Search This Blog

Blogger tutorial; blog skin dan desain blog

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Blogger tutorial; blog skin dan desain blog ...

"Blogger tutorial" adalah tamu malam minggu sawasanganam.com pekan ini. Sebuah blog yang (menurut saya) bukanlah personal blog (seperti tamu-tamu saya) yang lainnya. Karena url alamat blog ini nggak ada sangkut pautnya dengan nama admin atau pemilik blog. Tautan url blog ini pun udah punya nilai jual tinggi.
http://catalog-tutorial.blogspot.com/ adalah url dari blogger catalog ataukah Catalog Blog? Soalnya pada header blog tertulis Catalog Blog tetapi pada meta tag title tertulis blogger catalog.

Saya yakin anda lebih mengenal blog ini dari pada saya (yang notabene masih sangat hijau di dunia blog). Karena blog ini memang terhitung blog yang udah berumur. Ya... "blogger tutorial" diluncurkan pada bulan Oktober 2007. Artinya udah berusia 1 tahun penuh. Bahkan admin blog yang mempunyai kebiasaan ngutak-ngatik template sampe ancur ini pun bukanlah pendatang baru di blogspot.

Anda pasti udah nggak asing lagi dengan nama JALOE. Longoklah profil admin "blogger tutorial" ini. Nah kan disono hanya disebutin...
JALOE: nama samaran, selalu asik ngutak-ngatik template sampe ancur, sekarang ngga doyan gunta-ganti leot blog.. ngeblog sendiri kabawa ku sakaba-kaba

Saat saya nongrong di http://catalog-tutorial.blogspot.com/ yang sempat saya tangkap adalah PR (pagerank) versi google blog ini 3 / 10, dengan traffic versi alexa 300-an ribu. Melihat hal ini saya santai2 saja. karena otak saya bilang; ya.. masuk akal lah kalo punya PR 3 dengan traffic 300-an ribu lha wong usia blognya udah 1 tahun kok. Artinya kan udah ngalamin minimal 3 kali update PR. Apalagi postingan yang udah lebih 150 post. Yang jelas tumpukan keyword pada mbah gugel udah segudang tuh.

Tetapi yang bikin saya terhenyak.. dengan PR 3 kok ya masih dofollow commnet ya?
Yuk kita intip di balik layar Blogger tutorial:

Setelah saya nyungsep ke Blogger tutorial yang (jujur; saya grogi nulis ini) saya lihat sebuah "desain blog" yang benar2 spesifik. Melihat "desain blog" yang terkesan "wah" ini, pada awalnya saya nggak yakin "blogger tutorial" ini pake engine blogspot. Ternyata oh ternyata... blog ini pake template standart blogspot lho.

Mau tahu spek template-nya? ini dia:
Blogger Template Style
Name: Minima
Designer: Douglas Bowman
URL: www.stopdesign.com
Date: 26 Feb 2004
Updated by: Blogger Team


Akirnya saya hanya bisa berpendapat, template Minima ternyata bisa disulap menjadi sebuah "blog skin" yang exlusive jika di desain dengan benar.
Tentang desain blog saya nggak berani ngomong banyak. Soale saya nggak tahu tentang itu.

Kita lanjutin tentang SEO yuk?
Blogger tutorial terhitung SEO friendly. Terbukti saat saya klik salah satu judul postingan.. yang keluar di sudut kiri atas browser saya adalah judul postingan. Bukan judul blog (cerita para pakar, yang begini yang SEO friendly). Belum lagi optimasi meta tag: titel blog, diskripsi blog, dan keyword yang dibidik. Semua tampaknya udah dipersiapkan untuk bertarung di search engine.

Tentang layout dan navigasi;
Layout Blogger tutorial, terkesan seperti website. Nggak nampak kalo weblog. Bahkan panel navigasi-nya pun terkesan exelent, dengan sedikit sentuhan pernak pernik yang membuat blog ini agak "gemuk", meskipun belum overwight. Karena setelah saya cek untuk mengukur size situs, blog ini berukuran 120-an Kb.

Yang menjadi sangat spesial (menurut saya) adalah panel daftar isi yang disusun sangat rapi dan teratur. Saya nggak tahu pasti apakah penampilan daftar isi ini dilakukan manual ataukah computerism. Yang jelas.. semua post dikumpulkan berdasarkan kategori pembahasan.

Soal Content atau materi posting.
Content Blogger tutorial di pilah pilah berdasarkan kategori. Bahkan saat saya buka daftar isi... seakan-akan bukannya membaca blog, tetapi saya seakan membaca daftar isi sebuah buku. Cobalah lihat pada:

Bab 1 : Pengenalan:
yang berisi post mulai dari membuat blog di new blogger hingga Cara Menganti Template Blog bag 2

Bab 2: Menambah Aksesories ~ widget
yang membahas mulai dari: Pasang kotak komentar di bawah postingan hingga Ververart : melihat blog lewat peta dunia

Dan masih banyak yang lainnya seperti: Kreasi Membuat layout ala Yahoo, atau Pasang Tab Menu di Bagian Top Bar atau Menambah Icon dalam tab menu

Yang pasti.. jika anda bermaksud mencari artikel tentang: Blogger Dan Hack, Search Engine Optimazion ( SEO ) Dan Feed, Utak-Atik Layout, Tab Navigasi, Css Html, modifikasi header blog.. jangan lewatkan untuk mengunjungi Blogger tutorial

Kesimpulan:
1. Blogger tutorial adalah blog panduan untuk mendesaian blog.
2. Rujukan paling lengkap untuk memodifikasi "skin blog"
3. Navigasi terasa agak susah bagi pengguna HP (mobile phone - kususnya pengguna opera mini 3) karena nampak saling bertumpukan.
4. Pernak pernik (pemercantik) blog terasa memperlambat load main page. karena ketika saya mencoba menonaktifkan load image pada browser.. ternyata sangat cepat proses load page nya.

Saya yakin anda mempunyai pandangan yang berbeda tentang Blogger tutorial. Untuk itu.. yuk kita share disini.
Tulisan ini adalah pandangan pribadi saya.. tanpa mewakili siapapun. Dan mohon dimaklumi karena ini hanyalah tulisan seorang Tukang Sapu Radio.

Tulisan ini private dan tidak untuk di republish. Artikel dapat ditemukan di technorati.com dalam tag

19 Respon Pembaca:

Anonymous said...

dicek dulu
ada tentang SEO-nya hihihihi

Anonymous said...

Kang Jaloe memang nama lama yang saya kenal saat awal2x ngeblog, saat itu seingat saya saat pertama kali mendarat keblognya setahun lalu, beliau lagi asik mengkonversi theme wordpress ke template blog.

Project said...

yups, dah ke TKP juga

sawa (tukang sapu radio) said...

@ izandi: Maksudnya gimana ya?
@ Nenad Mohamed: Sama2, maaf koment anda saya hapus.. link anda broken.
@ Abi Bakar: Yup emang benar. Itulah spesifikasinya om jaloe, kali ya?
@ Project: thank... gimana pendapatnya nich.

Anonymous said...

wah wah wah, ada yang di review lagi neh, mantab OMMMM

Anonymous said...

setuju sakali saya waktu awal2 kunjungan ke blog kang jaloee sangat bagus sekali menurut saya, akhirnya beliau memberi inspirasi mengenai utak-atik template yang sekarang saya gandrungi wekekekekek

Anonymous said...

Kang jaloe...siapa dak kenal....tiap hari dulu aku belajar blogspot ma beliau..sampai dapat PR 3 juga...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ andi sukri: ya begitulah... just keep konsist.
@ mochal He.... he.. he.. Sampe akirnya berkolaborasi bikin blog keroyokan yang fokus di free template. kalian emang pemilik Briliant ide. Saluut....
@ konsultasi kesehatan: he.. he... he.. Wah ternyata lumayan ngetop juga om jaloe ya? Hayo mana batang idung-nya si empunya catalog-blog.

Jaloee said...

hihi kalau di review gini rada kikuk juga... terus kalau ttg launching blog na sendiri dah lama banguet mas.. cuman dulu jarang di update..soalnya bingung memilih antara jaloee vs catalog..

btw makasih kpd suhu abi bakar, konsultasi kesehatan dan mochal...

special thanks buat mas sawa. ( sawanganam ).. atas reviewnya..

NB :
sy beloem pernah coba versi hp.. makacih atas masukan-nya .. sukses selalu mas

Anonymous said...

makasih mas sharing nya, mas bantuin juga dong supaya pr naek gitu, soalnya belum begitu paham caranya,

Penyejuk Hati said...

Terima kasih banyak atas infonya.....bagi saya sangat bermanfaat karena belajar tentang blog. Makasih bro...

Universal Garage Remote said...

Nice detailed articles but if I may suggest, you need to bring some imagery to draw attention better, too much literature makes it hard to focus and grab interest. Just my 2 cents.

Cell Phone Remote Control said...

Really nice site with clean layout and interesting articles.

Gate Safety Edge said...

It's an excellent post. Very interesting and informative.

Devon Caravan Parks said...

I’m glad that I came across your site. I have read a number of your articles and they were all an excellent read and very informative. Thanks :)

Gate Remote Control said...

That was a really good article, thanks for taking the time to put it together! You have managed to point out some very good points. I can't say that I completely agree about some points, but you certainly have a unique perspective. Anyway, I like your post

GSM Remote Control said...

Excellent blog and great posts.I really liked the way you present your ideas to the readers.

Este Ft said...

makasih ilmunya bos

Unknown said...

thanks , itu sangat membantu..

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment