Search This Blog

Link Pembunuh Page Rank

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Link Pembunuh Page Rank ...

Link Pembunuh Page Rank adalah sebuah ungkapan yang paling cocok (mungkin), untuk link yang dapat mengakibatkan PR blog kita terhempas. lho katanya semakin banyak link semakin bagus menurut search engine (ulasan lengkapnya baca di : Page Rank Vs Dofollow Comment) Lha kok ini malah ada link pembunuh, bahaya dong.Justru kita-lah yang menempatkan killer link ini. Kita jarang perhatian terhadap link-link pembunuh PR ini nangkring di blog kita.

Link yang seperti apakah yang akan membunuh PR Blog kita ini?

1. Paid Link. Atau link berbayar.
Secara detail saya nggak tahu persis dengan apa dan bagaimana bentuk link ini. Tetapi; melihat nama-mya yang paid link, artinya link yang dapat menghasilkan uang. Artinya: anda sebagai pemilik blog akan di bayar jika anda mau menempatkan link (seseorang atau advertiser) di blog anda.

Paid link termasuk musuh utama Searc engine mbah google. Kenapa google membenci link berbayar?
Ya... karena google menelusuri dan sensus blog anda kan nggak dapet bayaran kali ya....
Analisa yang paling mendekati kenapa google membenci paid link adalah : Misalnya anda memasang link blog ini di blog anda. Artinya blog ini mendapat backlink dari blog anda. Semakin banyak blog-blog yang memasang link blog ini, artinya semakin banyak banyak backlink yang artinya semakin banyak blog yang merekomendasikan bahwa blog ini adalah blog yang penting. (baca juga artikel: Lebih Bagus traffic dari search Engine ataukah dari refferal site).

Kadang Kita nggak sadar lho kalo di blog kita ada karakteristik link yang akan terbaca (oleh search engine) sebagai Paid Link. Untuk mencari tahu, apakah di blog kita ada paid link (Mending kalo memang kita pasang link tersebut dibayar, kalo hanya sekedar link biasaa tapi dibaca sebagai paid link kan susah) atau bersih (dari paid link) ada baiknya anda coba sebuah tool di www.textlinkcenter.com

Memang tool ini nggak mutlak benar. Karena www.texlinkcenter.com pun sudah ngasih pesan sebelum anda memasukkan Url untuk di cek, disana ada pesan bahwa yang terdeteksi oleh Useles link detecror adalah link yang mempunyai karakteristik sebagai Link Berbayar. Saya sendiri nggak tahu persis karakteristiknya. Bukankah akan lebih Aman kalo blog kita bersih dari "kecurigaan" tools?

2. Broken Link.
Kita pasti udah sering lihat dan faham apa dan bagaimana Broken Link ini. Ya... sebuah link yang putus tautannya. Terputusnya tautan link ini bisa disebabkan karena situs tujuan (link) nggak aktif (mungkin udah nggak online lagi) atau mungkin juga penulisan Url (tujuan) yang cocok. Kita sering salah tulis alamat Url. Dan ini berakibat link yang kita pasang tadi terbaca Broken Link oleh search engine.

Lalu apa pengaruhnya terhadap blog kita?

Sebuah pertanyaan yang sangat Abstrak menurut saya. Karena pada dasarnya ada broken link atau nggak, nggak papa sih. Blog kita masih tetap bisa diakses orang. Yuk kita berilustrasi.

Search engine ternyata mirip dengan kita kok dalam mengcrawl (kalo kita membaca mungkin ya) blog. Saat melihat sebuah link, kita berfikir itu adalah refferensi yang berkaitan dengan materi yang kita baca. Kita pasti pingin tehu lebih jauh tentang materi tersebut.

Nah... akirnya kita klik link tautan tersebut, untuk melengkapi informasi yang sedang kita baca. Hal yang sama juga terjadi olah Search engine. Apa yang terjadi kalo kita klik link (yang kita harapkan memberikan informasi tambahan) ternyata ada pesan Url not found 404? Kita pasti jengkel. Sama halnya dengan Search engine.

Dengan adanya Broken link di blog kita, search engine akan berhenti disitu saja (nggak nglanjutin menelusuri blog kita kali ya). Artinya; secara SEO kita akan banyak kehilangan keyword gara-gara ada broken link di blog kita. Untuk itu, jika ada diantara anda yang berkomentar di sawasanganam.blogspot.com kok ternyata link anda putus tautannya, dengan berat hati saya akan menghapus link tersebut.

Bagaimana cara kita tahu ada broken link atau nggak? Cara sederhana dan sering jumpai adalah dengan memanfaatkan webmastertools. Bukalah tab Diagnostic dan klik web crawl Pada dashboard blog yang akan anda cek. Nah disana biasanya terdapat Category:
Errors for URLs in Sitemaps ‎(0)‎ HTTP errors ‎(0)‎ Not found ‎(11)‎ URLs not followed ‎(0)‎ URLs restricted by robots.txt ‎(0)‎ URLs timed out ‎(0)‎ Unreachable URLs ‎(0)‎

Untuk jelasnya lihat screen shoot ini.error webmaster tool google

Atau anda bisa menggunakan tool gratisan dari www.dead-links.com

Dengan terbebasnya blog kita dari Paidlink dan broken link, setidaknya kita udah punya aset blog yang seo Friendly. Tulisan ini hanyalah sekedar sedikit pengetahuan tukang sapu radio yang sangat minim ilmu dunia maya. Harapan saya; sudilah kiranya diantara anda berbagi pengetahuan dengan meninggalkan komentar di sini.

O iya... sangat senang rasanya jika anda berkenan mempublikasikan ulang tulisan ini denga mencamtumkan outoriti penulis dengan anchor text Sawasanganam.com dan link ke http://sawasanganam.com/

Ps: Mohon maaf kalo judul post ini terlalu extrim dan bombastis. Hanya untuk mempertajam keyword aja. Sekali lagi maaf.

17 Respon Pembaca:

Tedy said...

Hmmm...
mksh info nya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Teddy: sama2. makasih kunjungannya

Anonymous said...

ingin tau paid link kaya gimana, datang aja ke http://kolom-tutorial.blogspot.com. Lirik bagian sidebar kanan paling atas, nah itulah yang di namakan paid link atau link berbayar.hehehehe

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Rohman: he... he... he.. mksih sharingnya ketua. sekedar nambahin keyword ketua. thank.

Anonymous said...

thank infonya sangat brguna..

Anonymous said...

Oya tambahan.. coba kmu cek link !!!

http://www.sawasanganam.co.cc/2008/09/page-rank-vs-dofollow-comment.html

--sama--

http://www.sawasanganam.co.cc/2008/08/lebih-bagus-traffic-dari-search-engine.html

td sy klik kyny broken link..
sory klo gw salah, artinya koneksi sy ada masalah.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Benny: makasih banyak om. untung om Benny ngingatkan 2 link tsb. soalnya blog ini pernah dipublikasikan pd domain .co.cc jdi link tsb terlewat blm di review

Anonymous said...

Tapi kayaknya disini panyak link mati juga, Maaf hanya info, tapi thanks infonya

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: Betul, terimakasih atas infona

Anonymous said...

wah dapet ilmu gratisan lagi nih ..
makasih dah sharing ..

Anonymous said...

terus klo udah ada broken link gmn ngilanginnya yah

sawa (tukang sapu radio) said...

@ mascayo: Sama2 smoga bermanfaat.
@ joko supriyanto: Sila baca di http://www.sawasanganam.com/2008/10/web-crawl-error-gimana-solusinya.html

Anonymous said...

kalau saya pakai plugin broken link checker, lebih praktis tapi cuma buat WordPress

Assassin's Creed said...

mas link saya juga ada y mati,,

Not found ‎(1)‎

URLs restricted by robots.txt ‎(3)‎

itu bagaimana cara mengatasinya ? thanks, bantuin ya :)

Kerja Keras Adalah Energi Kita said...

Info nya bagus bagus nih mas. Saam kenal ya.

Kerja Keras Adalah Energi Kita said...

Saya juga punya masalah di URLs restricted by robots.txt (2) adanya di label. Saya coba hapus labelnya, tapi masih tetap error. harus di apain ya Mas. Mohon bantuannya.

Gede Kurnia said...

Tips yang menarik sekali
mudah2han tidak terjadi pada blog saya..
bisa2 nanti PR nya turun lagi ^_^

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment