Search This Blog

Error pada webmaster; bagaimana perbaikan nya?

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Error pada webmaster; bagaimana perbaikan nya? ...

Webmaster tools yang disediakan oleh google.com bagi pengguna blogspot seakan menjadi tumpuan para blogger (pengguna blog) untuk meningkatkan kinerja blog. Kadang kita sering menemukan pesan "error pada webmaster", misalnya: sitemaps blog error dan kita pun hanya bisa bertanya-tanya "bagaimana perbaikan-nya" ya? Padahal di webmaster-nya google udah ada lho solusinya.

Tapi kita jarang bisa memahami penjelasan google. Karena penjelasan pihak google lebih bersifat teori dasar. Sementara kita lebih sering ingin mendapatkan solusi yang langsung bisa di-aplikasi-kan langsung ke blog kita. Benar? He..he..he.. sama dong.

Yuk kita pelajari sama-sama; "error pada webmaster" itu apa saja dan "gimana perbaikan nya?"

Sitemaps Blog Error.
Sebagaimana kita tahu sitemaps adalah peta situs. Secara default blogger.com menyediakan sitemap untuk setiap pengguna blogspot sbb; "http://(namabloganda).blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated" sila baca ulang sitemaps blog error

Jika anda custom domain, maka (namabloganda).blogspot.com langsung aja digantikan dengan nama domain anda lengkap dengan www-nya.

Biasanya sitemaps default ini jarang sekali error. Jika terjadi error juga, "bagaimana perbaikan nya?" anda bisa me-resubmit sitemaps anda tadi. Oh ya.. saran saya... jika blog anda udah terindex oleh search engine, jangan melakukan perubahan tanggal posting. lakukan posting real time aja. Maksudnya: jangan memundurkan tanggal postingan. Lebih baik biarkan real time post. Karena ini pemicu error sitemaps blog kita.

Jika anda ingin memodifikasi sitemaps blog anda.. silahkan anda pilih sitemaps (blogspot) berikut ini:
    1. http://(namabloganda).blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated

    2. http://(namabloganda).blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss

    3. http://(namabloganda).blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=100
Catatan: Kusus yang no 3 diatas, berfungsi untuk mengindex url yang jumlah postingan anda di bawah 100 post. Jika post anda lebih dari 100 post.. maka anda harus menambahkan lagi sitemaps (pada kategori sitemaps yang sama) dengan struktur:
http://(namabloganda).blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=101&max-results=200

yang berwarna merah adalah perintah untuk mengawali pengindex-an pada postingan ke...
Sedangkan yang berwarna biru adalah perintah untuk mengakiri pengindex-an pada post ke...

Rasanya cukup sampai disini dulu post tentang "error pada webmaster" bagian sitemaps error dan solusinya. Karena saya akan membahas error pada web crawl pada post berikutnya.

Saya yakin anda mempunyai pengalaman lain tentang perbaikan sitemaps ini. Jadi nggak ada salahnya di share disini, untuk nambah-nambah keyword. Blog ini dofollow comment lho (ceile.. promosi ni ye..)

Artikel bebas di republish (untuk kepentingan non komersil) dan saya sangat menghargai jika anda memberikan tautan ke: "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor text "sawasanganam.com".
Oh iya.. artikel ini dapat di temukan di technorati.com dalam tag

19 Respon Pembaca:

Subagya said...

yup, saya pernah mengalami sitemap error tapi mengunakan sitemap.xml atau atom.xml hasilnya error dan ketika mengunakan langkah no.3 maknyuus langsung lancar dan tidak ada error. tips menarik nih om sawa sukses yak

Anonymous said...

wah saya baru nemu triknya sekarang ><"
padahal errornya udah dulu :D

Kristina Dian Safitry said...

he..he...aku juga pernah ngalamin ini,tapi sekarang dah baikan lagi. menarik bro postingannya..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ subagya: Thank share-nya ...
@ kuro: Moga bermanfaat.
@ Kristina Dian Safitry: Thank udah mampir.

Anonymous said...

waaah sippp neh, tapi mudah mudahan g nemuin error nih, tapi kalau error datang udah tau solusinya thx deh mas, makin mantab aja neh

sawa (tukang sapu radio) said...

@ andi sukri: He.. he... sukurlah kalo nggak pernah error.

Kuchel Sandoz said...

alhamdulillah akhirnya ada penjelasan juga, kalau orangnya yang error gimana ya?

Anonymous said...

Baru tahu nih kalo memundurin tanggal postingan bikin mBah Google ngambek :(

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Mr. KoEcheL: He..he.. he.. moga bermanfaat. Teng link nya brur...
@ Adellia: ini sering terjadi terhadap blog yang udah ke index search engine. Biasanya diawali dengan warning pada sitemaps.
@ orangndut: moga bermanfaat. Maaf comment anda saya hapus, link tautan profil anda broken.

Cebong Ipiet said...

sayah blon pernah error e kang *kecuali otak sayah ini xixixix*
yah mungkin kalo suwatu saat error, ebong melacak ke sini, o'rait boz?

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Cebong Ipiet: he.. he.. he.. kalo itu mah saya nggak tahu what happen. Tapi perasaan no ting wrong kan? wrong wrong malah i ntar yang error.

Anonymous said...

Mas... kalimat yg ini "jangan memundurkan tanggal postingan. Lebih baik biarkan real time post". saya belum begitu faham, tolong jelasin lagi dong n kasi contoh. He... Maklum otak saya lagi beku. :D

Jaloee said...

sip mas tapi sy coba langkah ketiga.. emang hasilnya ngga error lagi.. tapi maslahnya justru long feed.. menurut saya mendingan star-index=10 lah cukup

sawa (tukang sapu radio) said...

@ ugiQ: Ini pengalaman pribadi lho ya; Waktu saya mau post About dan Contact rasanya risih kan kalo nongol di halaman depan.. padahal blog udah 2 bulanan kok baru bikin about dan Contact. akirnya saya memundurkan tanggal posting (bisa di lihat opsi pilihan posting) yang berada di bagian bawah sejajar dengan kolom label (kusus blogspot).
Pada awalnya oke... setelah beberapa minggu.. sitemaps saya dapat warning url not reach.. beberapa minggu lagi.. error. Ya..akirnya montang-manting nyari solusi. Pilihan ke 3 dari sitemaps diatas jawabannya.
@ JALOE: Whe.. mbahnya nambahi....n Thank om....

Anonymous said...

wah kalau aku ga pernah ngundurin tanggal postingan (ga tahu caranya hehehe...:)))

Anonymous said...

Thx for sharing gan..

nice inpo..
keep posting.. ^^

g0-blog said...

Seluruh sitemap blogger saya Warning, URL reistricted ga ketulungan bisa sampe angka 50 bahkan lebih. Site map yang saya masukin sbb :
1. atom.xml
2. feeds/posts/default
3. feeds/posts/default?alt=rss
4. atom.xml?redirect=false&max-results=1000

Semuanya Error mas semenjak Google Webmaster tools ganti skin or kulit. Please send me your suggestion's for solve my problem. VISITOR ANCUR ...

GEMINI said...

MAS,status site maps saya kok aneh ya. error ga,oke juga ga.Tanda ''X'' juga enggak.TAPI ada gambar segìtiga warna kuning,tengahnya ada tanda serunya.mksudnya apa ya?Trus dia atas kotak ada hasil URLs=10
index URLs=4 KAYAK GITU mksudnya apa? mas blz ke email saya mas.SAYA TUNGGU.

kisaranku said...

ha.ha
sitemap saia untungnya belom sempat error.

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment