Search This Blog

Cara mengetahui baclink blog

Loncat ke form komentar

Tulisan yang berhubungan dengan Cara mengetahui baclink blog ...

"Backlink" identik dengan jembatan pembantu meningkatkan PR blog kita, atau malah justru ikut berperan dalam menghancurkan PR blog. Semakin banyak baclink semakin penting blog kita di mata search engine. Apakah demikian pada kenyataannya? Lalu gimana kita tahu kalo "blog kita udah dapet backlink" dari blog orang lain?

Seperti ulasan singkat saya kemarin tentang backlink penghancur PR, akirnya perlu juga kan kita "mencari tahu backlink yang berkualitas". Gimana mau nyari "baclink yang berkualitas" kalo kita nggak tahu blog atau situs siapa yang udah memberikan link balik ke blog kita?

Jadi kita harus mencari "Cara mengetahui baclink blog". Siapa saja yang udah mem-berikan link ke blog kita. Caranya?

Kita bisa memanfaatkan mbah google atau yahoo atau search engine yang lain. Ketikkan link:http://namadomainanda/ pada tab searc di google. lalu klik enter. Dan.... nah kan sederetan daftar muncul. Dari daftar itulah baclink kita datang. Cara ini memang akurat. Tetapi pada kenyataannya... jumlah backlink blog kita ternyata berbeda2 tiap search engine. Jadi mana yang benar? he... he.. he.. semuanya kali?

Cara yang kedua; ini (nggak terjamin) akurat lho. Tools ini bersifat gratis. Namanya backlinkwatch. Waktu saya nyasar disana.. saya kaget. Kok backlink blog ini udah 500-an bancklink? setelah saya pelototin lagi sumber2 backlink... kok ada juga baclink yang bersumber dari blog yang nggak saya kenal. Tapi kehebatan tool backlinkwatch ini.. mampu mendeteksi link dengan anchor text. Jadi kita tahu persis halaman blog pemberi baclink (maksud saya; link ini dibuat oleh pemilik blog ataukan anda buat waktu meninggalkan komentar)

Yang lebih hebat lagi... tool ini menyertakan jumlah link keluar dari halaman yang membacklink blog kita. Maksude gini; Anda koment di post ini. Terus... halaman ini keindeks ama search engine. Anchor text yang anda tinggalkan juga ke indeks lho.. lalu.. Oleh tool backlinkwatch ini, juga dibaca jumlah link keluar dari halaman post ini. Masih bingung? Sama saya juga. Tapi kalo anda meluncur ke backlinkwatch , saya yakin anda faham.

Mau berbagi pengalaman? itu yang saya harapkan.
Mau berkomentar? itu yang membuat kita makin pitar.
Mau mencemooh gaya tulisan saya? itu hak anda.
Mau melengkapi tulisan ini? Buti anda berjiwa besar.
Mau menutup halaman ini..... silahkan......

34 Respon Pembaca:

Anonymous said...

wah wah... makasih tipsnya pak. :D salam

Anonymous said...

klo menurut saya, PR itu biasanya bakalan diperhatikan kalau si webmaster/blogger yg bersangkutan ingin memonetizekan blognya, kalaupun tidak ingin memonetizekan blognya, yg pr ancur juga ga masalah, toh ancur ga ancur tetep gitu2 aja....just my opinion bos :)

Anonymous said...

makasih om cek backlink dulu huahahah :))

Syahuri said...

Kalo saya ngecheck back link biasanya pake technorati reaction, cepet banget terdeteksinya... lbh cepet dari google :D

but, thanks atas infonya, saya coba dulu ah...

Anonymous said...

@ Raden Beletz: Terima kasih, semoga bermanfat, materi ini udah adul kok. Iya kan?
@ hrxone: Spendapat. Btw... prestisius perlu juga kan?
@ andi sukri: Silahkan.

Anonymous said...

thx buat infonya,mas. Meluncur ke TKP

Blogspot republik said...

informasi yang mantaf.....

Anonymous said...

infonya manfaat banget nih pak, cocok banget buat Panda yg masih nyubie makasih pak :)

Anonymous said...

@ BloGendeng: Semoga bermanfaat.
@ mymoen: Terima kasih....
@ Panda: Panda? Nyubi? Benarkah?
@ Masenchipz: He... he... he.. Cocok juga tuh. Tang saring nya om.. Don't worri tak support kok.

Anonymous said...

gw cek dulu yaks

Anonymous said...

menurutku yang lebih manfaat ya kalau diakui google. Tapi ada yang ga diakui oleh google. Bandingkan dengan technorati.

Anonymous said...

We lah saya baru tahu caranya kali ini...
Dasar cupu gue, suwun mas..

sawa (tukang sapu radio) said...

@ albri: Betul.. kadang justru ada baclink dalam body post yang nggak di akui google. Kenapa? ada rel="nofollow" disana.

admin said...

thank's ... bagus banget infonya....

Anonymous said...

belakangan ini,memang ini yang lagi aku cari,om..tengkyu ah..

Anonymous said...

Saya juga sering menggunakan layanan dari backlinkwatch, tapi lemotnya minta ampun...
Mungkin memang koneksi saya yang jelek, hehehehe...

Anonymous said...

wah, keren langsung coba ke tkp ah , sapa tau dapet banyak PD

sawa (tukang sapu radio) said...

@ Nenad Mohamed: Moga bermanfaat.
@ sapimoto: Benar.. karena (seolah) backlinkwatch akan melihat semua link yang ada. Mangkanya agak lelet.
@ adinata: Nggak ada salahnya mencoba kan?

Anonymous said...

Mas... Kok ngecek ke mbah google gak bisa kalo pake blogspot yah? gak da back link sama sekali. Berarti parah yah... Ah... Capek deh... :(

Anonymous said...

makasih bos infonya bos
berarti kita harus hati-hati yah cari backlink
byme

Anonymous said...

wah2 makasih banyak ya mas :D

Riduan Rambe said...

Saya baca postingan anda, ada kalimat "tentang backlink penghancur PR", kenapa dan bagaimana backlink penghancur PR?

sawa (tukang sapu radio) said...

@ 2 Earn Money For Netter: baclink hanya terlihat jika blog kita benar2 sudah mendapak link dari blog lain, dan benar2 udah keindex google.

@ Riduan Rambe mbok di baca ulang bo....z, wong ya di kasih link tautan gitu lho, biar gak nampak niatan coment-nya cuman cari2 perhatian aja.

p3ny0 said...

thanks atas infonya mas... langsung ke TKP deh.. ;)

p3ny0 said...

oh iya mas.. mau nanya nih..
blog yg udah pasang link saya di blogrollnya, kenapa ga muncul saat saya cek link pake cara yg pertama yaa...??

sawa (tukang sapu radio) said...

@ p3ny0: Mungkin blog tadi (yang me link) belum ke index search engine, atau bisa jadi.... penulisan link pada blogrol menggunakan tag rel=nofollow

tips belajar seo blog tutorial said...

mantap baget nie caranya.. dicoba langsung ah.. terima kasih

nanang said...

Blog saya dari 0 jadi 3 setelah sekian lama (hampir 1 tahun), Sejak itu diam tak ada penambahan rank. Emangnya sekali berapa sih sebenarnya update PR ini?

IT TUTORIAL said...

berarti harus cari backlink dari blog dofollow kan mas??

sawa (tukang sapu radio) said...

@ IT TUTORIAL: Baclink bisa datang dari blog nofollow juga lho? Kuncinya, bikin content atau tulisan yang bermanfaat.

Jose@allroundus said...

Backlink ke blog saya tidak terdeteksi oleh Google. Kenapa ya ?

Pojok Santai said...

Thanks sob buat info backlinkwatch-nya. Segera dicoba dulu nih...

Mr.XXX said...

Keren mas artikelnya.Saya jd tertarik kalimat2 yg terakhir.mantep mas.

raka said...

trimakasih gan infonya

Kembali ke awal Komentar | Kembali ke awal Post

Post a Comment