Search This Blog

Traffic alexa ku lambat; kenapa ya?

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Traffic alexa ku lambat; kenapa ya? ...

Traffic.. traffic... traffic. Seakan udah bosen kita dengar kata itu. Tetapi mau dibilang apalagi? sebuah pembahasan klasik yang nggak henti-hentinya di bicarain kawan2 blogger. Bahkan blog ini pun akirnya membahas hal yang sama. traffic. Padahal udah banyak (ratusan / ribuan) artikel tentang ini.

Sebuah indikator popularitas sebuah blog, website, situs atau apapun namanya, dapat di longok dari seberapa besar lalulintas (traffic) pada blog tersebut. Sebuah situs menyediakan diri sebagai "bapak asuh" bagi para webmaster dalam melihat traffic blog ini, adalah Alexa.com. Dengan memantau traffic yang di layani oleh Alexa.com ini, kita bisa tahu perkembangan traffic atau lalulintas yang melewati blog kita. Hal ini juga mengindikasikan popularitas blog kita.

Jujur, banyak sekali blog dengan hosting gratisan, domain gratisan yang nongkrong di peringkat papan atas "traffic alexa.com" . Setidaknya menduduki peringkat 100 ribu-an dari sekian ratus juta blog di dunia ini. Wow, huesbat juga ya?

Tetapi bukan hosting dan domain ini yang akan saya bahas. Melainkan banyak juga blog atau website dengan top level domain yang lambat dalam merebut traffic versi alexa.com ini . Kenapa kok bisa? lalu gimana sih untuk melejitkan rangking alexa? Adakah trik trik kusus agar alexa.com lebih gaul dengan blog kita?

Trik kusus sebenarnya nggak terlalu ngaruh terhadap perangkingan alexa. (Eit tunggu dulu... ikuti dulu lanjutannya.. baru silahkan koment). Emang sih banyak para senior yang bilang kalo kita:
    1. Pasang widget alexa.com di blog kita, maka blog kita akan lebih sering di index oleh alexa.

    2. Membuat review tentang alexa.com akan membuat alexa lebih sering menaikkan traffic blog kita.

    3. Menggenjot traffic (mendatangkan pengunjung) dalam tempo waktu tertentu...(meski kemudian statis / nggak merebut pengunjung lagi) akan membuat alexa rank kita melejit.

    4. Mengupdate blog secara periodik.
Lalu apakah semua itu benar?
Jawaban saya; Benar! karena:
    1. Pasang widget atau me-review Alexa.com, berarti kita membuat link / tautan ke alexa.com . Logikanya... jika alexa diindex oleh spider-nya search engine, maka blog kita keindex juga. Atau sebaliknya. Nah kan... masuk akal kan?

    2. Menggenjot traffic pada saat saat tertentu saja... dapat memacu alexa.com lebih mencintai blog kita, harus di imbangi dengan conten post yang berkwalitas.
      Logisnya... kalo kita berhasil membawa pengunjung meng-klik blog kita (pada hari ini misalnya) kemudian menurut pengunjung tadi, blog kita penuh informasi atau setidaknya artikel kita membawa manfaat pada pengunjung tadi... hampir bisa dipastikan; pengunjung tadi akan kembali ke blog kita untuk mencari informasi yang lain.


    3. Up date blog secara periodik, memang sebuah langkah yang paling paten. Logisnya; para pembaca setia (baik yang membaca via rss, email, ataupun surfing) lebih tertarik dengan bahan pembicaraan baru dan materi baru. Nah jika kita meng-Update blog secara periodik, artinya kita membuat pola Update. Pembaca kita akan tahu kapan blog kita diupdate. Karena bagaimanapun juga;
      pembaca blog kita tetap akan mencari tahu kapan kita update Blog. Nah kalo pola update blog kita jelas, bisa di simpulkan pengunjung yang datang nggak kecewa karena ada sesuatu yang baru di blog kita.

    Nah dari kronologis seperti ini, traffic alexa.com akan ikut ter-update.
Karena pada dasarnya Alexa.com hanyalah mencatat seberapa besar klik on our page.

Nah... jika anda terlewatkan dari salah satu alternatif diatas.... jangan salahkan Alexa jika nggak mau kencan dengan blog kita. Dan berujung dengan lambatnya perangkingan "traffic alexa" pada blog kita.

Saya yakin anda memiliki pendapat dan pengalaman berbeda dengan saya.. Yuk kita share disini untuk sekedar berbagi.

Oh iya... artikel ini bebas di republish (untuk kepentingan non komersil) dan saya sangat menghargai jika di tautkan ke "http://www.sawasanganam.com/" dengan anchor teks "sawasanganam.com".

26 Respon Pembaca:

Anonymous said...

wah tipsnya detil sekali, saya tambahin ya
pasang alexa toolbar juga di browser
kita kan pasti lebih sering berkunjung ke blog sendiri, eh ini saran newbie lho, maaf kalo salah

Jaloee said...

iya setuju.. yg penting banyak update dan banyak2 komentar..kekekkekek

Anonymous said...

Met pagi kang, wah kalo tempat saya dimasukan alexa.com kok tambah lambat ya kang. Jadi aku gag memasukannya,soalnya buka blognya jadi lelet. Ada yang tau napa yah

sawa (tukang sapu radio) said...

@ izandi: Benar.. hanya saja sering bikin hang browser (kusus pengguna internet super lelet kayak dialUp konektion) Memang pasang toolbar alexa dapat membangkitkan semangat blogging. Ya.. kan kita bisa tahu peningkatan traffic kita ndiri. Ya tho?
@ JALOE: Nah tu... usul mbah-nya desaian blog perlu ditiru... wk..wk..wk...
@ Harry the potter: Widget alexa di blog ini hanya 3153 byte. Artinya nggak terlalu ngaruh. Untuk detilnya... coba ukur element blog anda di http://www.sawasanganam.com/2008/06/seberapa-berat-element-situs-anda.html

Anonymous said...

alexa ga mau kencan dengan blogku, masih umur seminggu... hehe... apa memang gitu? PR juga N/A

Anonymous said...

selamat n sukses Om....posting n posting...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: Genjot traffic dulu... perbanyak koment ke blog dofollow untuk ngejar baclink. Coba cek di search-nya mbah gugel dengan kata kunci site:http://namabloganda.com/ jika gugel udah nemu-in bloganda.. artinya blog anda udah keindex.
konsultasi kesehatan: He.. he.. alih alih nambah keyword pak dokter.. siapa tahu ada manfaatnya untuk kawan lain. Minimal sebagai catatan pribadi (pengingat) saya sendiri lah.

Anang said...

yap.. alexa memang berkaitan langsung dengan trafik.... jadi caranya ya kejar trafik sampai ke negeri china.. ehh itu ilmu yak... sama aja lah

Anonymous said...

Kalo pengalaman saya pribadi sih, setelah melakukan blogwalking, lalu menyimpan komentar sesuai judul/tema posting, biasanya mereka akan melakukan kunjungan balik. Jadi betul yg mas tulis di atas. Eh, salam kenal ya....

Anonymous said...

HIhihi cuma geli aja baca postingan ini.. bukan apa2 geli lihat gaya penulisannya hihihihi keren.. keren...

sawa (tukang sapu radio) said...

@ anang: Nah.. tuh kejar mas anang... kejar nohh.. nyampe cina pun nggak papa katanya..
@ nugraha: Makasih sharingnya.. salam kenal balik.
@ Nias Zalukhu: Ntar kusu si panda besar saya pasangin bulu angsa aja yah? biar tambah kegelian.
@ thevemo: Nah tuh ada yang lebih simple....

Anonymous said...

mantap nih tipsnya, bisa segera diterapkan

sawa (tukang sapu radio) said...

@ danu: Semoga bermanfaat.

Anonymous said...

Saya setuju, datangkan trafik, agar alexa naik,
kalau masih sulit cari trafik musiman, Jalankan SEO agar masuk halaman pertama mesin pencari.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Sumintar: Siip... Itulah masalahnya pak de... gak pinter SEO. SEO apaan sih? SEgo Oedoek kali ya?

Subagya said...

heheheheheh saya sih pasang widgetnya aja di blog ... awalnya saya start dari 25 jutaan sampai sekarang 400ribuan saya juga bingung bisa begitu. Btw infonya jadi menambah wawasan saya, padahal alexa saat ini saya masih belum paham buat apa wekekekekekek

Anonymous said...

Menurutku paling ngaruh kaya'nya toolbar Alexa, kenapa? Aku pasang di browser 2 pc masing2 toolbar Alexa, dan Alexa bisa melejit untuk ukuran Blog baru 1 bln dengan modal 13 posting bisa tembus anga 400rb-an.

sawa (tukang sapu radio) said...

@ subagya: hi.. hi.. hi.. jadi monitor kali ya? Btw.. keep blogging and blogwalking.
@ Qisthon: Wah huesbat tuh... Blogwalkingnya gimana? lancar? jadi bahan pertimbangan nggak?

Anonymous said...

wah...alexa saya kok masih 2jutaan ya, siap menjalankan triks nya. Trims mas

bong jay said...

aku lagi research menaikkan alexa rank nih pake addon-nya firefox, sudah ada kemajuan sih, tapi aku ga begitu yakin kalo itu terjadi karena optimasi pake addon, jangan-jangan sebab hal lain. tar deh kalo dah terbukti berhasil ku bagi-bagi tipsnya. pada mampir deh ke blogku sekalian minta masukannya!

senorsly said...

punyaku udah 2 bulan msih aja n/a napa ya ??

Unknown said...

makasih tipsnya
ditunggu kunjungan baliknya
http://indoads.org

slot games online said...

This article has great reference slot games deposit by phone bill value, thank you very much for sharing, I would like to reproduced your article, so that more people would see it.

SCR888 Cafe said...

You got a really useful blog game online scr888 I have been here reading for about half an hour. I am a newbie and your post is valuable for me.

3win8 said...

Your experience is great and learning 3win8 apk leatest version for other people.

Edward Sosa said...

Wow that would be great
mega888 apk for android party. i love get together with friends and family it greats time we pass with them.

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment