Search This Blog

Blog dofollow (dapat) menghancurkan PR mu; benarkah?

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Blog dofollow (dapat) menghancurkan PR mu; benarkah? ...

Blog dofollow (dapat) menghancurkan PR? He.. he.. he.. Judulnya kok kontroversif kali ya? Padahal dofollow blog sedang rame-rame nya di kampanyekan untuk membentuk link building. Lha kok malah ini ada ungkapan "Blog dofollow (dapat) menghancurkan PR?" mana yang bener? Eit jangan sewot dulu.. kita analisa bareng - bareng yuk?

Konsep dasar PR(pagerank) versi google kan berdasarkan jumlah dan kwalitas backlink. Artinya; 1 (satu) backlink yang berasal dari blog ber PR tinggi (misalnya PR 5 atau 6) lebih berkualitas di banding 100 (seratus) backlink dari blog nggak ber PR. Jadi "semakin banyak blog (dofollow) yang memberikan linkback ke blog kita justru dapat menghancurkan PR" adalah pemahaman yang salah????.

Wah kok mbulet...? Jawaban pastinya saya nggak tahu persis. Yang jelas saat saya mampir di rumah om isnaini, saya sempat melihat tabel panduan memburu backlink untuk meningkatkan PR. Perhatikan tabel di bawah. PR 0 tidak masuk hitungan. Jadi jika blog (dofollow) pemberi backlink PR nya merosot... (sampe N/A misalnya) maka backlink yang kita terima nggak ada artinya.
Kenapa saya fokus di "blog Dofollow"? ya karena blog dofollow kan obral baclink.

Analisa singkatnya gunakan tabel PR dari om isnaini berikut:

Sama halnya waktu saya main di tempat bocah ajaib-nya madiun. Disana pun saya sempat membaca Faktor-faktor yang mempengaruhi Pagerank yang salah satu faktornya adalah PR blog pemberi baclink down, Akirnya dapat disimpulkan:
"Jika blog2 pemberi backlink ke blog kita PR-nya naik, maka PR blog kita juga naik. Tapi jika PR pemberi backlink ke blog kita merosot... PR blog kita juga nyungsep."

Bukankah kalo baclink kita yang menuju ke blog kita ribuan link, kan masih aman2 saja kan? ada benarnya.

Tapi satu hal yang harus kita ingat... Bahwa perhitungan PR juga berdasar Link masuk (inbound) dan link keluar (outbound). Artinya "jika blog kita lebih banyak link keluarnya... maka bisa disimpulkan blog kita adalah blog yang nggak penting". Dan percayalah.. saat google update PR periode selanjutnya... PR kita Anjlog. Tetapi jika link masuk ke blog kita lebih banyak maka bisa diasumsikan blog kita adalah blog yang sangat penting. (kurang lebihnya begitulah pemahaman dasar inbound dan outbond)

Analisa selanjutnya adalah... "Setiap komentar di blog dofollow dihitung link keluar (outbound link) oleh search engine." Artinya: jika satu post punya 50 komentator, artinya halaman tadi punya 50 link keluar. Sanggupkah juga kita mencari 70 link masuk dari blog (dofollow juga) melalui koment2 yang anda tinggal kan pada blog2 kawan kita? Untuk mengimbangi outbound link? Jawaban ada pada diri kita masing2.

Nah.. adakah solusi agar PR blog kita (minimal) stabil pada posisinya?
Langkah ter aman adalah me-Nofollow blog.
Itukah jawaban pastinya?

He.. he.. he.. Yang pasti jika anda ingin tetap mengaktifkan fitur dofollow di blog anda:
1. Aktifkan moderasi komentar untuk menseleksi komentator mana yang patut anda tayangkan komentarnya. Karena dengan menayangkan komentar tersebut, juga memberikan baclink. Memberi baclink artinya membuat link keluar.

2. Buatlah baclink dari blog2 anda sendiri. Artinya bikinlah banyak blog dengan PR yang tinggi. Barulah untuk mem - baclink blog anda yang lain.

3. Tetap membangun kemitraan dengan blog2 yang dofollow. Karena melalui kolom koment blog dofollow obral baclink (baca outbond link), maka kemungkinan merosotnya PR sebuah blog akan memberi pengaruh ke puluhan blog lain (yang meninggalkan koment) terutama blog dofollow anda, sangat terancam. Maka tetaplah berbagi agar masing2 blog tetap exis dan dinamis.

4. Kejarlah baclink dari blog yang dofollow comment (sebelum search engine mengcrawl postingan tersebut). Terutama yang sudah mapan. Artinya yang naik turunnya PR terbukti nggak jauh-jauh amat.

5. Blog2 baru mempunyai potensi untuk naik PRnya. Jadi jangan pandang sebelah mata terhadap blog baru. (apalagi) yang SEO friendly.

6. Usahakan Link masuk lebih besar dari link keluar. Atu minimal seimbangkan jumlah outbound link dengan link masuk ke blog anda.

7. Ada yang mau nambahin atau mengkoreksi? silahkan.

Mau me-republish artikel ini? silahkan! jika untuk tujuan non komersil. Dan saya sangat menghargai jika anda menautkannya ke http://www.sawasanganam.com/ dengan anchor text sawasanganam.com

Ps. Gambar di ambil dari isnaini.com

49 Respon Pembaca:

Anonymous said...

pertamaaaaaaaxxx ya..

blog dofoolow memang akan terbebani karena menanggung link keluar banyak, sebenarnya bisa tertolong jika kita dapet backlink dari blog pr tinggi, kalau tidak susah PRnya naik sperti blogku, sudah usianya masih 2 minggu, sudah dofollow, saat update PR kemarin PR-nya 0 padahal kalau nofollow mungkin bisa PR 1 karena kalau dicek pake technorati sudah 81 link masuk, tapi dari blog dengan PR biasa (kurang jelas berapa aja).
karena terlalu banyak link keluar jadi 0. itu juga kenapa blog zalukhu.com juga bertahan di PR0, ga tahu sekarang setelah nofollow.

Tapi menurut cosa PR blog tidak sama dengan PR untuk hasil pencarian (SERP) lupa alamat artikelnya..

apa saya salah???

Cebong Ipiet said...

weikz..begitukah?
siyap2 kelimpungan bwt yg mikir PR hihihihihih
we'll see mas, sebulan nge-blog ini keknya PR saya 2, dg banyaknya link outbond dari komen jadi brp ya ntar? jadi nol lagi mungkin ^_^

Anonymous said...

wah2 baru tau nih mas...

Anonymous said...

Masalahnya, konon kabarnya google juga benci dengan link farm. Nah, ditakutkannya blog yang memberi dofollow dan terkenal sehingga banyak yang memberi komen dianggap link farm oleh google.

Kalau sudah begitu jangan-jangan blod yang memberi dofollow dan yang berkomentar bisa terkena imbasnya...

Anonymous said...

Hoho no comment deh :D

Anonymous said...

kalo saya siih mas g terlalu peduli dengan PR yang penting trafik ke blogku tinggi hihihi ;)

Anonymous said...

saya kurang setuju kalo blog dofollow menjadi penyebab hancurnya backlink.

coba gunakan SEOQuake. Komentarlah di ratusan blog dofollow. Tunggu update pagerank. Niscaya tidak akan ada link yang berasal dari blog2 yang kita komentari.

Ini artinya Google tidak menghitung link yang berasal dari komentar sbg backlink.

Dari pengalaman saya yang bodoh ini, komentar yang berasal dari blog2 dofollow hanya mempengaruhi hasil SERP doang. tidak mempengaruhi backlink blog kita, dan tidak perlu menunggu update pagerank.

Saya pernah mengujinya, hasilnya bisa dilihat disini; http://chodirin.or.id/internet/teknik-seo-salah-kaprah/

Anonymous said...

aduh maaf salah ketik: harusnya "saya kurang setuju kalo blog dofollow menjadi penyebab hancurnya PR" (bukan backlink).

yang perlu di waspadai adalah komentar SPAM. google benci dengan spammer jadi kalo ada spam yang lolos dan ketahuan google, bisa2 blog kita dimasukkan ke blog spam.

yah.. ini hanyalah analisa seorang newbie. bisa benar bisa salah.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: Betullll PR blog relevansinya adalah link popularity.
@ Cebong Ipiet: kusus anda 12 kali ya?
@ welly: sama2 belajar. Saya juga nggak tahu banyak kok. Toh saya cantumin link refferensinya kan?
@ suamimalas: Nah.. tuh analisa yang huesbath juga muncul juga kan? Thank sharingnya. Moga bermanfaat.
@ andi sukri: Alexa traffic ataukah klik on page? Kalo traffic alexa gampang di akalin kok. Tapi kalo unique visitor/ klik on page... na... tuh yang susah susah gampang.
@ chodirin: hi.. hi... hi... Analisa yang mak nyus juga. Thank info dan koreksinya. Perlu masuk laboratorium lagi nick ane... bukan gitu pak tukang sapu jalanan?

Anonymous said...

Walah, kalo misal sudah kadung di-dofollow trus balik lagi ke nofollow saya gak bisa cara ngubahnya. Wakakakaka... Tapi terserahlah. Bagi saya dofollow hanya cara untuk menghargai pengunjung yang sudah mau meluangkan waktu untuk meninggalkan komen atas posting saya. :)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Ecko: saya pun sependapat. Tapi entah juga kalo PR blog ini sampe 6.... akan saya pertimbangkan ulang.

Unknown said...

hihihi...saya cuek tuh Kang terhadap PR. yang penting banyak sahabat di blogsphere itu udah lebih dari cukup bagi saya....

Anonymous said...

Untuk menonaktifkan fitur dofollow, sepertinya bukan solusi yang tepat...
Masih banyak yang mengaktifkan fitur dofollow dan ternyata PRnya juga naik...

Anonymous said...

Sepertinya para senior blogger yang sudah malang melintang di dunia blog sudah melakukan uji coba, dan hasilnya memang postif. PR tetap naik.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ gus: Yes... motifasi yang menarik dan natural humanism.
@ sapimoto: Betul... asalkan link out dan link tetap balance.
@ BloGendeng: Artinya kita tinggal mengikuti jejak mereka. Begitukah?

Anonymous said...

jadi intinya musimannya yah
kalau byk yh turun pr nya kita juga turun lebih lebih yg ngelink kita, begitu ndak mas ?

sawa (tukang sapu radio) said...

@ photoblog: Begitulah yang saya tahu.

Anonymous said...

mas jadi garis besarnya yg saya tangkep bener gak mas seperti ini jika postingan kita banyak yg komentarin sedangkan kita tidak mengimbangi komentar yg masuk atau (komentar keluar) itu dapat mengurangi PR gitu ya mas

Anonymous said...

apakah dengan men nofollowkan blog akan mempertahankan PR itu mungkin aja, tapi mendapat trafik banyak lebih saya sukai daripada ber pr tinggi, mantab om artikelnya :)

sawa (tukang sapu radio) said...

@ pojokteknologi:Bukan mengurangi. Tapi salah satu faktor penyebab turunnya PR. Kasus ini hanya berlaku untuk blog dofollow comment saja kok.
@ anak sengkang: PR adalah tinjauan popularitas blog secara SEO, sedang traffic adalah tinjauan popularitas blog berdasar unique pengunjung. Jadi traffict adalah nafas blog. Sedang PR adalah tenaga blog. Kurang lebihnya begitulah perumpamaan-nya.

Anonymous said...

Analisisnya benar-benar mumpuni,
Akan segera dipraktikan ...

Anonymous said...

aduh jadi pusing, tapi coba do follow dl ah, sekalian cari temen dan belajar. thanks buat masukannya tentang do follow

Anonymous said...

Waduh... saya kira beneran nih blog (dofollow) bisa bikin ancur pr. Untung baca sampai habis, jadi ngerti dah maksudnya.

Anonymous said...

Kalo comment di shoutbox itu termasuk backlink juga yah?

Anonymous said...

semua blogger butuh PR...biasanya sih buat iklan dan paid review ya :) tapi yang paling penting adalah persahabatan sesama blogger dan tetap saling berbagi

banyak memberi pasti akan banyak menerima ya (emang kalo dofollow banyak memberi ya?...atau lebih banyak terima?)

btw, komen disini ternyata dofollow ya mas :) sip!

All About Ebook said...

Maaf, bisa jelaskan nggak untuk mengubah dari dofollow ke nofollow gimana caranya?

Anonymous said...

waduh, padahal gw baru aja mengubah blog jd dofollow... krn masih blog baru, belum 2 bulan, gw masi belum tau gimana dampaknya...

tapi gw pikir, kalu nantinya blog gw banyak yg koment, gw tinggal cari penyeimbang di blog dofollow lain yg PR-nya lebih tinggi....

IHSAN said...

dofollow cocok untuk personal blog ya?

nA said...

Hem, baru beberapa hari yg lalu jg jd dofollow.. Jd mikir2 lg.. Xixixi...

TUKANG NGGAME | Blog Anak IT said...

Ma'af mas mo tanya nieh. . . .Ngeliatnya dimana ya inbound dan outbound link?

TUKANG NGGAME | Blog Anak IT said...

Mas kalo mau ngubah yg terlanjur dofollow ke nofollow lage gimana?

Muslihun Al-lampani said...

Blog-ku Juga Udah Dofollow...

Saungweb said...

Waah.. gitu yah.. aku baru tahu nih... makasih ya infonya..

Saung Link said...

Hello salam kenal .. aku coba ikut kampanye dofollow ah.. tapi mas.. yang di hapus yang mana yah.. soalnya di blogku ada 3 kode yang memuat rel=nofollow atau semuanya. ?? ini kodenya :
1, <a expr:href='data:backlink.url' rel='nofollow'><data:backlink.title/></a>
2.<a expr:href='data:comment.authorUrl'
rel='nofollow'><data:comment.author/></a>
3.<a expr:href='data:follower.profileUrl' expr:title='data:follower.displayName'
rel='nofollow'>

Tolong ya mas.. segera di jawab..he..he.he kok mrintah & maksa..ya..

Iklan Toptea said...

Makasih atas tipnya.. ya.. baru ngerti nih..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ pmanassord: Link dofollow di tandai dengan tidak adanya relasi nofollow. jadi jika anda meng-klik-kanan sebuah link, dan mengklik properti.... kemudian di sana muncul kata2 nofollow, maka artinya link tadi gak bakal di crawl ama search engine.

@ TUKANG NGGAME | Blog Anak I: Inbound outbound bisa anda lihat di google webmasters. Coba gunakan fasilitas tool webmasternya google, atau bisa juga pake tool inbound checker (maaf lupa linknya). Untuk merubah dofollow mwnjadi nofollow, ntar ane post.

@ Saung Link: No 1, untuk mendofollow link2 dalam post atau backlink atau trackback.
Yang no 2, untuk mendofollow anchor teks komentator atau link yang ditinggalkan pada profil komentator.
Yang ke 3, ini baru di blogspot. Yaitu untuk menofollow pengikut blog anda. Atau kurang lebihnya profil pengikut blog anda mendapat linkback.

Dapat Duit Tanpa Modal said...

Untuk gambar itu sudah bisa di pastikan yahh?
jadi se andainya saya pengen punya PR 6,saya harus nyari backlink 18 dari blog PR 6?
kapan PR update yahh?

furniture indonesia said...

thanks ya info dofollownya.

Dana Telco said...

Thanks tipnya sobat, emang selama ini aku khawatir juga akan blogku yang dofollow. Takut dihajar google. Berhubung belon dihajar juga, ya masih setiap ber-dofollow sampai saat ini.

sandrella said...

Nice Post !

Please Visit My Blog :
mysandrella.com
New Release hot Entertainment !

Thank !

rarzi said...

Wah Mas saya kirain berpengaruh banget liat judulnya, ternyata tidak makasih infohnya mas

Wisata Ciamis said...

Aduh... gw malah jadi bingung neh bro.. dah beberapa hari gw kejar setoran biar PR gw bisa kembali seperti dulu... SUSAHnya bukan maen!!

Kenapa waktu dulu gw biarin itu blog ko tiba-tiba gk nyampe 2 bulan langsung melesat dengan PR3!!

Eh, sekarang dah PR2 mau di naikin lagi 1 Peringkat aja, SUSAHnya bukan maen.. Ada saran mungkin bro, biar PR gw bisa balik lagi seperti dulu?? syukur2x bisa jd PR4 lg...

Thank's atas infi-nya bro..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Wisata Ciamis: Bisa lebih detil spesifikasi blig anda? Dofollow or nofollow, peserta PTR or not, Pernah coba tool useless link?
Kunci utama; blog dofollow amat sangat susah sekali dapet PR diatas 4. Makin banyak useless link, di anggap link farm, post PTR di identikkan dengan link farm. Semua itu gak disuka ama om google.

stream said...

wah baru tau mas. .thx banget infonyaa

mepow said...

wah sip sip.. makasih infonya mas...

aku kesulitan nih mau ningkatin PR blogku...

mohon informasi dan bantuannya..
makasih

mepow.wordpress.com

GEMINI said...

Malam mas,ketemu lg dgn saya.wah jd tertarik nih membaca argumentnya para master.Kalo analisa saya bgni,mgkn rada beda.Page Rank cuma Google yg tau rumusnya,Google yg menentukan.Tp ga ada salahnya,kalo kita punya prediksi.Dan karena saya hanya blogger nekad,yg mengandalkan koneksi gratis,jd krang begitu paham,apa itu PR,apa itu SEO.Yang jelas cuma sekedar lewat di dunia blogging.Salam kenal.

exops said...

wah, saya bookmark dl neh..
thx mas atas infonya..

ganool said...

bingung neh kalo urusan PR..
PR itu gak bisa diprediksi,,
q punya blog baru 3 Bln udah dapet PR 3 padahal pas di cek pakai technorati ataupun google webmaster link keluar malah jauh lebih banyak daripada link masuk, gimana coba? bandingkan dengan teori diatas, malah kebalik toh..huhuhuhu,,jadi yang penting berdoa ajah biar mbah gugel kasih PR tingging ke blog atau web kita..hehehe

salam kenal dari ganool Download Film dan Game Gratis

Unknown said...

nice tips gan,,

nitip lapak ya,, kalo kurang berkenan dihapus saja


VALHALLA RISING (2009)
VALENTINE'S DAY (2010)
V FOR VENDETTA (2005)
Countdown to Zero (2010)
My Soul To Take (2010)
DESPICABLE ME (2010)
X-MEN ORIGINS: WOLVERINE (2009)
X-MEN 3: THE LAST STAND (2006)
X-Men (2000)
X-MEN 2: UNITED (2003)
WATCHMEN (2009)
WAR OF THE WORLDS (2005)
HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS PART 1 TS 720...
THE EXTRA MAN (2010)
CYRUS (2010)
HOWL (2010)
SKYLINE (2010)
LEGENDS OF THE GUARDIANS (2010)

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment