah ada yang ngasih masukan lagi ke kita... thank sharingnya Om Bayu.

gunkid78 said...

wah...trim infonya prend. sip...lah+ salam kenal yach

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment