Search This Blog

Cara menempatkan keyword dalam permalink

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Cara menempatkan keyword dalam permalink ...

"Menempatkan keyword dalam permalink?" apa maksudnya? apa pula pengaruhnya? gimana caranya? Itulah sederetan pertanyaan yang pertama kali saya dapati saat mengenal istilah "keyword", "permalink" dan seabreg istilah lain yang nggak pernah saya temui di pasar sayur.

"Keyword" itu artinya kata kunci. Maksudnya gini:
dalam menulis artikel itu... kan kita punya tema. Misalnya tulisan saya ini bertema "mengoptimasi keyword agar masuk dalam permalink". Nah dalam menulis... saya harus menitik beratkan pada kata2 tertentu yang kira2 paling banyak dicari orang melalui search engine kayak google atawa yahoo.
Nah... kalo udah ketemu dan yakin "menempatkan keyword" tersebut (kata2 tertentu yang kita bidik tadi) barulah keyword tadi kita susun menjadi kata2, dan jadilah judul post.

Untuk lebih jelasnya lagi... bisa diperhatikan kata2 atau kalimat yang saya tulis tebal dan bertanda kutip. Ini contoh riil keyword saya pada post ini.

Yang perlu kita perhatikan adalah "kata kunci" sebaiknya terdapat juga pada judul postingan. Karena dengan meletakkan keyword di judul postingan dengan sendirinya akan masuk dalam permalink post. Eit... tunggu dulu... nggak semua keyword akan muncul dalam permalink. Terutama pengguna blogspot. Kok bisa...?

Karena sistem permalink blogspot yang auto arranger permalink, dan blogspot membatasi jumlah karakter (+/- 32 s/d 38 karakter) dalam permalinknya... maka kita harus jeli dalam membidik keyword. Artinya pilihlah kata2 yang bernilai penting dan menarik. Triknya ada di Cara membuat judul post yang SEO friendly

Sebuah sentuhan kecil agar blog kita lebih bersahabat dengan search engine adalah dengan mengganti tag : <title><data:blog.title/></title>
menjadi

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Tahu kan dimana letak kode tadi? Ya.. pada edit HTML atau template anda. Caranya.. masuk ke Dasbord Blog anda... klik lay out, Klik Edit Html. Untuk mempermudah pencarian kode yang berwarna merah tersebut, tekan ctrl + f tuliskan kode <title><data:blog.title/></title> di kolom yang muncul di sudut kiri bawah browser anda. Klik find next. Nah keluar kan kode yang harus di ganti? (cara pencarian kode ini hanya untuk firefox). Setelah itu klik save template.

Dengan sedikit sentuhan ini... maka peletakan keyword dalam judul post anda akan dianggap menjadi judul blog anda. Artinya.. setiap halaman post anda dianggap (oleh search engine) sebagai blog yang berdiri sendiri. Cara ini udah jadul koq. Soale udah dipake semua blogger.

Dan jangan lupa... kalo kita yakin blog kita SEO friendy; carilah keyword yang paling banyak di cari orang. (ini disarankan jika anda benar2 menguasai SEO. Tapi kalo kayak saya yang nggak ngoh tentang SEO.... he.. he.. he... pokoknya posting dengan original conten... ya udah huesbat lah..)

Mau meng-koreksi? Dengan senang hati saya akan menerimanya... apalagi kalo mo nambahi... wow... itu yang saya harapkan. Silahkan tinggalkan respon anda di form email me, karena commnet was clossed.

Jadi.. menurut anda SEO itu susah atau melelahkan?

30 Respon Pembaca:

Anonymous said...

Iya betul mas, permalink emang penting.. btw mas itu permalinkmu kok kamu selipkan tahun dan bulan posting??? apa itu gak pemborosan karakter??? katanya jumlah karakter permalink pada blogspot di batasi kan? kalau model permaling saya : urlblog/category/judulposting/ gitu mas... jadi seperti contohnya ini http://vickyridwana.com/personal/tarif-telepon-murah-biarin-aja-deh/

Nirmana said...

di terima dengan senang hati pelajarannya bikin permalink. terus pelajaran selanjutnya apa pak guru..???

Cebong Ipiet said...

kalo blog saya om gimana?
jundulnya ngawur semua hihihih

Anonymous said...

makasih banyak ommm nmbah ilmu lagi neh, ntar mau diterapin lagi yah omm :)

Anonymous said...

@vicky: setahu saya emang blogspot membatasi permalink :p ... sekitar 40 karakter gitu ya?

Anonymous said...

blog yang seo friendly itu gimana mas ? bisa kasih contoh ?

Kristina Dian Safitry said...

lha kalo kuncinya patah gimana bos?hue..hue...terjungkel jungkel aku...ngaciiir..

-- said...

oh gitu to??? hmmmm belum banyak tahu nih :)
thx a lot mas...

Anonymous said...

wahhh.. kalo aku gak pernah otak-atik blog ku yg di blogspot, terlalu ribet, yg penting aku serahin aja semua ke mbah google, biar mbah google yg menilainya

Anonymous said...

wew... baru sadar euy da yg kayak gitu :)

Anonymous said...

wah ini untuk blogspot yacg

Anonymous said...

makin mantab nih pak, makasih ntar Panda coba :)

Anonymous said...

ilmu baru lagi nie, hiks, susah juga ya belajar, makin dicari, makin banyak ilmu yang ketemu

Anonymous said...

aduh, ilmu saya belum sampe sini, maklum baru mulai

salam kenal

sawa (tukang sapu radio) said...

@ vicky ridwana: He.. he.. he.. Lha wong engine yang saya pake gratisan dari om blogger.com je? kalo pake host dewek mungkin ya bisa... Apa blogspot ndukung penulisan permaling yang kayak gitu ya? Masukan bagus om...
@ nirmana: Tunggu post selanjutnya.
@ Cebong Ipiet: Kan sudah cetha (baca;jelas) uraian-nya kan mbak?
@ hawee: Banyak tool yang menyediakan detektor SEO. mypagerank.net/, atau whois.domaintools.com/ bisa dicoba.
@ malapu: Butul om...
@ adinata: Ini udah jadul om... kita sama2 belajar kok.
@ dije kesasar: Terima kasih koment dan kunjungannya.

Anonymous said...

tutorial yang menarik, jadi berminat ke blogspot nih mas

Anonymous said...

oh yah om, nanya dikit donk, apa om menggunakan cara diatas dan apakah ada perubahan setelah menggunakannya ?? share yah om kira kira pengaruhnya tehadap blog ini tekhnik di atas :) makasih banyak omm :)

Anonymous said...

wah menarik tips nya..., coba tak terapkan dulu mas :)

Anonymous said...

No comment. Tolong jangan kunjungi blog saya

Anonymous said...

btw, artikel nya mantab abiz... jd makin faham arti keyword,:) klo permalink sy blum faham. Jelasin dong?! :D

Anonymous said...

Makasih tukang sapu radio, memang keyword dan permalink jantung dari SEO kata orang seh:d

Anang said...

wah tempat saya ga saya utak atik e gimana ini

sawa (tukang sapu radio) said...

@ budi: Pertimbangkan dulu... soale banyak yang bilang blogspot itu engine yang terlalu tua.
@ andi sukri: Secara detail saya coba pada post berikutnya. Stay tune.
@ akangjuned: Silahkan. Ini trik kuno kok. Hanya saya tulis dengan bahasa saya saja.
@ arya - moderatofm.com: Sama2. Lho ada apa ini?
@ ugiQ: Sedikit tentang permalink ada di http://www.sawasanganam.com/2008/10/keunggulan-blogspot-auto-arranger.html
@ Busby SEO Test: O.. begitu ya kang Abi? Thank kunjungannya.
@ Anang: Kalo anang.blogspot.com mah nggak perlu trik beginian atu...h

Anonymous said...

makin ketinggalan saja ilmu saya..selamat pak...aq harus lebih sering ke sini nich

Anonymous said...

siipppp ommm udah saya pasang dan manfaatin om mudah mudahan blog saya juga bisa se huesbat blog om yah :) makasih banyak om saya belajar banyak dari OM sukses yah OMMMM

sawa (tukang sapu radio) said...

@ konsultasi kesehatan: Kita sama sama belajar pak dokter... Semoga bermanfaat.
@ andi sukri: He.. he.. Apanya yang di manfaatin om? Ya dah kita sama2 saling membantu kok.

Anonymous said...

Gara2 artikel ini, aku jadi belajar blogspot :)
Enak juga ternyata...

Admin said...

Keyword-keywodku Belum Jitu..

Muslihun Al-lampani said...

Keyword Harus Jitu Ya......

Dapat Duit Tanpa Modal said...

pengertian permalinknya apa sobat?
ini sama saja membuat meta tag yahh?

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment